2 Solusi Windows Powershell Tidak Bisa Dibuka

Advertisements
Loading...

Ini Solusi Windows Powershell Tidak Dapat Dibuka – Pernah mengalami Windows Powershell kamu tak dapat dibuka? Lalu apa solusinya? Apabila kamu merasa tidak mengetahui solusi atas permasalahan bagaimana cara mengatasi windows Powershell tidak bisa dibuka, maka mungkin kamu perlu mencoba tips terakhir dalam petunjuk artikel ini.

Beberapa pertanyaan mengenai solusi windows powershell tidak bisa dibuka perlu saya sampaikan, mengingat tidak hanya dalam artikel ini saja yang menjelaskan secara detil cara mengatasi bagaimana Solusi Jika Windows Powershell Tidak Bisa Dibuka. Kamu akan menemukan banyak sekali tips dan trik solusi cara membuka powershell yang bermasalah.

Nah, dalam muqodimah artikel ini, perlu saya jelaskan terlebih dahulu. Sebenarnya windows Powershell itu apa sih?

Secara sederhana, PowerShell merupakan sebuh tools seperti halnya Command Prompt. Hanya saja, Windows PowerShell masih mempunyai basik kinerja yang jauh lebih baik. Bisa dikatakan Windows Powershell jauh lebih kuat dibandingkan Command Prompt.

Kenapa bisa demikian?

Karena, secara kinerja Windows Powershell lebih handal dan kuat dalam melakukan  sistem kontrol terhadap kinerja dari sistem operasi Windows.

Kok rancu mas, masak ada dua tools yang sama di dalam sebuah sistem operasi Windows? Hal ini bisa saja memang maksud tujuan keberadaan windows Powershell bertujuan untuk pengganti fungsi Command Prompt.

Untuk lebih jelas dan gamblangnya, dalam pembahasan artikel ini akan saya bagi dalam beberapa termin, di antaranya akan membahas pengertian apa itu Windows Powershell (sedikit bnyak sudah saya jelaskan di awal), mengapa windows Powershell lebih direkomendasikan (kuat) dibandingkan Command Prompt, alasan kenapa banyak orang lebih sering menggunakannya dan Apa Solusi Jika Windows Powershell Tidak Bisa Dibuka.

Baca juga: Review Lengkap Windows 11

Apa itu Windows PowerShell?

Solusi Windows Powershell Tidak Bisa Dibuka
Solusi Windows Powershell Tidak Bisa Dibuka

Supaya kamu lebih mengerti secara mendalam penjabaran dan fungsi utama windows powershell, alangkah lebih baiknya saya ulas kembali definisi dan makna tentang PowerShell.

Berbicara windows powershell, sepertinya kamu ingat penyebutan di dalam operasi hitung pada salah satu fitur Microsoft Office adalah adanya Microsoft Excel. Awal mulai belajar Excel, mestinya kamu akan diajari apa itu Cell. Apakah cell ini sa dengan Shell? Tentu sak berbeda, hehe. Nah, dalam bahasa. windows powershell,maka kamu perlu tahu lebih dulu pengertian Shell.

Bagi kamu yang sudah berkecimpung dalam dunia IT, misalnya saja kami kuliah di jurusan teknik informatika atau ilmu komputer, pasti akan diajarkan pengertian apa itu shell. Shell merupakan sebuah device antara muka yang memungkinkan user mengakses terhadap layanan pada Operating System. Pola kerjanya shell bisa berupa laman antarmuka pengguna grafis (GUI – Graphic User Interface atau antarmuka pengguna grafis) dan bisa pula berupa baris perintah.

Jika dirunut secara detil, sejarah munculnya Windows Powershell ini karena pengembangan teknologi dari Microsoft dengan tujuan kepentingan otomatisasi tugas serta pola akses manajemen konfigurasi.

Seiring berjalannya waktu, walau sejatinya Windows Powershell adalah pengembangan oleh pihak Microsoft, namun untuk saat ini PowerShell sudah dikembangakan platform gratis (open source). Itu artinya, untuk saat ini PowerShell sudah bisa diinstal pada platform Windows, macOS, dan Linux.

Loading...

Lalu bagaimana polanya? Secara garis besar, Shell ini berpijak pada .NET framework yang mengacu shell baris perintah dengan menggunakan bahasa scripting.

Saya kira penjelasan panjang lebar ini sudah bisa menjelaskan apa itu Windows PowerShell tadi.

Apa yang bisa kamu kerjakan dengan windows PowerShell?

Sesuai dengan apa yang saya terangkan, menjadi sangat rugi manaka kala kamu tidak bisa menemukan solusi windows powershell tidak bisa dibuka, karena saking banyaknya manfaat yang bisa kamu terpkan. Perlu diketahui pula, bahwa salah satu tujuan dikembangkannya windows PowerShell adalah guna memudahkan user (pengguna) dalam melakukan otomatisasi secara simultan, serta agar bisa secara maksimal dan cepat merampungkan multi tugas administrasi dengan baik.

Sebagai contoh, berikut ini adalah beberapa fungsi Windows PowerShell:

  • Kamu bisa menampilkan semua perangkat USB yang diinstal pada satu atau beberapa komputer dalam jaringan,
  • Kamu dapat mengatur tugas yang memakan waktu untuk berjalan di latar belakang saat temen-temen melakukan pekerjaan lain.
  • Kamu bisa mengidentifikasi dan menyelesaikan proses yang tidak bisa bekerja dengan baik.
  • Kamu dapat informasi yang lebih spesifik mengenai komputer dalam jaringan dan mengekspornya dalam format HTML.
  • Kamu dapat meringkas dan mengotomatiskan tugas yang sifatnya berulang dengan membuat skrip dan menggabungkan beberapa perintah.
  • Mendukung apliksai Active Directory sehingga lebih produktif

Tuhkan, saking banyaknya, maka kamu perlu memanfaatkan layanan windows powershell. Ya, setidaknya kalau stagnan karena faktor tertentu, kamu laik mencoba solusi windows powershell tidak bisa dibuka pada artikel ini.

Baca juga: Laptop Convertible 2 in 1 Terbaik 2020

Cara Belajar Windows PowerShell dengan Mudah

Apabila kamu berniat mendalami tata cara dan proses penggunaan Windows Powershell, kamu bisa belajar menggunakan buku panduan karya Ed Wilson dengan judul Windows PowerShell Step by Step. Kamu bisa memiliki buku tersebut dengan melaukan pembelian online di Amazon atau Book Depository.

Selain daripada itu, di dalam laman resmi Microsoft ini: Dokumentasi PowerShell. Di dalamnya sudah banyak penjelasannya. Untuk saat sekarang ini saya belum mengetahui ada tidaknya pada windows terbaru saat ini, karena dalam pembahasan review windows 11 kemarin tidak saya bahas.

Bagaimana Cara Menemukan PowerShell di Windows?

Kamu bisa menemukan tools windows powershell dengan dua cara mudah, yaitu dengan melakukan langkah di bawah ini:

  1. Masukkan kata kunci “PowerShell” pada bidang pencarian dari taskbar.
  2. Pilih pada hasil pencarian Windows PowerShell.
  3. Klik kanan pada menu Start/logo windows 10 dan kemudian klik pada Windows PowerShell (Admin)

Siapa yang Lebih Sering Memakai Fitur Windows PowerShell?

Sesuai dengan penjelasan di atas, PowerShell merupakan salah satu tools bantu paling penting bagi banyak administrator IT, karena dapat menyederhanakan operasi manajemen di jaringan perusahaan besar.

Sebagai gambaran, apabila kamu bertugas mengelola atau memanajemeni sebuah tata kelola jaringan besar dengan ratusan server di dalamnya, maka tentu saja kamu harus mempunyai sebuah manajemen system security terpadu yang bisa diandalkan. Semua pola teknis setting pada layanan server tersebut tersetting dan terpadu dengan sangat rapi.

Dari itu semua, sudah bisa dipastikan kamu akan sering kali login pada setiap server yang dikelola. Saking banyaknya server yang harus dikelola, maka tidak ada pilihan lain kamu harus menggunakan windows powershell. Dengan memanfaatkan fitur windows powershell, semua pekerjaan yang begitu rumit dan banyak tadi bisa dikelola dengan baik dan dalam waktu yang relative lebih singkat, karena system yang dibangun hanya menggunakan beberapa atau bahkan hanya satu script saja.

Solusi Windows Powershell Tidak Bisa Dibuka

Untuk menerapkan solusi Windows Powershell tidak bisa dibuka, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Tekan logo Windows + R secara bersamaan. Maka akan muncul menu RUN
  2. Ketik regedit kemudian Enter/Ok
  3. Klik tanda panah di samping HKEY_CURRENT_USER
  4. Klik tanda panah di samping Software
  5. Klik tanda panah di samping Microsoft
  6. Klik tanda panah di samping Windows
  7. Klik tanda panah di samping CurrentVersion
  8. Klik tanda panah di samping Policies
  9. Klik dua kali pada folder Explorer
  10. Pilih file DisallowRun di sebelah kanan
  11. Klik menu Edit pada toolbar kemudian pilih Delete
  12. Jika ada tanda peringatan, klik Yes
  13. Masih pada folder Policies, pilih/klik satu kali folder DisallowRun
  14. Klik menu Edit pada toolbar kemudian pilih Delete
  15. Jika ada tanda peringatan, klik Yes

Setidaknya demikian sekilas informasi mengenai Solusi Cara Membuka Windows PowerShell yang tidak bisa dibuka. Semoga bermanfaat, salam.

Advertisements
Loading...
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *