Urutan Ukuran Bintang, Planet, dan Galaxy di Jagad Raya

Loading...


Urutan Ukuran BIntang, Planet, dan Galaxy di Jagad Raya

Urutan Ukuran Bintang, Planet dan Galaxy – Kita tahu, bahwa luar angkasa sangatlah luas. Betapa tidak? Jika kamu diminta mengukur luar panjang dan lebar lapangan sepak bola saja, pasti akan membuatmu lelah. 

Apalagi jika diminta mengukur volume dua lapangan sepak bola dengan ketinggian 1,79 meter, sangatlah melelahkan. Itu semua hanya gambaran sederhana bahwa sebuah ukuran obyek dalam kehidupan kita saja, kita sulit menentukan kuantitasnya.

Nah, kembali pada pokok bahasan. Jika kamu diminta mengukur sesuatu yang jelas nampak dan ada di dekat kita, ternyata memerlukan banyak waktu dan tenaga fisik. Apalagi, jika pertanyaan saya adalah seberapa besar ukuran bintang, planet dan tata surya kita ini? Apakah kamu tahu seberapa besar jarak antar planet dalam galaxy Bima Sakti ini? Seberapa besar volume bumi jika dibandingkan dengan volume Matahari? Dan masih sangat banyak sekali pertanyaan yang bisa kita dapati dari berbagai ranah berfikir logis.

Nah, dalam kesempatan ini, Ceriwit akan membahas mengenai urutan ukuran bintang, planet dan galaxy di alam semesta ini. Namun, karena pembahasan ini lumayan panjang, silakan siapkan minuman hangat di dekatmu, agar proses membaca artikel sains moderen ini bisa tuntas.

Urutan Ukuran Bintang, Planet dan Galaxy di Alam Ini

Sebelum mulai membahasa topik utama ini, coba jawab pertanyaan saya ini. Seberapa besar ukuran luas angkasa? Silakan masukkan pada kolom komentar.

Baginsaya, jawabannya sederhana, yakni sangatlah luas. Saking luasnya, jika dibandingkan dengan Matahari, maka planet Bumi tidaklah lebih besar dari paku payung. Namun demikian, bolehlah kita bertanya. Seberapa besar sebenarnya luas luar angkasa? Nah, mari kita cari tahu.

Advertisements
Loading...

Perlu kamu tahu, bahwa objek terkecil yang saya ketahui adalah mikro asteroid 2011 CQ1 yang panjang diameternya hanya satu meter. Bersama dengan asteroid lain yang akan saya sebutkan nanti, ternyata letaknya di antara sabuk planet Mars dan Jupiter. Selain itu, sebenarnya ada banyak asteroid berukuran serupa. Namun, pembahasan kita akan langsung ke Duende.

Duende merupakan objek luar angkasa yang berdiameter 30 meter. Ukuran seperti ini tentu saja masih dianggap mikro. Lantas, ukuran mininya seberapa nya gaes?

Planet Saturnus memiliki banyak bulan yang diakui, yakni berjumlah 28 buah, dan ribuan bilang kecil yang berada di dalam cincinnya. Bulan S/2009 S1 adalah salah satu bulan di Saturnus. Bulan S/2009 S1 ini berdiameter 300 meter atau 0,3 km.

Selanjutnya ada objek bernama 2006 HY51. Objek 2006 HY51 merupakan asteroid lain yang berada di antara sabuk Jupiter dan Mars. Namun, diameternya jauh lebih besar yaitu berkisar 1,2 km atau 1.200 meter.

Kita nerlanjut pada sebagian banyak bulan yang berada di Planet Jupiter, yakni Kore. Kore merupakan bulan Jupiter yang berdiameter 2 km. Ukuran itu masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan ukuran bukan kita.

Selanjutnya kita menuju 67P/Churymov-Gerasimenko. Objek 67P/Churymov-Gerasimenko merupakan merupakan salah satu Komet paling terkenal saat ini. Objek ini berdiameter kurang lebih 4 km (4.000 meter). Faktanya, objek yang satu ini pernah diteliti oleh seorang ilmuwan bernama Misi Roseta pada tahun 2014 sampai 2016 (berjalan 21 Tahun).

Kita lanjutkan perjalanan menuju 5335 Damocleas. Objek yang satu ini berdiameter 10 km. Objek yang satu ini merupakan Sentaurus. Dalam ilmun Astronomi, Sentaurus adalah objek luar angkasa yang mempunyai karakteristik asteroid maupun moment.

Cerita ini masih akan berlanjut… Jadi tetap stay untuk cerita yang lebih lengkap ya… 

Advertisements
Loading...
Tags:,

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *