3 Fungsi Enzim dalam Tubuh Manusia

Advertisements
Loading...

Fungsi Enzim dalam Tubuh Manusia – Tubuh terdiri dari berbagai organ, seperti jantung, ginjal, hati, lambung, otak, dan sebagainya. Semua terhubung menjadi sebuah sistem yang saling mendukung satu sama lain sehingga tubuh kita bisa berfungsi secara sempurna. Namun tahukah kamu, semua itu tidak akan ada apa-apanya jika tidak ada enzim?

Secara fungsional, enzim memang tidak terlihat, namun fungsinya sangat krusial. Memangnya sepenting itukah fungsi enzim untuk tubuh kita? Mari kita cari tahu jawabnnya di sini.

Baca juga: 15 Cara Membakar Lemak dengan Rebahan

Fungsi Enzim dalam Tubuh Manusia

Inilah fakta-fakta enzim di dalam tubuh kita yang perlu kita ketahui.
Kita pasti sering mendengar bahwa di dalam tubuh kita terdapat enzim. Namun, tahukah kamu ap aitu enzim?

Enzim adalah bio molekul protein yang berfungsi mempercepat reaksi kimia di dalam sel tubuh kita. Seperti ungkapan dokter Hiromisyinia di dalam bukunya yang berjudul The Miracle in Enzim.

Setiap tubuh manusia sudah diberi model oleh alam semesta yang diberi nama enzim. Enzim adalah katalis protein yang dibuat di dalam sel makhluk hidup. Ada lebih dari 5.000 enzim penting yang diproduksi di dalam tubuh kita. Uniknya, setiap enzim tersebut mempunyai tugas yang berbeda-beda.

Nah, sepenting itulah fungsi keberadaan enzim di dalam tubuh kita.

Di dalam buku Miracle in Enzim tadi, ternyata enzim sangat diperlukan untuk mempertahankan hidup. Sebagai transformasi nutrisi untuk menjalankan sistem pencernaan, sistem ekskresi, detoksifikasi, dan sebagai pasokan energi. Bahkan, untuk berfikir pun kita memerlukan enzim.

Tanpa enzim, tidak akan ada energi, tidak akan ada makanan yang dapat dicerna, serta tidak aka nada nutrisi terserap. Bahkan vitamin mineral, dan hormon tak bisa berbuat apa-apa kalau tak ada enzim di dalam tubuh kita.

pentingnya Peranan enzim dalam tubuh manusia

Berdasarkan berbagai fakta yang kita tahu, bisa kita katakan bahwa enzim adalah pemeran utama bagi seluruh reaksi kimia di tubuh.

Dampak Negatif Kekurangan Enzim

Jangan pernah sepelekan kekurangan enzim. Ada banyak efek buruk jika kita kekurangan enzim dalam jumlah tertentu, di antaranya bisa menciptakan ketidakseimbangan, dan mengalami gangguan metabolisme yang berujung pada penyakit serius. Sebagai contoh, tubuh kekurangan enzim Protease yang berdampak pada gangguan kekebalan tubuh yang membuat kita rawan terinfeksi penyakit/virus.

Setiap kekurangan enzim dapat menyebabkan berbagai macam gejala penyakit. Seperti keletihan otot dan asma, mengganggu metabolisme insulin, meningkatkan kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

Berbagai jenis enzim terdapat dalam tubuh manusia. jumlahnya bisa mencapat ribuan. Uniknya, setiap enzim memiliki tugas khusus masing-masing guna menjaga kesehatan tubuh. Sebagai contoh, protein dipecah oleh enzim protease, karbohidrat dipecah oleh enzim amilase, dan lemak dipecah oleh enzim lipase.

Dari sekian banyak jenis, enzim di dalam tubuh kita dibagi menjadi beberapa kelompok. Di antaranya ada enzim metabolic yang ditemukan di semua bagian dari tubuh kita. Mulai dari sel darah, kulit, tulang dan organ yang berfungsi untuk pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan sel, serta memelihara semua jaringan organ tubuh.

Ada enzim pencernaan yang bertugas mencerna dan menghancurkan segala jenis makanan, lalu menyerap nutrisinya yang nantinya akan disebarkan ke seluruh jaringan tubuh.

Loading...

Kemudian ada enzim dari makanan yang mengandung zat nutrisi. Asalnya dari buah-buahan, sayuran hijau dan orange, serta dari sumber tambahan makanan lain. Fungsi enzim ini menghancurkan zat protein, melumatkan lemak, memecah karbohidrat dan nutrisi lain menjadi senyawa dan partikel kecil yang dapat diserap tubuh.

Lalu dari mana enzim di dapat?

Sumber Pembentukan Enzim

Di manakan enzim bisa kita peroleh? Jawabannya adalah dari makanan sehat.

Biasakan untuk selalu menerapkan pola makanan sehat dan kaya nutrisi. Hal ini penting, karena persediaan enzim kita diperbaharui secara alami dengan rajin mengkonsumsi makanan bergizi.

Penyebab kerusakan enzim dalam tubuh

Sering kali kita tak sadar melakukan perbuatan yang bisa merusak enzim baik yang sangat diperlukan tubuh. Misalnya dengan memasak makanan yang terlalu matang atau memasaknya dengan suhu yang terlalu panas (over heat). Enzim juga akan rusak kalua kita banyak makan makanan yang mengandung banyak bahan kimia atau makanan tidak sehat.

Enzim pada saliva atau air liur adalah jenis enzim yang paling banyak kita ketahui. Air liur berfungsi sebagai alat pertahanan pertama melawan serangan infeksi bakteri, virus corona (covid-19) dan jamur. Sistem kerjanya adalah dengan cara mengendalikan perkembangan virus dan bakteri di dalam rongga mulut. Nah, fungsi itu dijalankan oleh aktifitas enzim dan protein dalam air liur sepeti laktoperoksidase, lizozim, dan laktoverin.

3 Ciri Pasta Gigi Terbaik untuk Kualitas Enzim

Sayangnya fungsi dan peranan air liur secara kuantitas dan kualitas untuk mengendalikan perkembangbiakan bakteri, virus, dan jamur sering berkurang. Hal itu dikarenakan kebiasaan yang tidak kita sadari. Faktornya misalnya karena mengkonsumsi makanan “modern” yang mengandung karbohidrat olahan dan zat-zat kimia, serta penggunaan pasta gigi yang mengandung detergen dan antiseptic.

Memang, kandungan detergen dan antiseptic ini umum digunakan dalam pasata gigi yang beredar di pasaran karena memang berfungsi membunuh kuman. Sayangnya hal ini bisa menurunkan fungsi alami air liur untuk mengontrol perkembangbiakan bakteri dalam mulut. Akibatnya, muncul berbagai macam penyakit gigi dan mulut seperti sariawan dan bau mulut.

Namun, saat ini adan juga tidak serta merta khawatir, karena perkembangan ilmu pengetahuan modern ilmu bioteknologi dalam penggunaan pasta gigi tanpa detergen dari pasta gigi yang beredar saat ini. Itu artinya, kamu harus mencoba selektif dalam menggunakan pasta gigi.

Kamu bisa mencari pasta gigi tanpa kandungan detergen dan mengandung colostrum. Hal itu berguna agar tidak merusak enzim pada air liur dan tidak mengakibatkan mulut kering.

Pasta gigi dengan ciri tersebut sangat aman digunakan sehari-hari karena semua kandungan foodgrand di dalamnya berperan mengembalikan fungsi alami sistem lakto peroksidase, atau anti bakteri dalam air liur. Sehingga bisa mengentorl perkembangbiakan bakteri dalam rongga mulut. Tentu saja, pasta gigi dengan kandungan tersebut juga bisa menanggulangi pernyakit sariawan dan bau mulut.

Selain itu, ciri pasta gigi terbaik adalah mengandung lactoverin, lizozym dan colostrum sebagai sumber imuno globulin, yang berfungsi menghambat dan membunuh bakteri pathogen serta memberi imunitas rongga mulut. Selain itu, pasta gigi tersebut mampu menjaga tingkat keasaman rongga mulut walau kamu sedang berpuasa.

Secara sederhana, berikut ciri pasta gigi terbaik untuk mulut kita:

  1. Tidak mengandung detergen
  2. Tidak mengandung anti septic berlebih
  3. Mengandung lactoverin, lizozym dan colostrum

Baca juga: Virus Paling Mematikan dibandingkan Corona (covid-19)

Kesimpulan Pentingnya Enzim dalam Tubuh

Itulah beberapa alasan, kenapa enzim memiliki peran yang sangat vital dan penting dalam kesehatan tubuh kita. Acuh terhadap sesuatu yan seperrtinya sepele, namun bedampak pada kesehatan kita yang terlalu mahal. Ironi memang.

Demikian sekilas informasi mengenai fungsi enzim dalam tubuh manusia. semoga bisa menambah khasanah kelimuwan kita. Jika merasa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari artikel ini, jangan lupa share ya, salam.

Advertisements
Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *