Connect with us

Uncategorized

Bongkar Sisi Gelap Deep Web dan Dark Web – Situs Terlarang di Dunia

Published

on

Bongkar Sisi Gelap Deep Web dan Dark Web – Situs Terlarang di Dunia

Perbedaan Dark Web dan Deep Web – Istilah Dark Web dan Deep web, dua istilah ini mungkin sudah sering kali kita dengarkan. Apalagi banyak sekali mengenai video mengerikan yang beredar di laman search engine, dengan mengangkat nama Deep Web membuat kita semakin penasaran dengan dua istilah ini.

Hari ini, kita akan coba menelusuri kedua hal itu, yakni Dark Web dan Deep Web dalam cerita Ceriwit kali ini. Kita akan sama-sama menelusuri dan menjawab beberapa hal yang berkenaan dengan dua hal itu.

Seputar Deep Web dan Dark Web yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk memudahkan pemahaman kita dalam pembahasan ini, akan coba kami listkan daftar pertanyaan berikut ini:

  1. Apa Deep Web?
  2. apa perbedaan Deep Web dan Dark Web?
  3. Bagaimana orang-orang bisa menelusuri ke sana?
  4. Jika Dark web dan Deep Web berbahaya, kenapa keduanya tidak ditutup oleh pihak berwenang?

Mari kita bahas satu persatu ya sob…

Apa itu deep web?

Berdasarkan keterangan dari Aamiir Lahkani, Senior Strategist, Fortigaurd Labs sebuah perusahaan layanan keamanan jaringan Fortine, deep web diibaratkan seperti gunung es. Penjelasan Lakhani ini cukup jelas untuk membedakan deep web, dark web, dan surface web yang sering kita gunakan.

Surface web adalah semua konten yang sudah terindeks mesin pencari/search engine seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex, dan mesin pencari lainnya. Makanya, apa yang kamu cari yang muncul di hasil pencarian itulah yang dinamakan surface web, yang bisa diakses semua orang.

Lalu apa itu deep web?

Deep web adalah semua konten yang tidak bisa terindeks dalam mesin pencari di internet. Hal ini merupakan salah satu langkah berbagai perusahaan untuk melindungi privacy user. Nah, contoh data deep web adalah termasuk semua video pribadi yang kamu simpan di youtube, password dari semua akun media sosial kamu, data email pribadi, hingga arsip kerjaan kantor kamu yang tidak terbuka untuk umum.

Nah, semua hal ini hanya bisa diakses oleh orang tertentu saja. Karena, data-data user ini sangat banyak. Ukuran deep web ini akan lebih besar jika dibandingkan dengan surface web dalam penjelasan sesuai penggambaran Amiir Lakhani.

Lalu apa itu Dark Web?

Dark web adalah semua konten yang diakses melalui darknet. Untuk mengaksesnya, para pengguna harus menggunakan jaringan berlapis dan perangkat lunak tertentu. Misalnya, The Onion Router (TOR) yang mampu membuat penggunanya menjadi anonim dalam internet.

Singkatnya, dark web adalah bagian lain dari internet yang diakses melalui dark net dengan menggunakan software tertentu seperti TOR.

Sisi Unik Dark Web dan Deep Web

Berikut ini adalah beberapa sisi unik dari Deep Web dan Dark Web:
  1. Bisa dibuka melalui browser TOR (The Onion Router)
  2. Situs di dana menggunakan nama domain khusus
  3. Tidak ilegal untuk mengakses Dark web
  4. Tidak semua pengguna dark web adalah orang jahat
  5. Silk road adalah salah satu situs terkenal di dana
  6. Kebanyakan situs di sana adalah penipuan
  7. Mata uang di sana rerata menggunakan bitcoin
  8. Organisasi rahasia pemerintah juga berkeliaran di sana
  9. Banyak yang menggunakan wiki rahasia untuk mencari link dark web
  10. Dark web dan deep web adalah dua hal yang berbeda

Itulah beberapa sisi unik dari dark web dan deep web.

Bagaimana cara deep web diakses?

Nah, saya kira penjelasan sebelumnya sudah bisa kamu fahami. Lalu, untuk bisa mengakses dark web dan deep web, kamu harus menggunakan software khusus seperti VPN (virtual private number) atau koneksi antar jaringan dan browser TOR.

Mengenai TOR browser, harus kamu install di perangkat yang kamu gunakan. Lalu, kamu bisa mengaktifkan VPN dan setelahnya silakan untuk melakukan planing. Mengapa planing ini tidak boleh dianggap remeh, karena tanpa perencanaan yang matang kamu bisa saja diserang oleh para h*cker dan mengambil informasi pribadi seperti nama dan alamatmu. Setelah semuanya siap, kamu sudah bisa menjelajahi lewat browser TOR.

Biasanya, situs web di deep web maupun darkweb berekstensi .onion. Contohnya adalah mesin pencari Duck Duck Go yang diakses melalui kode khusus.

Apakah benar deep web berbahaya?

Deep web dan dark web memang terdengar misterius karena memang mempunyai track record yang kurang ba*k. Misalnya misteri box yang terisi hal-hal aneh, penjualan data pribadi toko pedia yang baru-baru ini terjadi, sampai hal yang paling mencengangkan adalah terjadinya jual beli plasma darah pasien covid-19. Dan masih banyak lagi

Apakah yang mengakses keduanya adalah orang jahat?

Mengutip dari Cyber Scoop, pada tahun 2016, terdapat 2723 situs yang aktif dalam deep web. Dari itu semua, 1547 di antaranya merupakan situs berbahaya, dan ada berkisar 1021 sama sekali situs tidak berbahaya, serta sisanya sebanyak 155 situs tidak diketahui.

Dari data tersebut, kita bisa mengetahui bahwa jumlah situs berbahaya memang lebih dari 50% jumlah data yang dipaparkan tadi. Namun, berdasarkan data statistik pengguna TOR, berkisar hanya 3-6% saja yang menyambangi situs berbahaya tersebut. Sementara, 90% nya tetap menjaga dan melindungi privacy mereka  masing-masing.

Walaupun itu semua tidak bisa dipungkiri, kalau dark web memang dipenuhi dengan berbagai hal il*gal dan berbah*ya.

Jika berbahaya, kenapa Dark Web ini tidak ditutup oleh pihak berwenang?

Menutup dark web, sebenarnya bukan tidak mungkin untuk dilakukan oleh pihak berwenang. Namun, mengingat hanya 3-6% pengunanya yang masuk ke jejaring krimi*al. Terdengar konyol kalau mengabaikan 90% penggunanya lalu melabeli dark web sebagai situs pen**at. Analoginya adalah seperti halnya seorang penc*ri di super market. Perbuata mencuri adalah ilegal secara hukum. Namun, melakukan penutupan ke supermarket bukanlah tindakan yang tepat. Bagaimana pendapatmu sob? Silakan masukkan di kolom komentar…

Lagi pula, jika ditilik dari segi tujuan diciptakannya dark web, kan memang bertujuan untuk menutupi identitas pemakainya dengan cara mengenkripsi data dan memantulkan satu informasi ke informasi lainnya. Ini berguna dalam aktifitas yang harus menutupi identitas seperti inteligen.

Nah, setelah berbicara tantang depp web dan dark web semoga bisa menjadi pelajaran untuk kita semua. Situs ini memang bukan untuk pemula asal masuk ke dalamnya. Jadi, kalau kamu belum ahli, jangan coba-coba ke sana lo ya. Menurut kamu apa hal penting dari dark web dan deep web yang barusan kita bahas? Ataukah, jangan-jangan sahabat Ceriwit pernah mengaksesnya? Silakan ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar ya. Dan jangan lupa, like dan share artikel ini ke teman-teman fans Ceriwit ya… Sampai jumpa di artikel selanjutnya guys… Semoga bermanfaat, salam..

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: