Connect with us

Tips & Trick

Cara Mengatasi Ponsel Yang Mentok Logo

Published

on

Sc Image : pexels.com
Sc Image : pexels.com

TekekNologi – Hallo teman-teman kembali lagi di TekekNologi, kali ini kita akan membahas bagaimana sih caranya mengatasi ponsel yang mentok logo atau disebut juga dengan Bootloop.

Teman-teman pasti pernah mengalami kejadian

Kejadian tersebut dinamakan Bootloop,

Penyebab dari bootloop biasanya permasalahan di perangkat Android terjadi karena diakibatkan oleh pengguna yang salah atau gagal memasang custom ROM atau aplikasi tertentu ke dalam perangkat tersebut.

Tapi sebelumnya perlu kita ketahui kondisi bootloop ini terbagi menjadi Light Bootloop dan Hard Bootloop. Jadi jika ingin mengatasi masalah ponsel bootloop kita juga harus mengetahui ponsel yang terkena Light Bootloop atau Hard Bootloop.

Lalu bagaimana sih cara mengatasinya??

Cara ini saya dapatkan dari situs digitalponsel.com :

 

Android Light Bootloop

Android Light Bootloop adalah salah satu masalah bootloop pada ponsel hp android yang tergolong ringan. Seperti masalah yang terjadi pada saat menggunakan ponsel untuk bermain game, memasang aplikasi atau menonton video bisa tiba-tiba restart atau boot ulang sendiri.

Dan setelah menyalakan lagi hp tidak bisa masuk ke menu utama hanya menampilkan logo ponsel saja.


Cara memperbaiki

Setelah itu coba restart ponselnya, dan biasanya dengan cara itu ponsel android bisa booting normal.

  

Android Hard Bootloop

Bootloop Android yang keras yang biasanya terjadi karena aktivitas kita saat ini Stock ROM yang berbeda. Upgrade sistem operasi atau saat mengkompilasi APK yang salah.

Jadi kegiatan ini juga bisa mengakibatkan  bootloop di ponsel yang kita gunakan. Ciri khasnya saat ponsel dinyalakan tidak bisa masuk menu utama dan tidak bisa diputar lagi alias kemacetan total.

Cara Memperbaiki

Jadi laptop yang akan kita gunakan untuk memperbaiki juga harus di instal dengan aplikasi khusus untuk penginstalan ulang android OS atau untuk melakukan Flasing Rom (firmware).

Untuk melakukan flashing  ada caranya memasang masing-masing di  OS android yang bervariasi tergantung merk dan tipe ponsel itu sendiri.

Bootloop atau kegagalan booting pada hp android sebenarnya adalah salah satu masalah yang sering terjadi. Biasanya masalahnya bisa terjadi karena hp gagal meng-upgrade sistem.

Dan ada juga yang salah dalam menggunakan firmware android dan bahkan bootloop bisa terjadi saat kita melakukan root namun gagal.

Jadi saat restart atau dinyalakan hanya bisa menampilkan logo atau merek teleponnya saja. Hal ini akan terus berulang-ulang meskipun telah direstart berkali-kali.

Harus di perhatikan jika ingin melakukan root pilihlah firmware yang benar-benar compatable dengan merk dan tipe handphone agar tidak terjadi bootloop, serta kondisi batrey harus 30% keatas.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: