Connect with us

Unik

Tulisan Dokter Jelek Banget? Apa Agar Pasien Tidak Tahu? Ternyata Ini Alasannya!

Published

on

Iniah 4 Alasan yang Bikin Tulisan Dokter Jelek Banget
Ilustrasi Contoh Tulisan Dokter
Kerap kali ini temukan dan saksikan sendiri, bahwa ketika kita mengantarkan Ibu periksa ke dokter, entah dokter umum atau dokter pribadi, entah melalui pembayaran umum, atau melalui BPJS kesehatan, entah datang langsung ke Rumah Sakit atau ke tempat praktek pribadinya, kita mendapatkan sepucuk “surat cinta” dari dokter tersebut.

Sepucuk surat dari dokter tersebut harus kita perlakukan istimewa. Tidak cukup hanya ditaruh dalam jok sepeda motor, namun harus dijaga sampai pada saatnya harus diberikan kepada para kekasih hati, yakni para apoteker.

Kira-kira apakah surat cinta tersebut?

Yups, benar sekali, surat cinta tersebut dinamakan “resep dokter”…

Resep dokter merupakan sebuah catatan singkat mengenai perihal obat yang harus diminum pasien.

Di dalamnya memuat beberapa jenis obat yang harus diracik/atau dilengkapi oleh pihak penyedia jasa akan hal itu; dalam hal ini adalah pihak Apotek.

Namun, tahukah Anda, bahwa setiap apotek memiliki pegawai khusus yang menangai perihal ini yakni dinamakan apoteker? Apakah setiap perawat mampu membaca dan menterjemahkan tulisan dokter tersebut? Silakan cantumka jawabannya di kolom komentar ya… 

Iniah 4 Alasan yang Bikin Tulisan Dokter Jadi “Jelek”

Kembali pada pokok pembahasan. Fakta yang ada di lapangan, umumnya tulisan yang tertera di dalam resep yang ditulis oleh dokter adalah sulit untuk dibaca. Tulisan tersebut bisa dibilang “jelek” banget. Ya, kata jelek banget ini adalah persepsi umum lo ya. Artinya, kita sepakati bahwa kata jelek adalah sesuatu yang memang sulit dibaca dan tidak lazim sebagai tujuan sebuah tulisan yang tujuannya menyampaikan informasi kepada seseorang.

Namun, faktanya begitulah adanya.

Lalu, apakah tulisan dokter yang jelek tersebut memang sebuah kesengajaan, agar pasien tidak bisa menterjemahkan kata-kata atau kalimat di dalamnya?

Dalam beberapa artikel yang saya dapatkan di forum Quora, ada salah seorang dokter yang memberikan penjelasan. Bahda sejatinya, tulisan yang memang jelek di dalam resep dokter adalah bukan kesengajaan, namun karena saking banyaknya pekerjaan menulis yang sangat banyak, dalam waktu yang singkat. Artinya, dokter mempunyai rutinitas menulis yang banyak banget dalam waktu singkat.

Bisa Anda bayangkan, dalam sehari seorang dokter berkewajiban merawat 20 hingga 50 pasien. Selain itu, ia juga harus mendengarkan keluhan, mendiagnosis, mencatat, hingga memberikan resep yang tepat untuk para pasiennya. Jangan lupa dokter juga harus menangani berbagai kasus darutan lainnya.

Jadi bisa disimpulkan, bahwa tulisan tangan dokter yang buruk menggambarkan betapa melelahkannya pekerjaan mereka. Belum lagi tulisan semakin buruk seiring hari akan berakhir, itu karena otot-otot tangan mereka terlalu banyak bekerja. Ini sama seperti saat kita mulai menulis tangan, di akhir halaman tulisan kita semakin buruk, karena tangan yang lelah.

Dokter yang mengatakan ini, juga bercerita. Ia kerap kali menemukan juga resep dokter dengan tulisan yang tertulis jelas dan baik (rapi sekali). Ia pun juga menemukan pula, bahwa memang sejak lama tulisan dokter tersebut sudah jelek sejak awal, hehe. Jadi sekarang sudah jelas bukan kenapa tulisan dokter begitu jelek saat dilihat di dalam resep?

Pengakuan Dokter akan Fakta di Atas

Menurut saya, tulisan dokter menjadi sulit dibaca, terutama dokter yang sudah cukup senior ialah karena dokter tersebut lelah dan atau jenuh dengan banyaknya resep atau rekam medis yang ia tulis dalam sehari, yang akan dia ulang setiap hari, yang akan dia lakukan sepanjang karier nya menjadi dokter. Saya rasa tidak ada niatan untuk membuat tulisan menjadi sulit dibaca, karena tidak diniatkan pun akan menjadi sulit dibaca dengan sendirinya.

Zaman sekarang ini, saya temukan saat ini cukup banyak dokter yang tulisannya bagus, beneran bagus dan rapih bukan hanya mudah dibaca. Banyak pula tulisan dokter yang tidak bagus dan rapih namun dapat dengan mudah dibaca.

Untuk tambahan saja karena saya merasa masih berhubungan. Apakah antara dokter dan apoteker atau perawat ada kode tertentu yang sengaja tidak diberi tahu ke pasien? sejauh yang saya tau tidak ada.

Perawat dapat mengetahui instruksi yang dokter berikan dan apoteker dapat menyusun obat karena perawat dan apoteker juga memiliki pehamanan terhadap tata laksana yang diinstruksikan dokter. Jika ada yang tidak paham atau tulisan yang tidak terbaca, perawat dan apoteker akan menghubungi dokter yang bersangkutan.

Di bawah ini ada beberpa informasi mengenai 10 rahasia dokter yang tidak pernah mereka ceritakan. Silakan simak sampai selesai.

Demikian sekilas informasi mengenai seputar dunia kedokteran, khususnya bagian alasan kenapa tulisan dokter jelek banget. Semoga bermanfaat, dan menambah wawasan Anda sekalian. Jangan lupa beri komentar ya, untuk perbaikan selanjutnya, salam. (https://ceriwitku.blogspot.com/)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: