Connect with us

Umum

Jangan Instal Aplikasi WhatsApp Pink, Aplikasi Ini Bisa Curi Data Ponsel Penggunanya

Published

on

Photo by Anton from Pexels


TekekNologi – Baru-baru ini viral sebuah kabar bahwa adanya aplikasi perpesanan WhatsApp Pink. Kabar tersebut diklaim oleh Peneliti kemanan siber bahwa mereka menemukan aplikas platform perpesanan WhatsApp Pink yang diyakini berbahaya serta dapat mencuri data pengguna.

Seorang peneliti keamanan siber asal India Rajshekhar Rajaharia membagikan informasi ini pada akn Twitternya.

“Hati-hati terhadap WhatsApp Pink!! Virus sedang disebarkan lewat #WhatsApp grup dengan link download APK. Jangan klik apa pun dengan nama WhatsApp Pink. Akses lengkap ke ponsel anda akan hilang. Bagikan dengan semua,” ujar Rajaharia melalui cuitannya, dikutip dari NDTV.

Menurut Rajaharia, aplikasi ini akan mulai mengedarkan pesan yang berisi link untuk mengunduh. Dikatakan tujuan dari Hacker yang selaku developer  WhatsApp  Pink ingin mengumpulkan data pengguna sebanyak mungkin.

Dia juga menambahkan bahwa WhatsApp Pink sebagian besar menargetkan kepolisian India dan awak media. Sebab, dia menyebut tautan untuk mengunduh aplikasi mulanya dibagikan ke petugas kepolisian Delhi dan Rajasthan, India.

Tak lepas kemungkinan hal ini bisa saja terjadi di Indonesia.

Para Hacker yang membagikan pesan WhatsApp Pink ini juga menggunakan tautan berbeda. Namun , pengguna disarankan untuk tidak membuka atau mengklik tautan apapun yang kemungkinan dapat menghadirkan tampilan atau fitur baru WhatsApp.

Seperti yang dilaporkan 91 Mobiles Jika anda sudah mengklik tautan tetapi belum mengunduh dan menginstal APK tersebut, kemungkinan anda masih aman. Namun Jika anda sudah menginstal APK tersebut, alhasil mereka(hacker) akan dengan mudahnya mendapatkan akses ke ponsel anda.

Dengan iming-iming pengguna dapat menggunakan WhatsApp dengan tema pink serta fitur-fitur terbaru.

Pihak WhatsApp yang dimana merupakan pihak asli atau resmi dari APK WhatsApp menerangkan “Siapapun bisa mendapatkan pesan yang tidak biasa, tidak berkarakter, atau mencurigakan pada layanan apapun, termasuk email. Kapanpun itu terjadi, kami sangat menganjurkan semua orang untuk berhati-hati sebelum merespon”

 “Di WhatsApp, kami juga meanmbahkan agar orang-orang menggunakan tools yang kami sediakan dalam aplikasi untuk mengirimi kami laporan, melaporkan kontak, atau memblokir kontak” tambah WhatsApp

Ada banyak sekali platform yang serupa, bahkan masih marak dan banyak penggunanya adalah WhatsApp GB, WhatsGold,  WhatsApp MOD,dan masih banyak lagi. Tujuan dari semua itu tak lain untuk meretas dan mendapatkan data pengguna.

Sebelumnya saya sudah membuat postingan bahayanya menggunakan WhatsApp MOD. Disana ada banyak alasan kenapa anda harus stop menggunakan aplikasi WhatsApp bajakan.

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: