Connect with us

Sains

Fakta Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Published

on

Fakta Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Gerhana matahari cincin telah menyapa Indonesia pada 26 Desember 2019 kemarin. Gerhana matahari cincin yang telah terjadi adalah gerhana terakhir di tahun 2019 ini dan gerhana matahari cincin ke-7 sejak Indonesia merdeka.

Lalu apa saja fakta terkait dengan gerhana matahari cincin? Betulkah ada dampak bahaya dari fenomena tersebut? Lalu bagaimana proses terjadinya gerhana matahari cincin ini?

Gerhana matahari cincin ini terjadi karena bulan sedang berada atau sedang menuju di titik terjauhnya dari bumi. Konsekuensinya, piringan bulan menjadi relatif lebih kecil jika dilihat oleh pengamat di bum. Akibatnya piringan bulan yang kecil itu tidak mampu menutup seluruh permukaan piringan matahari hingga terbentuklah cincin matahari seperti ini dan ini yang disebut dengan gerhana matahari cincin.

Baca juga: Pesawat Tersambar Petir. Apa yang Akan Terjadi?

Fakta Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai gerhana matahari cincin di Indonesia.

Bahwa berdasarkan data dari BMKG fenomena gerhana matahari cincin ini adalah yang kelima sepanjang tahun 2019 adapun gerhana gerhana yang terjadi selama tahun 2019 yakni gerhana matahari sebagian pada tanggal 5 dan 6 Januari 2019 yang lalu yang tidak dapat diamati dari Indonesi.

Kemudian gerhana bulan total pada 21 Januari 2019 yang juga tidak dapat diamati dari Indonesia. Kkemudian gerhana matahari total pada 2 Juli 2019 juga tidak dapat diamati dari Indonesia. Selanjutnya gerhana bulan sebagian yang terjadi pada 17 Juli 2019 yang dapat diamati dari Indonesia dan gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019 kemarin yang sudah dapat diamati dari Indonesi.

Selanjutnya kita lihat fakta lainnya terjadi tiap 1 sampai 2 tahun sekali. Gerhana matahari cincin terjadi tiap satu sampai dua tahun sekali. Gerhana matahari cincin terjadi pada tanggal 26 Februari 2017 dan tanggal 26 Desember 2019 kemarin. Gerhana matahari cincin pernah terjadi lagi pada 21 Juli 2010 lalu dan 10 Juli 2021, 14 Oktober 2023 dan 2 Oktober 202.

Adapun gerhana matahari cincin yang akan datang dan dapat diamati di Indonesia adalah gerhana matahari cincin 21 mei tahun 2031 yang jalur cincin yang melewati Kalimantan, Sulawesi dan Maluku; serta gerhana matahari cincin 14 Oktober 2042 yang jalur sisinya akan melewati Kalimantan Sulawesi dan Nusa tenggara timur lalu

Fakta ketiga adalah bahwa gerhana matahari cincin melewati sejumlah wilayah di Indonesia .Selain di Indonesia, fenomena munculnya gerhana matahari cincin juga akan melewati wilayah negara lain seperti Arab Saudi, Uni emirat Arab, India dan samudra Hindia Singapura Malaysia dan juga samudra Pasifik Desember 2019.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: