Connect with us

Tips & Trick

Tips Menghindari Cybercrime

Published

on

 

Source : Pexels.com

TekekNologi – Dilansir dari Wikipedia, Cybercrime adalah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan.
Walaupun kita sudah hidup di era digital, tetap saja kita tidak terelakkan dengan yang nama nya “kriminalitas”. Bahkan, era digital malah menjadi jembatan termudah bagi mereka yang ingin melakukan kejahatan. Baik itu penipuan, pengancaman, peretasan, atau lainnya.

Tentu saja hal ini membuat kita resah apabila hal ini terjadi di sekitar kita, bukan?

Lalu, bagaimana cara mengantisipasi hal ini? Nah, disini saya akan memberikan beberapa tips agar kalian tidak mudah tertipu, terancam, dan kehilangan data penting.

1. Jangan Membuka Tautan Pendek tak Terpercaya.

Ex: adm.ly/hahbduahba

Tautan pendek seperti ini biasanya bertujuan untuk meretas data pribadi kita, loh. Jadi, kalian jangan sembarangan membuka tautan seperti ini. Belum lama terjadi, ada oknum yang menyebarkan tautan seperti ini dengan kedok kuota gratis dari Kominfo. Tentu saja pihak Kominfo tidak bertanggung jawab terhadap tautan seperti ini. Alangkah baiknya kalian menanyakan tentang kebenaran tautan ini kepada pihak yang bersangkutan.

2. Jangan Sebar Lokasi di Media Sosial

Source : Pexels.com



Hal ini benar-benar sangat penting untuk keselamatan anda sendiri. Dengan menyebarkan lokasi kalian di media sosial, maka mereka yang memiliki tujuan jahat terhadap anda akan dengan mudah menemukan anda. Jika memang anda ingin menyebarkan foto atau video, alangkah baiknya untuk tidak menyebarkan posisi anda.

3. Jangan Menyebarkan Ujaran Kebencian ataupun SARA.

Bukan hanya orang lain, kita sendiri pun pasti akan jengkel dengan ujaran kebencian atau SARA. Jika anda bertemu dengan orang penyabar maka kalian masih aman, tapi bagaimana jika anda bertemu dengan orang yang agak sedikit Baperan? Tentu saja mereka akan melaporkan atau bahkan mengganggu data pribadi anda. Mereka yang sangat paham tentang teknologi, akan mencari tau untuk mengganggu privasi anda di dunia maya. Maka, jaga perkataan anda di dunia maya maupun dunia nyata.

4. Jangan Sembarangan Menyebarkan Nomor HP, Email, atau Data Pribadi Lain.

Sebenarnya, hal ini bukanlah hal yang berbahaya. Hanya saja kadang oknum tak bertanggung jawab menggunakan data pribadi anda untuk melakukan penipuan atas nama anda. Jadi, sebaiknya anda tidak menyebarkan data pribadi sembarangan. Apalagi jika orang tersebut meminta kode verifikasi media sosial dari nomor HP anda. Jangan sampai anda membagikan kode tersebut.

Nah, ada juga nih cara untuk mengamankan whatsapp anda dari verifikasi tanpa izin. Kalian bisa membuka Setting/pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah >  Aktifkan. Setelah itu anda akan mendapatkan kode verifikasi dari pihak Whatsapp yang dimana kode tersebut hanya anda sendiri yang harus mengetahuinya. Kode ini bisa digunakan untuk mem-verifikasi Whatsapp apabila kalian mendaftarkan ulang nomor yang digunakan. Jadi, pihak ketiga tidak akan bisa mendaftar ulang menggunakan nomor HP anda apabila mereka tidak mengetahui kode tersebut.

Itulah tadi beberapa tips agar anda terhindar dari kejahatan dunia maya. Semua keamanan di dunia maya tergantung diri kita sendiri dalam berselancar di internet. Jadi, jangan sampai kalian bertingkah buruk dan sembarangan di internet demi kenyamanan anda maupun orang lain.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: