Kenapa Pintu Toilet Umum Tidak Menyentuh Lantai?

Loading...
Kenapa Pintu Toilet Umum Tidak Menyentuh Lantai?

Kalau kamu mendengar kata toilet umun, sebenarnya apa yang terlintas di dalam benakmu? Pernahkah kamu berangan-angan, kenapa bentuk toilet duduk seperti itu? Siapa sih orang yang pertama kali menuangkan ide adanya toilet duduk?

Nah, dalam artikel kali ini akan sahabat Ceriwit bahas beberapa hal yang ada kaitannya dengan toilet umum.

Sesuai dengan judul artikel ini, kenapa pintu toilet umum tidak menyentuh lantai?

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Listrik Mati 1 Tahun?

Kenapa Pintu Toilet Umum Tidak Menyentuh Lantai?

Sejatinya ada alasan khusus kenapa bilik pintu toilet umum tidak menyentuh lantai (sampai bawah). Jawaban kami ini ssbagian sudah jelas dan logis adanya, namun untuk sebagiannya sesuai perspektif kamu sekalian. Mari kita cari tahu lebih banyak.
 

1. Alasan Keselamatan

Apabila di dalam sebuah toilet umum ada seseorang yang mengalami gangguan kesehatan, misalkan pingsan, atau terjadi stroke, maka tidak akan ada yang tau jika hal itu terjadi, karena pintu dalam keadaan tertutup sampai lantai.

Seperti yang kamu tahu, dalam kondisi darurat seperti ini setiap detik dan menitnya sangat penting.

Berbeda cerita manakala pintu toilet tidak sampai menyentuh lantai. Itu artinya, masih ada celah antara pintu terhadap lantai, maka pengunjung lain akan langsung mengetahui jika ada orang yang pingsan dan bisa segera memberikan pertolongan.

Advertisements
Loading...

Dikarenakan desain pintu toiletnya sudah demikian, maka untuk bisa menolong orang yang pingsan di dalam toilet tadi, pintu toiletnya tidak perlu didobrak. Karena petugas medis bisa masuk pada celah tersebut, dan lekas membuka kunci lintunya dari dalam.

Celah yang ada di bawah pintu akan membantu pengunjung lain apakah ada seseorang di dalam toilet atau tidak agar mereka tidak salah masuk toilet. Sederhana saja, jika pengunjung lain melihat kaki di dalam toilet, maka bisa dipastikan bahwa toilet tersebut ada isinya. Informasi ini akan sangat membantu bagi pengunjung lain yang sudah “kebelet”. Jika yang terlihat sebaliknya, maka pengunjung akan lekas mencari toilet lain, atau setidaknya antre.

#2. Mengurangi Antrean yang Tak Perlu

Selain permasalahan tadi, desain pintu toilet umum tidak menyentuh lantai akan sangat membantu agar tidak terjadi antrean yang tidak perlu. Setiap pengunjung akan bisa mengira-ngira waktu antrean, sehingga ia akan memutuskan untuk tetap menunggu, atau segera mencari toilet umum lain.

#3. Menghindari Bau yang “Tak Sedap”

Alasan lain pintu toilet umum tidak tertutup rapat sampai ke lantai adalah masalah ventilasi dan sirkulasi udara. Apabila desain pintunya tertutup rapat, cenderung akan menimbulkan rasa mual yang luar biasa, pengap, dan gerah dikarenakan baunya yang sulit hilang. Saya kira, kamu juga faham, bahwa tidak semua orang mau memperhatikan kebersihan toilet umum selepas mereka menggunakannya. Sementara, ventilasi yang lebih baik akan membuat kamu lebih nyaman di dalam toilet.

#4. Lebih Hemat

Alasan umum yang jelas lebih bisa difahami alasan kenapa pintu toilet umum tidak menyentuh lantai adalah karena alasan pembiayaan. Dengan adanya pengurangan bahan beberapa cm pada setiap pintu bilik toilet, akan dapat mengurangi pembiayaan bahan dasar pada pintu yang akan digunakan. Kamu bisa mengkalkulasikannya kok. Kamu juga tahu, biasanya di tempat umum juga tidak hanya terdiri dari 1 (satu) toilet saja, namun ada beberapa. 

Demikian sekilas informasi mengenai Kenapa Pintu Toilet Umum Tidak Menyentuh Lantai?. Jika kamu merasa mendapatkan ilmu dari artikel ini, silakan share pada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat, salam.

Advertisements
Loading...
Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *