Connect with us

Sains

5 Hewan Aneh Hasil Kegilaan Ilmu Pengetahuan Alam

Published

on

Hewan hasil kegilaan ilmu pengetahuan

5 Spesies Hewan Hasil Kegilaan Ilmu Pengetahuan Alam – Halo sahabat Ceriwit. Tahukah kamu kalau ilmuwan selama ini telah melakukan banyak sekali eksperimen pada makhluk hidup khususnya hewan demi mendatangkan manfaat lebih? Ada yang berhasil, namun ada juga yang gagal. Mengerikannya lagi, tidak sedikit dari hasil eksperimen malah berakibat buruk dan menyebabkan mutasi genetik pada hewan tersebut.

Nah, dalam kesempatan ini akan Ceriwit kasih tau deh 5 spesies baru yang tercipta dari kegilaan ilmu pengetahuan. Pasti kalian sudah ndak sabar kan? Hehe…

5 Spesies Hewan Hasil Kegilaan Ilmu Pengetahuan Alam

1. See Throught Frog

See Throught Frog

See Throught Frog

Kamu pasti pernah kan, diminta guru Biologi saat belajar di SMA? Biasanya kamu diminta membawa katak dari rumah. Kayak tersebut akan dibedah untuk mempelajari anatomi tubuhnya. Mungkin karena saking ibanya, sang ilmuwan, maka beliau terinspirasi untuk membuat transpantasi agar terbentuk spesies baru. Tujuan tak dan tak bukan hanya untuk menolong sang katak. Kita akan dapat melihat semua organ dalam katak tersebut tanpa harus membedahnya. Seperti jantung, usus bahkan pembuluh darah.

Katak transparan tadi merupakan hasil modifikasi DNA dari katak yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun sangat disayangkan karena saat ini, katak ini terancam punah karena hancurnya habitat mereka serta banyak diburu untuk dijadikan minyak.

2. Lebah Pembunuh (Killer Bee)

Lebah Pembunuh (Killer Bee)

Lebah Pembunuh (Killer Bee)

Mungkin sebagian orang akan mengira ini merupakan jenis lebah yang alami. Namun faktanya ia tercipta dari ketidaksengajaan ilmuwan yang bersusah payah meneliti untuk meningkatkan produksi madu. Hawa panas menyebabkan lebah madu Eropa tidak mampu menghasilkan madu. Akhirnya ilmuwan mencoba mengkombinasikan DNA dari lebah madu Eropa dengan lebah madu Afrika demi mengatasi problem ini. Pada awalnya, semua berjalan mulus hingga ilmuwan menemukan insting pertahanan lebah jenis baru ini.

Ternyata temuan para ilmuwan terhadap jenis lebah baru ini mencengangkan sob…

Apabila kamu mengusik lebah madu Eropa, Kira-kira hanya 10℅ dari koloni lebah yang akan menyengatmu.

Namun lain halnya jika kamu coba-coba mengusik sarang lebah pembunuh, semua koloninya akan menyerangmu. Sampai saat ini, lebah pembunuh sudah kerap kali menyerang 400an manusia hingga meninggal dunia.

3. Glowfish

Glowfish

Glowfish

Awalnya mungkin kamu tidak akan menyangka bahwa hewan ini bukan hewan beneran. Karena hewan ikan ini mampu menyala dalam kegelapan (cahaya minim). Glofish sendiri sebenarnya merupakan hewan hasil rekaya genetika ikan yang bisa memancarkan sinar dalam kegelapan. Seperti halnya jarum jam kamu yang ada kadungan fosfornya itu, hehe. Boleh dikatakan, ikan Glofish inilah satu-satunya hewan hasil rekayasa genetika ilmu pengetahuan alam yang berhasil dijual di pasaran. Dan jenis ikan glofish inilah pertama kali yang bisa dijual di pasaran adalah jenis Zebra Fish.

Sejatinya, ikan glofish tercipta dari pemanfaatan sel protein ubur-ubur. Varian warna pada glowfish ini juga beraneka ragam warnanya. Ada ikan glofish merah, kuning, hijau, ungu, dan biru. Tidak sekedar bisa menyala dalam gelap, sebenarnya tujuan utama diciptakannya hewan ikan glofish ini adalah untuk medeteksi terjadinya polusi di dalam air. Namun seiring sejalan dan perkembangan waktu, serta karena keindahan warnanya,  mereka akhirnya diperkenalkan dan diperjualbelikan kepada masyarakat.

4. Dolly The Sheep

Dolly The Sheep
Dolly The Sheep

Pada tanggal 5 Juli 1996, kambing jenis Dolly merupakan hewan kambing pertama yang berhasil dikloning dari sel kambing dewasa. Perlu diketahui, bahwa melakukan kloning pada sel hewan dewasa menjadi sebuah hal yang sulit dilakukan para ilmuwan, jika dibandingkan pada tahap embrio. Namun sayang, akhirnya Dolly harus mati di usianya yang ke-7 karena adanya gangguan paru-paru, sehingga bisa dibilang usia yang cukup muda bagi seekor kambing.

Dari peristiwa matinya kambing Dolly (tidak bisa bertahan hidup), itu karena ia adalah hasil rekayasa perkembangan ilmu pengetahui kloningan.Namun begitu, Dolly adalah fenomena unik, satu-satunya percobaan rekayasa genetika setelah 277 kali percobaan kloing. Miris juga ternyata.

5. Supercow (Sapi Super)

Supercow (Sapi Super)

Supercow (Sapi Super)

Supercow atau istilahnya adalah sapi super merupakan hasil rekayasa genetika dari perkawinan silang ternak. Sekitar tahun 1800an, ilmuwan dan peternak dari Belgia sepakat untuk mengawinkan sapi ternak dari Belgia dengan sapi bertanduk pendek dari Inggris. Sang peternak memilih sapi yang paling besar, kuat dan berkualitas dari kedua jenis tersebut untuk disilangkan (dikawinkan silang).

Tidak ada yang menyangka, ternyata hasil kawin silang sapi Belgia dengan sapi Inggris bertanduk pendek inilah menghasilkan seekor spesie sapi yang sangat besar dan sapi super. Sapi hasil kawin silang inilah kala itu yang dikenal dengan sapi biru Belgia. Walah, sapi segede gitu gimana cara giringnya ke kandang coba, hehe.

Demikian sekilas informasi mengenai 5 Hewan Hasil Kegilaan Ilmu Pengetahuan Alam. Semoga bermanfaat, salam.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: