Connect with us

Tips & Trick

4 Tips Memilih RAM Yang Baik Agar Kinerja Pada Laptop Stabil

Published

on

 



TekekNologi – Melanjuti dipostingan sebelumnya yang membahas tentang apa itu RAM, terkadang dalam membeli Gadget atau Laptop RAM memang sangat diperhatikan.

Namun untuk itu kita harus mengetahui bagaimana memilih RAM yang cocok dan sesuai dengan keperluan kita. RAM saat ini sudah memiliki berbagai macam ragam, sebab itulah kenapa kita harus jeli dan teliti dalam memilih RAM yang dibutuhkan.

Karena apabila memilih RAM yang sesuai maka performa kinerja PC baik. Tetapi apabila salah dalam memilih RAM alhasil kinerja PC pun tak sesuai dengan yang diinginkan.

Tanpa perlu basa-basi lagi, berikut ini tips memilih RAM yang cocok pada PC.

1. Cek Spesifikasi Motherboard untuk RAM

Gambar: Memory Pada Slot | sumber : Pexels



Setiap Motherboard/Mainboard memiliki spesifikasi RAM yang berbeda-beda, contohnya adalah Motherboard yang mempunyai satu atau dua slot memori, atau bahkan hingga 8 slot memori. Kecepatannya pun beragam serta fitur dan konfigurasi tertentu. 

Apabila anda tidak mengetahui tipe jenis Motherboard di pc anda, anda dapat mengunjungi situs dari vendor  laptop yang digunakan. Lalu mengecek jenis Motherboard laptop yang digunakan dan sesuaikan RAM yang ingin dibeli atau anda juga dapat melihat secara langsung jenis Motherboard yang digunakan dengan cara memperhatikan di bagian slot memori pada Motherboard, kebanyakan sudah tertera jenis RAM yang seperti apa cocok untuk Motherboard.

2. Kapasitas dan Kecepatan

sumber : Pexels



Selain spesifikasi Motherboard, kapasitas dan kecepatan RAM juga sangat diperhatikan. Setiap pengguna pasti beragam kebutuhannya terhadap kapasitas RAM. Apabila anda seorang gamers, konten kreator, dan desainer grafis, saya sarankan minimal RAM untuk PC atau Laptop adalah 8GB. Namun jika hanya untuk sekedar mengerjakan tugas atau keperluan yang tidak terlalu banyak menggunakan kapasitas RAM setidaknya minimal RAM yang dibutuhkan adalah 4GB.

Namun seberapa besar kapasitas RAM juga tergantung pada memory controller yang terdapat di Processor. Processor juga mendukung kapasitas RAM yang beragam serta processor juga hanya mendukung beberapa jenis RAM tertentu.

3. Sistem Operasi yang digunakan pada Laptop  

Percakapan singkat OS Windows | TekekNologi


OS atau Operating System atau diterjemahkan menjadi Sistem Operasi juga sangat penting untuk diperhatikan dalam memilih RAM. Sekarang sistem operasi terdapat 32bit dan 64bit, bedanya 32bit dan 64bit terletak pada kapasitasnya. 32bit digunakan hanya untuk RAM maksimal 4GB dan 64bit digunakan pada RAM maksimal 100GB atau bahkan lebih. Itulah kenapa  sistem operasi juga sangat penting untuk diperhatikan, karena apabila anda masih setia menggunakan OS Windows 7 32bit lalu anda menggunakan RAM dengan kebutuhan 64bit, maka tidak akan terdeteksi.

4. Perhatikan Merk RAM

Gambar RAM merk V-Gen | Sumber foto: V-Gen

Sudah banyak vendor-vendor ternama yang menciptakan RAM. Untuk bagian ini sebenarnya kembali lagi ke diri anda sendiri, sesuaikan dengan budget yang anda miliki. Terkadang memang untuk mendapatkan hasil yang baik, maka anda harus siap mengeluarkan budget yang besar. RAM dari vendor atau merk yang ternama memang terkadang agak lebih mahal tetapi tentunya mempunyai kualitas yang terpercaya.

Akhir kata

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memilih RAM, saran saya pribadi pilihlah RAM yang mempunyai kemasan yang baik, mengapa demikian? Karena tanpa kemasan yang baik terkadang rawan chip yang rusak serta jangan membeli RAM dengan chip yang aneh. Dan jangan sesekali membeli RAM bekas atau second karena kita tidak tau, mungkin saja RAM tersebut sebelumnya mengalami kerusakan pada chip.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin membeli atau menambah RAM pada PC dan Laptop.

 

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: