Lebih Tua Homo Sapiens atau Manusia? Makhluk Hidup Tertua di Bumi

Advertisements
Loading...

Lebih Tua Homo Sapiens atau Manusia? Makhluk Hidup Tertua – Lebah lebih tua daripada manusia. Saat Johny Wuss dan adiknya Mas Sugeng tahu ini, hidupnya berubah 180 derajat. Kedua pemuda ini adalah seorang penemu, jadi terkadang penemuannya tidak berfungsi dengan baik. Namun, kali ini Mas Johny Wuss dan Mas Sugeng berhasil membuat penemuan sains terbaru 2020, dari ilmu pengetahuan alam spektakuler yang bisa bekerja dengan baik, yang sama sekali di luar dugaan.

Kira-kira apa ya penemuan terbaru di tahun 2020 ini? Yaps, mas Johny Wuss dan Mas Sugeng selain sebagai seorang blogger pembuat template SEO friendly terbaik dan terpopuler di Indonesia, mereka juga berhasil menciptakan alat mesin waktu.

Mesin waktu yang ia gunakan sangat bermanfaat untuk kehidupannya. Mereka bisa mencari tahu sendiri berapa umur makhluk penghuni bumi. Namun masalahnya… Ah, sudahlah, mari kita simak pemaparan Mas Johny Wuss dan Mas Sugeng dalam menelusuri jejak kehidupan penghuni bumi pada zaman dahulu.

Lebih Tua Homo Sapiens atau Manusia? Makhluk Hidup Tertua di Bumi

40 Tahun Zaman Dulu

Wuss…Mas Johny dan Mas Sugeng mulai menjalankan mesin waktunya. Perjalanan pertama Johny Wuss kali ini tidak terlalu jauh dari masa lalu, yakni kurang lebih 40 tahun yang lalu.

Kala itu, mereka menemukan banyak ilmuwan sedang bekerja di laboratorium. Para ilmuwan tersebut sedang meributkan sesuatu yang ia tidak bisa lihat. Ternyata ketika Johny Wuss melihat kalender, saat ini tahun 1975.

Di tahun 1975, ternyata para peneliti tadi sedang berdiskusi dan menelaah sebuah bakteri. Akhirnya di tahun 1975 itu, para ilmuwan menemukan bakteri pemakan Nilon. Bakteri ini tidak mungkin ada sebelum tahun 1935, sebab saat itu Nilon baru saja ditemukan.

Mesin waktu akhirnya menuntun Johny Wuss bersaudara ke tujuan berikutnya, yakni ke masa 10.000 tahun lalu. Setelah Johny melangkah ke luar dan disambut udara segar, ia mendengar suara “meong… ” lumayan keras. Ternyata ada seekor kucing yang berlari ke arahnya. Hewan itu mirip sekali dengan kucing moderen seperti di tahun ini.

Ah iya, ternyata para ilmuwan mengklaim, kalau hewan kucing sudah dijinakkan sejak 12.000 tahun silam. Tapi, nenek moyang kucing pertama muncul sekitar 10 sampai 15 juta tahun lalu.

Perjalanan Johny Wuss dan Mas Sugeng dilanjutkan dan jauh lebih dalam ke masa lalu, yakni sekitar 20.000 tahun SM (Sebelum Masehi). Johny Wuss pun keluar dari mesin waktu dan memberanikan diri berjalan keluar dengan hati- hati. Seketika itu Johny Wuss langsung dihadapan pada sosok yang mengerikan, yakni seekor serigala. Saat ini, anjing sudah berevolusi dari serigala yang kini telah punah.

Masa 300 Tahun Lalu

Kemudian, mesin waktu tadi membawa Johny dan Sugeng ke masa yang lebih dalam lagi, dan akhirnya sampai ke Afrika. Di sanalah Homo Sapiens seperti aku, kamu, dan mereka berdua, muncul sekitar 300 tahun lalu. Tumbuh mereka lebih kecil dari leluhurnya dan punya otak besar, rahang lebih ringan dan gigi lebih kecil. Namun sayangnya, Johny dan Sugeng tindak memiliki banyak waktu untuk berteman dengan manusia Sapiens kalau itu.

Masa 2 Juta Masa Lalu

Saat itulah, Johny dan Sugeng menemukan kelelawar pertama. Makhluk-makhkuk ini merupakan hewan misteri evolusi yang membuat para ilmuwan bingung. Jika spesimen pertama sudah muncul di masa 52 juta tahun lalu, lantas dari mana asalnya?
 
Masa 5 Juta Tahun Masa Lalu

Mereka berdua menemukan gajah berbulu dengan ukuran super besar. Ternyata itu merupakan mamout pertama yang ada di bumibumi, yakni Mamut Afrika Selatan. Mamut terakhir yang muncul adalah mamut berbulu, dengan ukuran setara dengan gajah moderen dan hidup berkisar 400 tahun lalu dia Asia Timur.

Saat Johny dan Sugeng kembali ke mesin waktunya, mereka melihat mamut lain yang tidak berbulu. Setelah didekati, ternyata itu bukan mamut, melainkan nenek moyang gajah modern pertama yang juga berevolusi sekitar 7 juta sampai 5 juta tahun lalu. Artinya, gajah dan mamut berkeliaran di bumi sama-sama.

20 Juta Masa Lalu

Saat itu, mereka berdua melihat kenampakan burung unta pertama. Burung terbesar yang masih hidup sampai sekarang dengan ukuran bola matanya lebih besar dari ukuran otaknya ini pertama kali muncul di Afrika.

Masa 50 Juta Tahun Lalu

Mereka berdua melihat seekor ayam, atau bisa dibilang ini merupakan kenampakan seekor burung yang mirip ayam moderen. Burung ini ternyata punya banyak leluhur yang mayoritas berasal dari Asia Tenggara. Empat unggas liat, termasuk di dalam genus ayam. Tetapi burung ini baru saja dijinakkan sekitar 8.000 sampai 10.000 tahun lalu.

Sebelum Johny dan Sugeng naik menjadi mesin waktu, mereka melihat binatang seukuran tikus. Ternyata hewan itu merupakan primata pertama. Para ilmuwan saat ini berhasil mengetahui, bahwa hewan ini termasuk keluarga primata hanya berkat gigi-giginya. Meski begitu, para ilmuwan masih kesulitan menentukan hewan 50 juta tahun ini ke primata moderen.

Masa 50 juta tahun lalu ternyata waktu yang aneh. Mereka berdua memperhatikan binatang yang seukuran anjing yang mirip kuda. Kuda pertama adalah makhluk mungil yang hidup di hutan.

Masa 100 Juta Tahun Lalu Sebelum Masehi

Saat mesin waktu berhenti di 100 juta Tahun SM, Johny dan Sugeng ketakutan setengaj mati. Beberapa meter darinya terdapat buaya raksasa. Buaya inilah yang disebut Super Croc dengan panjang 12 meter dan beratnya hampir 10 ton. Di masa ini, buaya telah berevolusi menyerupai buaya moderen kurang lebih 100 juta tahun. Itu sebabnya, bentuk Super Croc mudah dikenali karena ukurannya 2x lebih besar dibandingkan dengan hewan saat ini.

Loading...

Masa 125 Juta Tahun Lalu

Di masa itu, mereka berdua hampir saja digigit lebah pertama. Lebah ini baru saja berevolusi dari Tawon karnivora.

Masa 130 Juta Tahun Lalu

Sampai di masa 130 juta tahun lalu, Johny dan Sugeng menghirup wewangian tanaman berbunga pertama. Itu artinya, bunga moderen sudah ada lumayan lama. Tetapi, jika riwayat bunga dipadatkan menjadi 1 jam, tanaman berbunga baru muncul selama 1,5 menit terakhir.

Masa 200 Juta Tahun Lalu

Di masa itu, mereka berdua mengagumi pemandangan di sekitarnya. Hanya saja, mereka berdua terganggu oleh suara sayup-sayup si telinganya. Ternyata suara tadi berasal dari nyamuk pertama. Para ilmuwan menghubungkannya dengan nyamuk moderen dengan spesies nyamuk yang hidup di 226 juta tahun lalu. Mereka terlihat hampir mirip dengan sebagian besar 3.500 spesies nyamuk yang ada saat ini.

Masa 300 Juta Tahun Lalu

Mereka terperangah saat melihat langit sangat ada sesuatu yang bergerak melintas di atas matanya. Makhluk itu terlihat mirip capung dengan lebar sayapnya lebih dari 60 cm. Para ilmuwan menduga, dahulu, Capung bisa tumbuh sebesar ini karena kandungan Oksigen yang tinggi di masa itu.

Masa 315 Juta SM Tahun Lalu

Saat turun dari mesin waktu, mereka berdua melihat hewan reptil pertama. Cangkang telur mereka telah mengeras dan tidak harus disimpan dalam air. Selain itu, tubuh reptil ini tidak harus dalam keadaan basah. Sehingga, hewan ini akhirnya bisa menjauh dari danau dan sungai.

Masa 370 Juta Tahun SM

Mereka menemukan pohon pertama yang akan memenuhi planet ini. Pepohonan ini kebanyakan tumbuh di rawa-rawa. Di masa ini, tanaman telah mengembangkan jaringan khusus dan telah memproduksi kayu yang berubah menjadi pohon. Namun, hanya pohon Pakis yang mampu bertahan di zaman kuno itu. Pohon Pakis ini tumbuh di hutan hujan tropis Australia, Selandia baru dan sekitarnya.

Hanya dengan melompat lebih dalam ke 10 juta tahun lalu, Johny dan Sugeng melihat tumbuhan Pakis mula-mula. Tanaman ini sudah ada sejak 380 juta tahun lalu. Tetapi beberapa ilmuwan meyakini, kini umur Pakis mungkin jauh lebih tua dengan Pakis pertama yang sudah mulai berevolusi sejak 430 juta tahun lalu. Bagaimanapun, kini, Pakis kalau itu sudah punah.

Ngomong-ngomong, nenek moyang beberapa Pakis moderen bisa tumbuh seukuran pohon.

Masa 400 Juta Tahun Lalu

Saat itu, ketika turun di dekat genangan air besar, mungkin adalah lautan. Mereka berdua melihat ke arah air dengan wajah tercengang karena melihat sosok ikan. Apakah itu hiu, gumam mereka berdua. Jika memang demikian, itu artinya umur hiu lebih tua daripada pohon. Tapi, bagaimana Johny bisa mengenali hewan itu? Lebih dari 355 juta tahun SM, hiu lebih mirip belut besar daripada predator besar berbentuk terpedo.

Berkisar 100 juta tahun lalu, barulah hiu itu terlihat sebagai hiu moderen dengan gigi yang sudah berkembang sempurna, serta dengan berbagai ukuran dan bentuk.

Akhirnya Johny dan Sugeng memutuskan untuk tidak berpindah tempat, namun hanya menuju waktu 35 juta tahun sebelumnya.

Saay berjalan menuju pantai, ia melihat hewan kecilkecil. Setelah melihat lebih dekat, ia menyadari bahwa itu adalah bintang laut mungil, dengan ukuran lebih kecil dari ibu jarinya. Spesies ini sudah tidak ada di kita. Bintang laut yang lebih besar dan kuat, telah menggantikan spesies yang kecil.

Masa 500 juta Tahun SM

Mereka berdua tampaknya masih berada di perairan. Saat berjongkok, mereka melihat makhluk semi transparan. Makhluk ini bertentakel dengan bentuk lonceng unik. Ini adalah salah satu ubur-ubur pertama. Johny berjanji pada dirinya sendiri, bahwa ini adalah tempat terakhir yang akan ia kunjungi. Mas Sugeng pun mengikuti keinginan kakaknya, yakni ke waktu 600 juta tahun SM.

Waktu 600 Juta Tahun SM

Memilih masa ini adalah ide yang bagus karena mereka berdua bisa melihat jamur pertama. Jamur-jamur ini hidup di air dan baru pindah ke daratan setelah 140 juta tahun kemudian. Pada 250 juta tahun SM, jamur telah menjadi makhluk hidup utama di bumi. Anehnya, temuan-temuan terbaru menyatakan bahwa para ilmuwan meyakini, bahwa jamur awal-awal telah berevolusi lebih dari 1 miliar tahun lalu.

Hampir sampai ke waktu 1 Miliar tahun lalu, Johny dan Sugeng memutuskan sudah cukup melihat kenampakan makhkuk di bumi ini. Mereka berdua memutuskan untuk pulang. Tapi, mesin waktunya tidak berfungsi. Dengan panik, Johny dan Sugeng menekan-nekan semua tombol. Awalnya beberapa sekaligus, dan kemudian satu-persatu. Namun sayangnya, semua usahanya sia-sia. Akhirnya, mereka berdua berhasil mengkombinasikan beberapa tombol, sampai akhirnya mereka menghilang dan kembali ke masa kita.

Demikian sekilas informasi mengenai Lebih Tua Homo Sapiens atau Manusia? Makhluk Hidup Tertua. Jika kamu merasa mendapatkan ilmu dari tulisan ini, silakan share ke teman-temanmu di media sosial ya. Semoga bermanfaat, salam.

Advertisements
Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *