Connect with us

Kesehatan

Susu Kental Manis Bisa Buat Gigi Anak Rontok. Benarkah?

Published

on

Susu Kental Manis Bisa Buat Gigi Anak Rontok. Benarkah?
Ilustrasi Susu Kental Manis

Susu kental manis (SKM) dikelompokkan oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sebagai bahan pelengkap makanan dan bukan dikategorikan termasuk produk susu. Namun demikian studi melihat masih ada saja orang tua yang meyakini bahwa SKM sebagai susu yang baik dikonsumsi untuk anak.

Studi yang dijalankan Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) bersama PP (Pimpinan Pusat) Aisyiyah melihat sebanyak 37 responden meyakini SKM adalah susu. Penelitian ini dijalankan di wilayah Provinsi Aceh, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Utara pada September hingga November 2019.

Lebih dari setengah responden atau sekitar 73 persen mengatakan tahu informasi SKM dari iklan televisi.

Menanggapi hal ini ahli gizi dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, mengutarakan rasa keprihatinannya. Kandungan gula yang tinggi pada SKM akan berbahaya bagi kesehatan anak karena kebutuhan nutrisi seperti kalsium, mineral dan vitamin yang ada di susu tak akan didapat dari SKM.

Baca juga: Alasan Lalat Suka Hinggap di Wajahmu. Cintakah???

Lebih lanjut, Titi menyampaikan bahwa Susu kental manis itu hanya untuk jajanan selingan yang sifatanya tidak menjadi minuman pokok. dr Titi juga berharap supaya orang tua sama sekali tidak memberikan SKM pada anak karena kandungan nutrisi yang sangat kurang untuk memenuhi gizi seimbang.

Selain daripada itu, dr. Titi juga menyampaikan bahwa SKM tidak ada nilai gizinya, cuma isinya gula sama lemak, padahal anak itu butuh protein. Protein itu yang nantinya digunakan untuk pertubuhan, perkembangan otak, agar bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak.

Alasan Susu Kental Manis Bikin Gigi Keropos dan “Rontok”

Susu kental manis (SKM) memang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh anak. Bukan hanya karena mempunyai kandungan gula yang tinggi dan berbahaya bagi kesehatan, SKM juga bisa membuat gigi anak jadi rontok.

Menurut ketua Bidang Kesahatan Pimpinan Pusat Muslimat NU (Nahdlatul Ulama), dr Erna Yulia Sofihara, akar gigi anak yang masih lemah akan sangat rentan bila terkena kandungan gula pada SKM yang tinggi.

Lebih lanjut, dr Erna juga menyampaikan, bahwa karena efek gula itu kan tanggal semua giginya, karena ada proses kimiawi antara kalsium yang ada di gigi dengan zat-zat yang ada di kandungan gula itu bereaksi merontokan gigi.

dr Erna juga memaparkan bahwa gigi yang rontok juga akan berpengaruh terhadap pencernaan anak, karena makanan yang dikunyah tidak akan jadi menjadi halus sempurna. Walaupun demikian, pada usia 7 tahun gigi akan mulai tumbuh kembali, tetapi kemungkinan gigi yang tumbuh akan jadi kurang bagus.

“Kalau si akar strukturnya rusak karena gula itu, nanti pas tumbuh ada yang gingsul lah, berantakan nggak beraturan gitu,” tuturnya

Video di bawah ini menjelaskan tujuh makanan yang membuat otak bertambah cerdas. Makanan apa saja yang mampu mencerdaskan otak? Silakan simak video di bawah ini sampai selesai:


Demikian sekilas informasi mengenai Susu Kental Manis Bisa Buat Gigi Anak Rontok. Semoga bermanfaat, salam.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: