Connect with us

Umum

Indonesia Akan Bangun Pusat Teknologi Layaknya Silicon Valley!

Published

on

Source : Unsplash.com | (Carles Rabada)

TekekNologi – Bukit Algoritma merupakan megaproyek yang digadang-gadang akan menjadi pusat perusahan teknologi di Indonesia layaknya Silicon Valley yang terdapat di California AS. Bukit Algoritma ini rencananya akan dibangun di Sukabumi, Jawa Barat, dan akan menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) Pengembangan Teknologi dan Industri 4.0.

Adapun pihak yang terlibat dalam pembangunan Bukit Algortima ini adalah Budiman Sudjatmiko seorang Politikus PDI Perjuangan yang juga merupakan Ketua Pelaksana Kiniku Bintang Raya KSO serta bekerja sama dengan PT Amarta Karya (AMKA).

Menurut Nicolas Direktur Utama PT Amarta Karya (AMKA) “tujuan dibangunya Bukit Algoritma ini untuk meningkatkan kualitas ekonomi 4.0, peningkatan pendidikan dan penciptaan pusat riset dan development guna menampung ide anak bangsa terbaik demi Indonesia bangkit serta meningkatkan sektor pariwisata dikawasan setempat”.  

Tak tanggung-tanggung lahan yang akan dibangun ini pun seluas 888 hektare serta diperkirakan akan mecapai 1 miliar euro atau sekitar Rp.18 trilliun untuk nilai proyek tahap awal pembangunan, dalam tahap pengerjaannya pun dibagi menjadi 3 tahap, dimana tahap pertama “Pembangunan 335 hektare untuk infrastruktur dasar, taman science, taman pusat kesehatan, pusat pengembangan pangan dan gizi, penginapan, pusat kebugaran, plaza edutainment di tiga tahun pertama,” ujar Budiman.

Jika di tahap pertama selesai tepat waktu maka akan dilanjutkan pembangunan tahap kedua yang diperkirakan memakan waktu 5 tahun, serta disusul tahap ketiga yang juga diperkirakan memakan waktu 3 tahun, jadi untuk total masa pengerjaannya adalah 11 tahun.

Politikus PDI Perjuangan ini juga menjelaskan nantinya kawasan ini akan dibangun science park, gedung penelitian yang akan disewakan untuk teknologi kuantum dan kecerdasan buatan, rekayasa nano untuk teknologi bangunan, penelitian otak dan rekayasa genetika, produksi obat -obatan. Juga bangunan riset untuk komponen semikonduktor, pabrikasi otak komputer, juga energy storage berbentuk baterai.

Lalu apakah perusahan terkenal seperti Tesla akan bergabung juga??

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: