Connect with us

Kesehatan

Makanan terbaik [Membuat|Menyehatkan} Paru-paru dan Saluran Pernafasan

Published

on

Ceriwit – Makanan terbaik [Membuat|Menyehatkan} Paru-paru dan Saluran Pernafasan – Makanan terbaik [membuat|menyehatkan} Paru-paru dan Saluran Pernafasan ini cocok dikonsumsi kontinyu diwaktu wabah Covid-19. Makanan ini semuanya terjangkau dan gampang diperoleh. Apa saja ya?

Paru-paru ialah organ tubuh pokok yang perlu dijaga fungsinya. Apalagi di waktu pandemi Covid-19 dimana paru-paru mudah terkena infeksi virus Corona.

Dengan menjaga paru-paru, sesak nafas dan gangguan pernapasan lain juga bisa diantisipasi. Cara efisien untuk mendapat paru-paru yang sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Makanan terbaik [membuat|menyehatkan} Paru-paru dan Saluran Pernafasan ini

Berikut makanan yang menyimpan nutrisi penting, misalnya antioksidan, yang bisa] menjaga paru-paru dari virus. Makanan ini juga sifatnya murah dan mudah didapat.

Dirangkum Ceriwit dari berbagai sumber, inilah 10 makanan untuk menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan:

1. Kunyit

Kunyit adalah rempah kaya kandungan. Kunyit mengandung antioksidan ampuh dan mempunyai efek antiinflamasi. Kurkumin, kandungan aktif penting dalam kunyit juga sangat lembut untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Mengutip Healthline (6/9), experimen yang ditujukan?dilakukan terhadap 2.478 partisipan, kurkumin terbukti memiliki khasiat yang sangat baik dalam memperlancar fungsi paru-paru. Bahkan bagi perokok, kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan kesehatan paru-paru sebesar 9,2%. Kamu bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk jamu atau rempah yang ditambahkan ke dalam makanan dan minuman lain.

2. Labu

Makanan terbaik [membuat Paru-paru dan Saluran Pernafasan ini terkenal dengan teksturnya yang empuk. Kamu sebaiknya kontinyu mengonsumsi labu karena kaya karotenoid seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Semua karotenoid ini bertindak sebagai antioksidan yang kuat dan memiliki senyawa antiinflamasi. Penelitian membuktikan asupan karotenoid yang tinggi berkaitan dengan fungsi paru-paru yang lebih sehat pada kalangan dewasa muda maupun orang tua.

3. Apel

Saat ingin memakan buah yang bagus untuk paru-paru, apel menjadi jawaban yang tepat. Penelitian membuktikan rutin makan apel bantu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Konsumsi apel juga dikaitkan dengan penurunan risiko asma dan kanker paru-paru. Hal ini karena kandungan antioksidan, termasuk flavonoid dan vitamin C yang tinggi pada apel.

4. Paprika

Paprika juga masuk kategori makanan yang menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan. Paprika bisa kamu masak sebagai tumisan atau bahkan isian telur dadar.

Mengenai nutrisinya, paprika tinggi kandungan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Konsumsi satu paprika ukuran sedang bahkan bisa memenuhi 169% kebutuhan harian akan vitamin C.

5. Tomat

Tomat dan produk turunannya adalah sumber likopen yang sangat tinggi. Likopen adalah antioksidan karotenoid yang dikaitkan dengan kesehatan paru-paru yang lebih baik.

Selain makanan, ada minuman yang menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan, teh hijau. Minuman herbal ini tinggi antioksidan bernama Epigallocatechin gallate (EGCG).

Manfaat lainnya, konsumsi ekstrak EGCG yang ditemukan pada teh hijau disebut bisa mengobati penyakit fibrosis paru. Untuk konsumsi sehari-hari, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh celup atau seduhan daun kering, namun jangan menyeduhnya dengan air mendidih.

6. Yogurt

Siapa sangka yogurt termasuk makanan yang mampu menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan. Yogurt banyak kandungan kalsium, potasium, fosfor, dan selenium.

Menurut penelitian, semua nutrisi tersebut akan membantu menyehatkan fungsi paru-paru. Penelitian di Jepang juga dikatakan, mereka yang memakan banyak nutrisi yang ditemukan di dalam yogurt mempunyai risiko lebih rendah alami penyakit COPD.

Demikian informasi mengenai Makanan untuk [Membuat Paru-paru dan Saluran Pernafasan. Semoga bermanfaat, salam Ceriwit.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: