3 Drone Tercanggih Indonesia

Advertisements
Loading...

Drone Tercanggih Indonesia – Perkembangan teknologi pesawat Drone belakangan ini semakin berkembang pesat. Kemampuannya semakin berkembang pesat. Fitur keunggulan jelajah yang semakin jauh, dilengkapi berbagai sensor dan persenjataan rudal, bahkan bisa mengudaradalam durasi yang lama.

Hal itu, bisa saja karena memang tidak diawaki oleh manusia di dalamnya, sehingga para ilmuwan bisa secara maksimal mengembangkan teknoligi penerbangan moderen. Bahkan, Amerika Serikat sudah sering memanfaatkan Drone sebagai pesawat pengintai dan penyerang yang sulit dideteksi radar dengan dikendalikan dari jarak ribuan mil.

Pesawat yang bisa terbang secara otomatis dengan sistem pengendalian jarak jauh ini tak hanya dimanfaatkan untuk mengambil gambar atapun video dari udara, tetapi drone canggih ini sudah dimanfaatkan untuk mengirim barang, menyiram tanaman, pemetaan wilayah hingga alat keperluan militer.

Sebagai negara kepulauan, kita sangat membutuhkan drone tercanggih guna mengawasi wilayah teritorialnya. Makanya penggiat teknologi Indonesia tak mau ketinggalan untuk menciptakan drone.

Kali ini ceriwit akan memberikan informasi 8 Drone Tercanggih di Indonesia yang membuat negara tetangga mengakuinya.

Baca juga: 5 Negara Dengan Koneksi 5G Tercepat di Dunia

3 Drone Tercanggih di Indonesia

Tak mau ketinggalan dengan negara lain, akhirnya para ilmuwan Indonesia mulai mengembangan teknologi pesawat tanpa awak ini. Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) sudah mengalokasikan anggaran sebesar 81 Miliar guna mengembangan sebuah Drone canggih.

Drone Tercanggih Indonesia
Ilustrasi Drone Tercanggih Indonesia

Black Eagle Drone

Black eagle drone merupakan pesawat tanpa awak berteknologi tinggi. Pesawat yang diperkenalkan pada tahun 2019 ini merupakan hasil kolaborasi konsorsium Kementrian Pertahanan dengan TNI AU, Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), PT Dirgantara Indonesia, PT Len Industri dan ITB.

Black eagle memiliki dimensi panjang 8,3 meter dan bentangan sayap 16 meter. Selain itu, pesawat canggih tak berawak ini juga dibekali mesin Roteks yang membuatnya sanggup mengudara selama 30 jam dengan ketinggian 23.000 kaki. Urusan kelincahan, Drone tercanggih di Indonesia ini mampu bergerak dengan kecepatan maksimal 235 km/jam.

Drone Black Eagle canggih ini juga dilengkapi dengan beberapa fitue canggih, yaitu:

  1. Radar SAR
  2. LCS (light control system)
  3. Auto take-off
  4. Inertial Navigation system
  5. Electeo optic targeting system
  6. Dipersenjatai rudal

Dengan kemampuan tempur yang dimilikinya, tak salah jika nantinya drone tercanggih Indonesia ini bakal turut serta menjaga kedaulatan NKRI, khususnya di wilayah terluar seperti di Kepulauan Natuna yang kerap kali memanas akibat claim wilayah sepihak oleh negara tetangga.

Loading...

Baca juga: Teknologi Canggih Masa Depan Terbaru Saat Ini

Frogs 282 Drone

Drone canggih Indonesia yang satu ini diprakarsai oleh sebuah perusahaan rintisan asal Bantul, bernama Frogs Indonesia telah mengembangkan drone yang bisa mengangkut manusia. Kendaraan terbang yang akhirnya disebut Frogs 282 ini telah diuji terbang di langit Gading Gunung Kidul pada tanggal 7 Maret 2020 lalu.

Saat dites, drone Frogs 282 atau kerap kali disebut taksi terbang itu telah terbang beberapa cm saja. Namun para perancang drone canggih Indonesia itu yakin bahwa drone Frogs 282 itu berkemampuan terbang hingga kecepatan 100 km/jam dengan ketinggian 2.400 kaki selama 30 menit. Drone canggih Indonesia ini dilengkapi dengan 4 baling-baling dan 8 mesin.

Drone Frogs 282 ini dirampungkan bulan Juli 2020 lalu. Drone ini juga bisa mengangkat maksimal 2 penumpang dengan beban maksimal 200 kg. Keunggulan drone Frogs 282 ini adalah memiliki body yang ramping, sehingga bisa take-off dan landing pada lintasan sempit.

Wulung Drone

Drone Wulung memiliki kemampuan Auto pilot dan Modular composite structure merupakan produk PT. Dirgantara Indonesia tahun 2016 silam. Pesawat berdesain menyerupai capung ini dirancang dengan tujuan untuk melakukan operasi pengawasan, pengintaian inteligen terutama pada daerah perbatasan dengan pulau terluar.

Untuk mendukung misi tersebut, Drone Wulung telah dilengkapi Inframerah dan kamera yang mampu merekam data secara real time (setiap saat). Selain itu, masalah urusan kemampuan terbang, Drone canggih Wulung juga mampu mengudara selama 4 jam dengan ketinggian 2.438 meter dengan kecepatan maksimal 124 Km/jam.

Hope Drone

Di Temanggung Jawa Tengah, sekumpulan remaja telah menciptakan sebuah drone untuk membantu para petani. Drone yang dinamakan Hope itu digunakan untuk melakukan penyemprotan pupuk di udara secara cepat dan merata.

Drone canggih yang dihargai 150 juta ini mampu terbang sejauh 2,5 km smabil mengangkut cairan obat dengan volume 15 liter selama 17 menit.

Drone canggih Hope ini juga sudah menggunakan teknologi Wie Point sehingga bisa terbang sambil melakukan penyemprotan mengikuti titik di lahan yang telah ditentukan sebelumnya. Hadirnya drone Wulung ini sangat membantu masyarakat sekitar. Yang sebelumnya memerlukan waktu yang lebih la menjadi lebih cepat.

Demikian sekilas informasi mengenai 3 Drone Tercanggih Indonesia. Semoga bermant, aamiin.

Advertisements
Loading...
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *