Connect with us

Umum

SELAIN WHATSAPP APLIKASI INI JUGA PERNAH KEBOCORAN DATA

Published

on

 

TekekNologi – Beberapa waktu yang dulu kita dihebohkan dengan ramainya netizen yang bermigrasi dari WhatsApp ke Telegram atau bahkan dari WhatsApp ke Signal. Hal itu karena WhatsApp dikabarkan memaksa penggunanya membagi data ke Facebook, entah itu benar atau tidak tetapi ada tiga kebijakan baru yang dinyatakan oleh WhatsApp terhadap data privasi pengguna jika menyetujuinya.

Ketiga kebijakan baru tersebut tujuannya untuk menyetujui aturan yang diberlakukannya. Kebijakan baru itu mulai diberlakukannya terhadap pengguna Android maupun IOS.

Berikut ini adalah 3 kebijakan yang diberlakukan oleh WhatsApp terhadapa penggunanya.

  •  Bagaimana WhatsApp akan memproses data pengguna.
  • Bagaimana layanan akun bisnis, dan integrasinya bisa memanfaatkan hosting Facebook untuk menyimpan dan mengelola percakapan, serta akses pesan kedua media sosial ini.
  • Bagaimana WhatsApp bermitra dengan Facebook untuk menawarkan integrasi lintas platform Facebook.

Akibat dari kejadian tersebut netizen beramai-ramai untuk menggunakan Telegram dan Signal, bahkan pendiri Tesla Elon Musk membuat sebuah cuitan di akun twitter pribadinya, menyarankan untuk menggunakan Signal.

Lalu apakah salah satu dari kedua kandidat pengganti WhatsApp tersebut dapat menjaga privasi data penggunanya.

Sebenarnya tidak ada aplikasi yang sepenuhnya aman, sama halnya dengan manusia karena setiap apa yang diciptakan pasti ada kekurangannya. Contohnya adalah Telegram, Telegram merupakan aplikasi perpesanan atau chatting yang penyimpanannya berbasis cloud. Banyak netizen menilai bahwa Telegram lebih aman menjaga privasi penggunanya dibandingkan dengan WhatsApp.

Namun pada tahun 2019 Telegram mengalami serangan DDoS (Distributed Denial of Service) yang memengaruhi pengguna di AS, Hong Kong, dan beberapa negara lainnya. Selain itu Telegram juga pernah mengalami kebocoran data setelah peretas tak dikenal mengekspos detail pribadi penggunanya di forum darknet.

Sangat  penting bagi kita untuk tetap mencari aplikasi yang bisa melindungi data pengguna dengan komitmen yang kuat.   

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: