Connect with us

Umum

Beberapa Hal Ini Menjadi Penyebab Kurang Efisiennya Pembelajaran Jarak Jauh

Published

on

Source : Unsplash.com | Annie Spratt

 

TekekNologi – Pada awal 2020, kita diramaikan dengan maraknya virus Covid-19. Virus ini sudah menyebar luas di negara kita, dan bahkan satu dunia. Di negara kita sendiri pun jumlah orang yang positif mengidap virus ini sudah melebihi satu juta. 

Tentunya hal ini menimbulkan masalah yang cukup serius, diantaranya adalah WFH (Work From Home). Selain bekerja dari rumah, kita juga dituntut untuk melakukan segala pekerjaan hanya dari rumah, begitu pula dengan belajar. Kita semua diharuskan untuk beradaptasi dengan kondisi baru ini.

Untung nya era modern ini menyediakan aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan kita dari rumah. Misalnya saja untuk belajar, kita bisa menggunakan Google Classroom, Zoom, Telegram, atau bahkan Whatsapp.

Namun semua itu terkadang mengalami kendala yang dapat mengganggu aktivitas WFH atau Belajar Online.

Lalu apa saja hal yang menjadi kurang efisien nya belajar dari rumah ini? Simak pembahasan nya:

 

1. Masalah Finansial

Source : Unsplash.com | Micheile Henderson


Belajar dari rumah memang hal yang sangat memudahkan pembelajaran dari rumah. Sayang nya, tidak semua orang beranggapan seperti itu. Pasalnya, untuk bisa memulai belajar online, tentunya kita harus bisa mengakses internet yang dimana kita juga harus memiliki paket data.  Jadi, ada beberapa orang yang merasa keberatan dengan hal ini. Selain harus menyediakan smartphone, orang tua siswa juga harus menyediakan paket data guna membantu kelancaran kegiatan ini.

Ada beberapa sekolah yang dimana sekolah tersebut terdaftar sebagai penerima paket data belajar gratis dari pemerintahan. Apabila kalian belum mendapat paket gratis tersebut, maka hubungi sekolah kalian dan tanyakan hal tersebut.

 

2. Kemampuan Para Siswa Sendiri

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels


Selain secara finansial, siswa juga harus bisa menerima pembelajaran ini dengan mudah. Saya menempatkan hal ini menjadi masalah karena saat pertama kali belajar online, saya merasa sulit memahami penjelasan materi dari guru. Materi yang diberikan hanyalah sepihak dari guru, dan kita kesulitan dalam bertanya apa yang masih tidak jelas. Kadang juga penjelasan materi secara online tidak se-kompleks saat belajar konvensional.

 

3. Kendala Jaringan

Photo by Praveen kumar Mathivanan on Unsplash


Indonesia memiliki kekuatan dan kecepatan jaringan yang masih kurang merata ke seluruh wilayah dan adapula yang tidak stabil. Jika hanya mengandalkan jaringan, tentu saja sekolah yang berada di pelosok akan kesulitan melaksanakannya. Hal ini menjadi masalah besar karena dapat menghambat pembelajaran.

Lalu menurutmu apa lagi yang menjadi kendala dalam pembelajaran jarak jauh ini?? 

Pandemi ini sangat menyusahkan kita dalam melaksanakan pekerjaan kita. Alangkah baiknya kita semua mengikuti #PesanIbu yaitu 3M agar kita senantiasa terlindungi dari virus berbahaya ini. Jagalah kesehatan kalian agar suatu saat nanti kalian bisa menggapai mimpi dengan sehat wal’afiat.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: