Connect with us

Kesehatan

Makanan untuk [Membuat|Menyehatkan} Paru-paru dan Saluran Pernafasan

Published

on

Ceriwit – Makanan terbaik [Membuat|Menyehatkan} Paru-paru dan Saluran Pernafasan – Makanan terbaik [membuat|menyehatkan} Paru-paru dan Saluran Pernafasan ini dianjurkan dimakan rutin selama wabah Covid-19. Makanan ini semuanya murah dan mudah didapat. Apa saja ya?

Paru-paru merupanan organ tubuh penting yang seharusnya dirawat fungsinya. Apalagi di saat wabah Covid-19 dimana paru-paru rentan terpapar infeksi virus Corona.

Dengan melindungi paru-paru, sesak nafas dan gangguan pernapasan lain juga bisa dicegah. Cara efisien untuk mendapat paru-paru yang sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Makanan yang [membuat|menyehatkan} Paru-paru dan Saluran Pernafasan ini

Beberapa makanan yang mengandung gizi penting, misalnya antioksidan, yang bisa] melindungi paru-paru dari virus. Makanan ini juga sifatnya murah dan mudah didapat.

Dirangkum Ceriwit dari berbagai sumber, inilah 10 makanan untuk menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan:

1. Kunyit

Kunyit merupakan rempah kaya kegunaan. Kunyit mengandung antioksidan mujarab dan mempunyai efek antiinflamasi. Kurkumin, komponen aktif penting dalam kunyit juga sangat bagus untuk memproteksi kesehatan paru-paru.

Mengutip Healthline (6/9), penelitian yang ditujukan?dilakukan terhadap 2.478 partisipan, kurkumin terbukti memiliki khasiat yang sangat baik dalam memperlancar fungsi paru-paru. Bahkan bagi perokok, kurkumin dalam kunyit mampu meningkatkan kesehatan paru-paru sebesar 9,2%. Kamu bisa menyehatkan Paru-paru dan Saluran Pernafasan ini terkenal dengan teksturnya yang empuk. Kamu sebaiknya kontinyu mengonsumsi labu karena kaya karotenoid seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Semua karotenoid ini bertindak sebagai antioksidan yang kuat dan memiliki senyawa antiinflamasi. Penelitian membuktikan asupan karotenoid yang tinggi berkaitan dengan fungsi paru-paru yang lebih sehat pada kalangan dewasa muda maupun orang tua.

3. Apel

Saat ingin ngemil buah yang rekomended untuk paru-paru, apel menjadi jawaban yang tepat. Penelitian membuktikan rutin makan apel bantu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Memakan apel juga dikaitkan dengan penurunan risiko asma dan kanker paru-paru. Hal ini karena kandungan antioksidan, termasuk flavonoid dan vitamin C yang tinggi pada apel.

4. Paprika

Paprika juga masuk kategori makanan yang menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan. Paprika bisa kamu masak sebagai oseng atau bahkan isian telur dadar.

Mengenai nutrisinya, paprika tinggi kandungan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Konsumsi satu paprika ukuran sedang bahkan bisa memenuhi 169% kebutuhan harian akan vitamin C.

5. Tomat

Tomat dan produk olahannya adalah sumber likopen yang sangat tinggi. Likopen adalah antioksidan karotenoid yang dikaitkan dengan kesehatan paru-paru yang lebih baik.

Selain makanan, ada minuman yang menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan, teh hijau. Minuman herbal ini tinggi antioksidan bernama Epigallocatechin gallate (EGCG).

Manfaat lainnya, konsumsi ekstrak EGCG yang ditemukan pada teh hijau disebut bisa mengobati penyakit fibrosis paru. Untuk konsumsi sehari-hari, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh celup atau seduhan daun kering, namun jangan menyeduhnya dengan air mendidih.

6. Yogurt

Siapa sangka yogurt termasuk makanan yang mampu menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan. Yogurt banyak kandungan kalsium, potasium, fosfor, dan selenium.

Menurut penelitian, semua kandungan tersebut bisa membantu menyehatkan fungsi paru-paru. Penelitian di Jepang juga dikatakan, mereka yang memakan banyak nutrisi yang ditemukan di dalam yogurt memiliki risiko lebih rendah alami penyakit COPD.

Demikian informasi mengenai Makanan yang [Membuat Paru-paru dan Saluran Pernafasan. Semoga bermanfaat, salam Ceriwit.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: