Nasib Pesawat Setelah Pensiun – Sungguh Tega!

Advertisements
Loading...
Nasib Pesawat Setelah Pensiun - Sungguh Tega!

Nasib Pesawat Setelah Pensiun– Apa kamu pikir, dengan menaiki pesawat terbaru, penerbanganmu akan aman? Tidak juga. Pesawat terbang moderen sangatlah kuat. Misalkan saja, salah satu pesawat komersial tertua, Boeing 737-200 yang pertama kali terbang 40 tahun yang lalu, masih terbang rutin hingga kini. Sehari saja, bisa sampai 4 kali menjalani penerbangan hingga kini. Pertanyaannya, lalu bagaimana dengan pesawat yang sudah pensiun?

Pertanyaan ini mungkin bagi kamu tidaklah terpikirkan. Bisa karena memang tidak tau, atau karena memang menganggap hal itu sederhana saja?

Perlu kamu tau. Bagi pesawat yang sudah pensiun karena sudah usang, atau memang tidak laik terbang, perlakuannya ada beberapa pilihan. Salah satu pilihan paling umum adalah ya disimpan saja. Yah, disimpan saja. Misalkan saja kamu mau membuatmu museum pesawat terbang dengan nama “Simpan Saja”, silakan, hehe.

Tempat Ideal Pesawat setelah Sudah Tidak Digunakan

Tempat paling ideal untuk menyimpan pesawat adalah di gurun pasir dengan iklim kering. Alasannya sederhana, di tempat seperti itu, pesawat tidak akan mudah berkarat. Tak boleh ada pasir dan garam di udara.

Tempat ini juga harus memiliki space ruang kosong yang sangat luas. Untuk membuat tempat parkir pesawat, landasan pacu yang panjang, dan infrastruktur untuk menyervis, memperbaiki atau membongkar pesawat.

Model tempat seperti ini, salah satunya terdapat di barat daya Amerika Serikat, California, Arizona, dan New Mexico. Di Indonesia, salah satu tempat yang sesuai dengan kriteria di atas adalah bandara internasional Sukarno Hatta, di Tangerang, Banten.

Pada tahun 2013, bandara Teruel dibuka di dekat kota Teruel, letaknya berketinggian 1 km dengan iklim setengah kering, kombinasinya sempurna untuk menyimpan pesawat.Sudah ada lebih dari 100 pesawat yang disimpan di sana. Dan bandara ini terus diperluas agar bisa menampung pesawat dengan jumlah 2x lipatnya.

Bandara Teruel tidak melayani penerbangan reguler, namun saat ini sebagai bandara tempat menyimpan pesawat terbesar di Eropa. Jadi, bagaimana selanjutnya terhadap pesawat yang sudah disimpan itu?

Loading...

Sebagian disimpan sebentar-sebentar sampai hak miliknya berpindah ke pemilik lain, dan terkadang masa tunggunya terlalu lama. Pesawat lainnya diperbaiki, dan sebagian lainnya menjadikan bandara ini sebagai tempat terakhirnya. Semuanya melalui tahap itu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, dan selama itu, pesawat akan dibongkar menjadi bagian kecil-kecil. Dan bagian lainnya akan diproses lebih lanjut. Sisa pesawat tua yang tidak diproses akan tetap berada di kuburan pesawat, seperti kuburan pesawat Davis Monthan, di Arizona.

Selain pesawat komersial, terdapat sekitar 4.400 kendaraan lainnya di sini, termasuk 40 pesawat ulang alik. Mungkin tempat ini adalah kuburan pesawat terbesar di dunia. Kira-kira, kalau Zombie pesawat muncul di sini, wujudnya seperti apa ya? Hehe

Pesawat bukan sekedar hasil dari para insinyur sebagai alat transportasi dan barang. Benda ini merupakan susunan dan material berguna yang bisa dimanfaatkan dengan berbagai cara, selain digunakan sebagai pesawat aktif yang sudah tidak digunakan lagi.

Saat pemilik pesawat sudah memutuskan untuk tidak menggunakan pesawatnya lagi, sebisa mungkin mereka akan memeriksa dan mengambil bagian pesawat yang masih bisa digunakan lagi, mulai dari mesin, peralatan khusus penerbangan, elemen-elemen sistem bahan bakar, rem, sampai bagian terpisah dari badan pesawat itu. Dari beberapa keterangan ahli, sebanyak 95% dari bagian pesawat yang telah pensiun, masih bisa digunakan kembali.

Terkadang, berberapa elemen pesawat yang sudah tidak didaur ulang, melainkan diberikan kepada seseorang yang mungkin saja tertarik. Misalnya saja bagian kockpit akan bisa digunakan kembali untuk melatih pilot; lalu bagian kabin penumpang yang bisa digunakan untuk melatih pramugari dan pramugara, Damkar, serta Laksamana penerbangan.

Saat ini, sudah ada perusahaan khusus yang bertugas dan bertanggungjawab di bidang membongkar dan memasang pesawat. Mereka juga akan merawat dan memperbaikinya.

Demikian sekilas informasi mengenai Nasib Pesawat Setelah Pensiun – Sungguh Tega!. Jika kamu merasa mendapatkan manfaat dari artikel ini, silakan share ke teman kamu ya. Semoga bermanfaat, salam.

Advertisements
Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *