Ceriwit

Media Informasi Fenomena Sains Sehari-hari yang Jarang Kita Ketahui, SEO Blog, dan Template Blogger

Definisi Gerak Melingkar – Pelajaran Fisika SMA Kur 2013 Revisi Terbaru

Advertisements
Loading...
Definisi Gerak Melingkar – Pelajaran Fisika SMA Kur 2013 Revisi Terbaru

Definisi Gerak Melingkar - Pelajaran Fisika SMA Kur 2013 Revisi Terbaru
Ilustrai Gerak Melingkar (Sumber: suarabali.com)

Sebuah partikel selain dapat bergerak lurus juga dapat bergerak melingkar. Kita sering melihat gerak melingkar, contoh gerak-gerak melingkar misalnya gerak roda, mobil bergerak menikung pada belokan, gerak bumi mengelilingi matahari, bulan melingkar mengelilingi matahari, dan sebagainya.

Pengertian Gerak Melingkar dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Gerak Melingkar dengan Kelajuan Konstan dan Jari-Jari Konstan 

Mari kita tinjau sebuah partikel bergerak melingkar dengan kelajuan konstan, dengan demikian besar percepatannya nol. Benarkah percepatannya nol? Lihatlah partikel yang bergerak melingkar dengan jari-jari R dengan kelajuan konstan. Sebuah partikel yang bergerak dengan kelajuan konstan mempunyai arah partikel selalu berubah mengikuti arah lintasan partikel, ini berarti, kecepatan partikel tidak konstan meskipun kelajuan partikel konstan. Kecepatan partikel yang tidak konstan memiliki percepatan. Percepatan yang dialami partikel tidak mengubah kelajuan partikel tetapi mengubah arah gerak partikel.

Ke manakah arah dan besar percepatan tersebut? Lihatlah Gambar (1.6) agar partikel tetap bergerak melingkar dengan kelajuan konstan, percepatan partikel harus berarah tegak lurus lintasan partikel atau menuju pusat lingkaran. Besar percepatan yang harus dikerahkan agar partikel tetap melingkar adalah:

Besar percepatan yang harus dikerahkan agar partikel tetap melingkar

Gambar di bawah ini menunjukkan sebuah partikel bergerak melingkar dengan jari-jari konstan dan kelajuan konstan. Bila tidak ada percepatan a yang menuju arah radial partikel akan bergerak lurus dengan kecepatan v. Percepatan yang diperlukan agar partikel bergerak melingkar dengan percepatan konstan

Loading...
Partikel bergerak melingkar dengan jari-jari konstan dan kelajuan konstan

Arah percepatan ke arah pusat atau ke arah radial. Percepatan tersebut disebut percepatan sentripetal. Partikel yang bergerak melingkar memiliki percepatan sentripetal dan percepatan tangensial. Jika partikel tersebut bergerak melingkar dengan jari-jari konstan dan kelajuan konstan, maka partikel tersebut hanya memiliki percepatan ke arah radial saja, percepatan ke arah tangensial adalah 0. Arah tangensial adalah arah yang tegak lurus dengan arah radial atau arah putaran mengelilingi lingkaran. Apabila partikel bergerak dengan kelajuan konstan maka partikel hanya memiliki percepatan sentripetal.

2. Gerak Melingkar dengan Jari-Jari Konstan

Mari kita tinjau sebuah partikel yang bergerak melingkar dengan jari-jari konstan. Apabila mula-mula partikel berada pada titik Po, maka setelah dt detik posisi Po bergeser ke P’. Sudut yang ditempuh partikel adalah dT disebut sebagai perpindahan sudut. Ukuran sudut apabila dinyatakan dalam radian adalah panjang busur ds dibagi dengan r.

Ukuran sudut apabila dinyatakan dalam radian

Bila partikel melakukan 1 putaran penuh maka perpindahan sudutnya 360°, sedangkan panjang busur yang ditempuh adalah keliling lingkaran. Kita bisa mendapatkan:

Pada gerak melingkar kita akan mengenal kecepatan sudut dan percepatan sudut. Untuk partikel yang bergerak melingkar kecepatan partikel terhadap waktu partikel adalah:

kecepatan sudut dan percepatan sudut

Besar kecepatan sudut disebut kelajuan sudut. Biasanya kecepatan sudut bernilai positif jika rotasi berlawanan dengan arah jarum jam dan bernilai negatif jika searah dengan jarum jam. Satuan kecepatan sudut adalah radian/det. Hubungan antara kecepatan sudut dan kecepatan linear adalah sebagai berikut:

Hubungan antara kecepatan sudut dan kecepatan linear

Sekarang kita mendapatkan hubungan antara percepatan sudut dan percepatan tangensial.

Advertisements
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: