Connect with us

Uncategorized

65 Fakta Unik Tubuhmu yang Harus Saya Baca 2 Kali agar Percaya

Published

on

65 Fakta Unik Tubuhmu yang Harus Saya Baca 2 Kali agar Percaya

Fakta Tubuhmu yang Unik dan Mengesankan – Halo sahabat Ceriwit. Adakah di antara kalian yang pernah bertanya berapa atom penyusun yang ada di tubuhmu? Atau setidaknya ada berapakah jumlah sel tubuh yang berada di tubuhmu? Atau setidaknya berapa jumlah rambut yang berada di tubuhmu? Atau setidaknya seberapa ukuran jantung kita?

Baca juga: Ini Alasan Lalat Suka Hinggap di Wajahmu

65 Fakta Unik Tubuh Manusia yang Harus Saya Baca 2 Kali agar Percaya

 
Nah, pertanyaan-pertanyaan di atas hanya sekedar sekelumit hal yang bisa saja menjadi jawaban atas misteri tubuh kita. Saya memahami dan meyakini, tidak semua orang faham dengan tubuh masing-masing. Karena ya memang tidak semua orang faham dengan taksonomi tubuh, entah bagian luar atau sampai pada bagian detail di dalam tubuh. Oleh karena itu, mari kita simak dan baca secara perlahan mengenai fenomena unik tubuh manusia.
Merinding merupakan efek adaptasi yang tersisa dari peninggalan nenek moyang kita. Pelepasan hormon adrenalin membuat rambut mereka berdiri hingga tampak lebih seram bagi para pemangsa yang mendekat. Ingat, bukan bulu lo ya, hehe.
Suara detak jantungmu berasal dari ketukan katup pada jantung yang membuka dan menutup. Katup-katup tersebut selalu bekerja karena adanya impuls listrik. Fakta unik lainnya kalau berbicara tentang jantung tidak akan memproduksi selnya kecuali dalam kedaan cidera/mengalami kerusakan.

Kornea mata adalah satu-satunya bagian tubuh yang tidak mendapatkan aliran darah. Ya, memang benar demikian. Karena kornea mendapatkan oksigen langsung dari udara. Coba sebutkan bagian tubuhmu lainnya yang tidan mendapatkan aliran darah? Bisa dipastikan, semuanya dapat. Jangan menjawab gigi lo ya, hehe.

Mata mendapatkan warnanya dikarenakan pigmen yang disebut Melanin. Orang yang bermata Cokelat akan memiliki lebih banyak melanin jika dibandingkan orang bermata hijau.

Berbicara mengenai mata, maka saya teringat dengan orang yang bermata biru. Orang yang bermata biru punya jaringan mata yang benar-benar tidak berwarna. Warna biru ini didapatkan seperti air dan langit mendapatkan warna biru.

Orang yang pertama kali diketahui memiliki mata biru hidup di zaman batu, berkisar 7.000 tahun lalu.

Berlawanan dengan apa yang telah kita ketahui, ternyata lensa kontak tidak bisa tersangkut ke belakang mata.

Mata merah di foto muncul karena saat flash kamera padam pupilmu tidak sempat mengerut. Kilatan cahaya mencapai retinamu dan langsung memantul kembali.

Mata merah di foto muncul karena saat flash kamera padam pupilmu tidak sempat mengerut
Ilustrasi anatomi Mata Manusia

Umur rata-rata sehelai rambut alis adalah 4 (empat) bulan. Lalu berapa umur rata-rata rambut di kepalamu?

Ada yang bisa menjawab berapa jumlah neuron yang berada di otak kita? Yaps, salah, hehe. Jawaban yang tepat adalah kurang lebih 100 Miliar neuron.

Pendapat yang mengatakan bahwa manusia hanya menggunakan kemampuan otak sebesar 10% otak adalah mitos. Di saat tertentu, sebenarnya kamu menggunakan kemampuan otak sebesar 100%.

manusia hanya menggunakan kemampuan otak sebesar 10%

Jika kamu tidak demikian, maka kamu tidak akan bisa melakukan kegiatan sederhana misalkan saja membuat dan meminum secangkir kopi dengan tambahan krimer, hehe.

Saat orang Romawi kuno mengencangkan otot bisepnya, mereka mengira otot-otot mereka seperti seekor tikus. Itu sebabnya, kata Muscle dalam bahasa Inggris, mengandung tikus kecil dalam bahasa latin.

Paru-paru kirimu berukuran lebih kecil dari yang kanan. Kenapa bisa demikian sobat Ceriwit? Ukuran paru-paru kanan dan kiri yang berbeda itu disebabkan karena pada bagian paru-paru kiri harus berbagi ruang dengan jantung.

Saat kita bernafas, satu paru-paru cuma menggunakan 5% oksigen yang kita hirup. Lalu sisanya lari ke mana?

Ukuran ginjal kananmua ukurannya mungkin lebih kecil dibandingkan ginjal kirimu; dan letaknyapun lebih rendah. Hal itu karena space ruang tersebut untuk pujaan hatimu, maksud saya organ hati, hehe.

Berbicara mengenai alat indera penciuman, para ahli dulu pernah berfikir bahwa kita hanya bisa membedakan 10.000 aroma saja. Namun faktanya, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa manusia sebenarnya bisa membedakan dan mengenail 1 (satu) triliun aroma.

Lebih dari 70% otakmu komposisinya terdiri dari air, namun otakmu juga membutuhkan 20% pasokan oksigen dari tubuhmu. Wah-wah, kinerja jantung yang begitu berat ternyata 20% oksigennya diminta otakmu, hehe.

Berbicara tentang bakteri, ada sebuah penemuan unik dan wow sekali. Ada sekitar 700 spesies bakteri berbeda di dalam mulutmu. Dan uniknya, ternyata berkisar 6 miliar bakteri di dalamnya. Silakan disensus saja, hehe.

Kulit merupakan organ terbesar di tubuhmu. Dan uniknya, kulitmu ternyata bisa menutupi dua permukaan 2 handuk mandi.

Setiap lemakmu naik 1 kg, kamu akan bisa menghasilkan 3 km pembuluh darah baru yang akan memasok pasokan oksigen dan semua nutrisi yang diedarkan ke seluruh tubuhmu.

Panjang seluruh pembuluh darah di tubuhmu jika ditotal cukup untuk mengelilingi bumi yang kita diami ini sebanyak 2 (dua) kali atau bahkan lebih. Kamu bisa mempelajarinya lebih dalam pada artikel yang sudah saya tulis sebelumnya.

Perutmu menghasilkan lapisan setiap 6 hari sekali dengan tujuan tidak mencerna dirinya sendiri.

Membran pembuluh darah dan otot di sekitar otak punya reseptor rasa sakit; namun untuk otak sendiri tidak memilikinya, sebabnya otakmu tidak akan punya rasa nyeri.

Gigi seringkali dianggap sebagai bagian dari tengkorak, namun tidak dianggap sebagai tulang. Wah-wah, masak ada sih yang namanya tulang gigi, hehe.

Sel-sel saraf akan mengirimkan 1000 impuls saraf per detik. Kecepatan tempuhnya 1,5 km/jam sampai 430 km/jam. Cuepet banget kan? Mengalahkan kecepatan Valentiono Rossi saat balapan di MotoGP bro, hehe.

DNA kita mengandung 100.000 virus. Para ilmuwan telah menemukan virus sejak 100 juta tahun lalu.

Jika kamu mampu mengetik 60 kata per menit selama 8 jam sehari, kamu ternyata membutuhkan waktu 60 tahun hanya untuk mengetik genom manusia, hehe. Lama nian guys…

Molekul terbersar pada tubuh manusia adalah Kromosom 1. Manusia memiliki 23 pasang kromosom, dan di tiap Kromosom 1 terdiri dari 10 Miliar atom.

Kamu menghirup 25 Seksti miliun molekul hanya dalam sekali tarikan nafas. Bagaimana cara menulis angka itu sih sobat Ceriwit? Kamu hanya perlu menuliskan angka 25 diikuti dengan angka 0 (nol) sebanyak 21 (dua puluh satu) di belakangnya. Hitung saja sendiri ya, hehe.

Kita mempunyai katup berbentuk daun yang berada di bagian atas larink yang selalu menutup saat kamu menelan, agar makananmu tidak menuju ke paru-paru.

Pendapat yang mengatakan bahwa pada lidah mempunyai area-area rasa adalah mitos belaka. Hal itu yang sering kali kita dengarkan saat pelajaran. Faktanya, semua bagian lidah bisa mendeteksi 5 (lima) rasa. Bedanya, setiap bagian lidah mempunyai tingkat kepekaan reseptor rasa berbeda dibandingkan yang lain.

Orang kidal biasanya lebih suka menguyah di sisi mulut bagian kiri; dan yang dominan tidak kidal (tangan kanan) ya mestinya akan menunyah pada bagian kanan mulut.

Enamel gigi kita adalah materi terkeras pada tubuh manusia. Komposisi 96% darinya, terdiri dari mineral yang sangat kuat. Bisakah kamu mematahkan gigimu dengan jari, hehe.

Nyatanya, gigi terbentuk sebelum kita lahir, namun tidak akan keluar sampai seorang bayi berumur berkisar 6-12 bulan. Bisa bayangkan kalau kamu lahir dengan susunan gigi taring yang lengkap?

Ternyata, manusia cuma punya 2 (dua) set gigi seumur hidupnya. Berbeda dengan buaya loh ya. Faktanya, buaya selalu mengganti giginya berkisar sebanyak 45 (empat puluh lima) kali selamanya hidupnya.

Hidungmu akan semakin beringu saat flu (pilek) karena menghasilkan lendir lebih banyak dengan tujuan untuk menghilangkan mikroba yang akan menyerang tubuhmu.

Indra penciumanmu adalah satu-satunya indera yang terhubung langsung ke bagian otak yang tugasnya mengendalikan emosi dan ingatanmu. Lalu, adakah hubungannya antara lupa dengan kepekaan indera penciumanmu? Silakan jawab di kolom komentar…

Rata-rata, setiap orang mempunyai 10 ribu perasa. Tetapi, seiring bertambahnya usia, beberapa sel perasapun mati. Orang yang sudah tua mungkin hanya memiliki 5.000 perasa yang mampu bekerja.

Kamu memiliki 5 (lima) juta folikel rambut di tubuh, dan cuma 100 ribu di antaranya yang ada di kepalamu.

Rambutmu akan tumbuh berkisar 1,27 cm setiap bulannya. Jadi, rambut orang yang berusia 70 tahun yang tidak pernah dipotong akan setinggi tiang provider telepon, hehe.

Tubuh orang yang bermassa 50 kg mengandung garam sebanyak 40 (empat puluh) sendok makan.

Kurang dari 1 (satu) % populasi manusia, lahir dengan posisi jantung di sebelah kanan dada, alih-alih di kiri.

Berapa kali kamu berkedip per menit? Nyatanya, kamu akan berkedip sebanyak 15 sampai dengan 20 kali per menit; dan matamu memiliki otot tercepat di seluruh tubuh. Walaupun begitu, saat kamu menatap komputer, maka kecepatan kedipan matamu akan menurun hingga 5 (lima) kali setiap menit.

Darah di tubuhmu mengalir dengan kecepatan berkisar 6 km/jam. Dengan kecepatan segitu, darah akan mampu menuju otak hanya dalam hitungan detik.

Kamu memiliki berkisar 3 juta kelenjar keringat di tubuh. Dari jumlah segitu, banyak di antaranya yang berada di telapak kaki dan tangan, dahi, ketiak, dan pipi. Itulah sebabnya, mungkin sentifitas tubuhmu salah satunya pada bagian tersebut; atau setidaknya bau tubuhmu berasal dari bagian tersebut?

Jika kamu berjalan sebanyak 3 km/jam, maka kamu harus berjalan 20 jam berturut-turut hanya untuk menurunkan 0,5 kg berat badanmu. Omong-omong soal berjalan, jika kamu mampu berjalan 3 km  per jam tanpa henti, maka kamu membutuhkan waktu berkisar 518 hari 8 jam hanya untuk mengelilingi katulistiwa. Ada yang mampu?

Tubuh seseorang dengan massa 70 kg ternyata terbentuk dari berkisar 7 Oktiliun atom. Bisa tebak kira-kira jumlah angka nol yang menyertai angka 7 (tujuh) tersebut? Butuh angka nol sebanyak dua puluh tujuh di belakang angka 7 untuk penyebutan 7 oktiliun.

Baca juga: 15 Cara Membakar Lemak Lebih Banyak dengan Rebahan

Serumen bukan hanya terdiri dari kotoran, melainkan juga terdiri dari lemak, sel-sel kulit, dan lemak. Untungnya kamu pernah bertanya dan membaca tulisan ini ya, hehe…

Embrio manusia mulai membentuk sidik jari pada usia 3 (tiga) bulan.

Sunburn adalah dampak paparan radiasi sinar/foton. Saat mekanisme pertahanan alami tubuhmu bekerja melawan paparan radiasi sinar UV (Ultra Violet) dari Matahari, akan menjadi reaksi toksik yang mengakibatkan kulitmu terbakar.

Benjolan di lidah bukannya alat pengecap. Benjolan di lidah ini berbentuk jamur, dan setiap benjolan tadi mempunyai 5 pengecap dengan 100 sel reseptor rasa.

Pankreas mempunyai sel-sel reseptor rasa yang memungkinkannya mendeteksi bukan hanya gula tetapi juga pemanis buatan. Pankreas akan menggunakan data rasa untuk menyeimbangan hormon.

Unsur yang paling melimpah di tubuh manusia adalah oksigen, yaitu berkisar 65%. Walaupun demikian, ternyata di tubuhmu juga mengandung Litium,Cobalt, Emas, dan Uranium. Wah-wah, bisa kita gunakan untuk sumber energi donk, hehe. Dari itu semua, yang paling langka adalah kandungan Radium, dan mungkin itu pula yang bisa menyebabkan wajahmua glowing, hehe.

Kamu menelan 600 kali setiap hari, sekali setiap menit saat kamu bangun, dan sekitar 3 kali per jam saat tidur. Atau jangan-jangan kamu lagi pas puasa, hehe.

Manusia adalah satu-satunya makhluk hidup yang rela menunda tidur. Bisa jadi, karena gemarnya memegang ponsel pintar. Keterlalun, hehe….

Meski rusak, sidik jarimu akan tumbuh kembali dengan pola unik yang sama. Tidak mungkin sama sidik jarimu dengan yang lain deh. Kalau tidak percaya, silakan pinjam ponsel pintar temanmu, dan silakan buka dengan sidikjarimu. Bisakah?

Suara raungan perut ketika kita lapar, ternyata itu punya nama, yakni Borborigmus. Berbicara suara saat kita lapar, itu karena adanya gaya meremas-remas lambung kita. Ketika lambung kita kosong, maka suara yang dihasilkan akan semakin besar jika dibandingkan saat kita kenyang. Kenapa demikian?

Saat perut kita kosong, ibaratnya kita sedang menabung sebuah dinding gua. Maka suara pantul yang dihasilkan akan semakin nyaring. Berbeda cerita ketika di dalam gua terdapat banyak orang. Sama pula saat kamu menabuh kentongan yang tidak ada lubangnya alias kayunya padat. Bagaimana bunyinya? Silakan coba saja…

Pembuluh dara vena tampak biru dikarenakan cahaya harus menembus lapisan kulit dan lemak untuk mencapainya. Kulitmu akan memecah sebagian besar warna merah dari cahaya putih sebelum memantulkan darah. Sehingga hanya ada cahaya biru yang terlihat oleh matamu.

Seseorang yang menderita anosmia tidak akan bisa mendeteksi bau. Tetapi fantosmia saat seseorang mencium bau, yang sebenarnya tidak ada.

Kuku tangan akan tumbuh 2 (dua) kali lebih cepat jika dibandingkan dengan kuku kaki. Kira-kira, akan membutuhkan waktu 15,5 bulan untuk menumbuhkan kukumu sepanjang 2,5 cm. Sementara kuku tanganmu, kira-kira butuh berapa bulan jika ingin tumbuh sepanjang 2,5 cm? Silakan jawab di kolom komentar.

Lapisan luar kulit akan lebih tebal di kaki dibandingkan dengan bagian lain di tubuh.

Jantung mempunyai sistem listrik sendiri, dan akan bisa terus berdetak bahkan saat terlepas dari tubuh. Kita tidak perlu membahas sedetil mungkin kan? hehe…

Jantung mempunyai sistem listrik sendiri
Ilustrasi jantung manusia

Berbicara soal pencernaan, ternyata butuh 6-8 jam agar makanan bisa melewati perut dan usus kecil. Ini karena tubuhmu mencoba menyerap semua nutrisinya.

Makanan ternyata tidak butuh gravitasi bumi untuk sampai ke perut. Otot kamu akan mengencang dan mengendur untuk mendorongnya ke bawah. Yah, mungkin saja agak mirip kinerja dari ular Pyton, hehe.

Demikian sekilas informasi dari Ceriwit mengenai 65 Fakta Unik Tubuhmu yang Harus Saya Baca 2 Kali agar Percaya. Jika kalian merasa mendapatkan ilmu dari artikel ini, silakan meninggalkan pesan di kolom komentar dan share kembali pada teman-temanmu. Semoga bermanfaat, salam.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: