Jangan Tidur dengan Rambut Dikuncir. Inilah Alasannya!

Advertisements
Loading...
Jangan Tidur dengan Rambut Dikuncir. Inilah Alasannya!

Membenamkan diri ke tempat tidur setelah melewati hari yang melelahkan memang sangat nyaman. Sebelum menjalani rutinitas tidur yang menyenangkan, kamu biasanya mempunyai aktifitas rutin lainnya, seperti menguncir rambut kalau rambutmu panjang. Ternyata oh ternyata, kebiasaan ini (menguncir rambut) lebih banyak mendatangkan bahaya daripada manfaatnya.

Apa alasannya?

Baca juga: Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Rebahan

Alasan Jangan Tidur dengan Menguncir Rambut

Kamu yang berambut panjang mungkin beranggapan jika tidru dengan adanya kuncir “ekor kuda” akan bisa mencegah rambut kusut dan rusak. Ternyata, kebiasaan ini dapat memicu rambutmu rontok, yang bahkan bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang disebut “kerontokan bertahap”. 
Gejala ketontokan bertahap ini ditandai dengan adanya benjolan kecil di kulit kepala yang terlihat seperti jerawat. Jika kamu tetap tidur dengan rambut dikuncir ketat bisa saja saat bangun, rambutmu akan semakin banyak yang rontok di atas bantal. Selain itu, penderita kondisi ini bisa mengalami gatal-gatal, kulit kepala kemerahan dan mengelupas. 
Namun, kamu tidak perlu khawatir, hal itu tidak akan terjadi lagi jika kamu berhenti mengunir rambutmu saat tidur, dan bersabarlah menunggu rambutmu tumbuh lagi. Namun ingat, ini tidak hanya berlaku untuk model kuncir ekor kuda, namun berlaku bagi mode lain, seperti kuncir gelung, kepang ketat, serta roll juga dapat membahayakan rambutmu. Jadi, sebaiknya geraikan saja rambutmu saat malam hari ketika akan tidur. 
Sejatinya, di malam hari rambutmua juga memerlukan istirahat, karena di siang harinya kamu sudah banyak menatanya dengan berbagai macam mode kuncir (kecuali cowok lo ya, hehe). Jika kamu merasa kurang nyaman karena wajahmua tertutupi rambut saat tidur, coba saja tutupi kepalamu dengan shall sutera, satin tipis atau topi tidur. Jika memang tidak ada semuanya, cukup pakai handuk tipis juga tidak masalah. Dengan begitu, rambutmupun tidak akan kusut atau patah saat kamu membolak-balikkan badan di tempat tidur. 
Tetapi, tidur dengan rambut dikuncir ekor kuda bukan satu-satunya kebiasaan umum yang berdampak negatif pada tubuh dan tidurmu. Nah, itulah beberapa bahaya jika menuncir rambut saat tidur. 
Sejatinya juga ada banyak hal yang kelihatannya sepele tetapi selalu kita lakukan tanpa menyadari dampaknya terhadap kesehatan. Dan dalam kesempatan ini, mari kita coba bahas setu persatu daftar kebiasaan buruk saat mau tidur.
#1. Tidur saat Perut Lapar
Jika dalam menjalankan program menurunkan berat badanmu, misalkan saja kamu tidak makan dalam kurun waktu tertentu sejatinya kamu sedang menyiksa diri. Perlu sahabat Ceriwit ketahui, bahwa tidur dengan perut kenyang memang kurang baik, begitu pula sebaliknya. Mengkonsumsi serat dan protein sebelum tidur, akan memicu metabolisme yang diperlukan untuk mempertahankan berat badan seimbang. 
Selain itu, jika tubuh tidak mendapatkan energi sebelum beristirahat maka kadar insulin akan turun, dan ternyata efeknya bisa fatal bagi penderita diabetes. Orang biasapun, juga bisa mengalami pening atau sakit kepala saat bangun.
#2. Tidur Tengkurap
Kalau boleh tau, apa posisi tidur kesukaanmu? Beri tahu di kolom komentar ya…. Tapi, jika jawabannya adalah tengkurap, maka kamu perlu tahu informasi ini…
Sejatinya, tengkurap merupakan posisi tidur terburuk karena mampu meningkatkan ketegangan syaraf pada tulang belakang dan punggung. Ototpun tidak beristirahat saat kamu tidur. Akibatnya, beberapa bagian tubuhmu akan terasa nyeri atau mati rasa saat bangun. Belum lagi, bisa saja terjadi masalah di lehermu, karena lehermu terpelintir sepanjang malam.
Jika berdasarkan saran dokter, sebaiknya kamu tidur dalam posisi terlentang atau miring.

Baca juga: 65 Fakta Unik Tubuhmu yang Kamu Belum Tahu

#3. Mengecek Media Sosial

Kebanyakan orang sudah tahu, bahwa membawa gawai saat tidur akan memperburuk kualitas istirahatmu. Hal ini dikarenakan cahaya biru yang dipancarkan ponselmu akan memperlambat produksi melatonin atau hormon tidur. Selain itu, menatap lauyar ponsel juga bisa membahayakan kesehatan kata. Cahaya biru bisa merusak sel-sel penangkap cahaya yang terdapat di retina.

Perlu kamu tahu, bahwa mata akan bekerja menegang jika dalam keadaan gelap, dan saya meyakini kalau kamu sering kali melakukan kebiasaan ini.Bahayanya adalah menyebabkan kehilangan penglihatan sebagian atau permanen.

#4. Berolah Raga

Jadwal yang padat dan tanggungjawab sehari-hari sering kali membuat waktumu terbatas. Sehingga kamu memilih berolah raga sesaat sebelum tidur. Meski kamu tetap berusaha menjaha tubuhmu tetap kuat dan langsing, namun siap-siap saja mengalami kegagalan. Latihan fisik yang berlebihan membuatmu lebih waspada dan terjaga sehingga menyebabkanmu sulit tidur. Jika tidurmu kurang berkualitas, pemroduksi hormon pembentuk otot akan menurun, bahkan massa otot akan berkurang. Jadi, jika kamu ingin tetap bugar sepagi mungkin.

#5. Tidak Melakukan Peregangan

Menguatkan latihan sebelum tidur bukan berarti kamu harus menghindari kegiatan fisik. Peregangan ringan justru dapat membantumu menghilangkan kram kaki. Kram otot ini bisa sangat menyakitkan  dan mengganggu.

Berdasarkan data, di Amerika Serikat saja, ada berkisar 60% orang dewasa yang mengalami kram kaki. Para ahli memang belum yakin dengan penyebab pastinya. Untuk mengurangi efek terjadinya kram, mereka menyarankan untuk melakukan peregangan otot secara teratur, jangan berlebihan.

Loading...
#6. Menaruh Segelas Air di Dekat Tempat Tidurmu
Kebanyakan dari kita melakukan ini dengan tujuan untuk berjaga-jaga kalau terbangun dalam keadaan haus. Sebagian orang lebih suka minum air sesaat setelah bangun tidur untuk memulai hari-harinya. Namun, membiarkan air semalaman bisa mengurangi rasanya karena Karbondioksisa mulai bercampur dengan air. Selain daripada itu, air yang dibiarkan tadi bisa dicampuri partikel debu atau dihinggapi serangga.

Walaupun demikian, itu semua mungkin saja tidak menimbulkan masalah kesehatan, namun alangkah lebih baik jika kamu meminum air bersih atau air kemasan saja.

#7. Tidur dengan Hewan Peliharaan

Mungkin menurutmu, kerugian dari kebiasaan ini adalah kamu harus berurusan dengan bulunya yang menempel di tempat tidur. Dan misalnya kamu rutin memeriksakan ke dokter hewan, resikomu tertular penyakit, akan berkurang. Kalau saja sistem kekebalan tubuhmu sedang menurun kamu akan lebih berpeluang tertular penyakit. Jadi, berbagi tempat tidur dengan hewan peliharaan sangat tidak dianjurkan, terutama bagi orang tua dan bagi pengidap penyakit diabetes.

Perlu kamu tahu, bahwa siklus tidur antara manusia dan hewan berbeda. Hewan peliharaan akan lebih terjaga di malam hari. Hal ini bisa saja membuatmu marah di pagi harinya. Parahnya lagi, jika hewan peliharaanmu malah menguasai tempat tidurmu. Jadi berabe kan sob, hehe.

#8. Tidur dengan Rambur Basah

Kamu mungkin tahu bahwa mitos tidur dengan rambut basah bisa menyebabkan sakit. Sebenarnya, kamu tidak akan terkena flu hanya dengan rambutmu basah saat tidur. Sejatinya, saat rambutmu basah saat tidur, konsi rambutmu sangan rapuh. Selain itu, saat kamu membolak-balikkan kepalamu di tempat tidur akan terjadi gesekan, sehingga rambut menjadi patah.

Perihal lainnya yang perlu kamu, bahwa kain pada bantal mampu menyerap air sekaligus minyak alami rambut. Akibatnya, ketika bangun tidur akan malah menjadi kusam dan kusut. Selain daripada itu, air dan suhu hangat pada bantal akan menjadi sarang bakteri yang sangat ideal. Hal inilah sejatinya yang bisa memicu jerawat.

Baca juga: Alasan Jantungmu Sebagai Mesin Terkuat Dunia

#9. Salah Pilih Sarung Bantal

Wajahmu lebih lama menempel pada sarung bantal dibandingkan dengan kain lain. Jadi, jika wajahmu ingin selalu terlihat keren, pakailah kain sarung bantal sutera. Sutera punya sifat alami anti alergi, serta tahan terhadap jamur, cendawan dan tungau debu. Kain sutera ini juga membantu sirkulasi kelembaban alami kulit. Perlu diketahui, bahwa proses pembuatan kain sutera ini menggunakan bahan campuran kimia lebih sedikit dibandingkan dengan proses pembuatan kain lainnya. Sehingga, wajahmu akan terlindung dari paparan bahan kimia, dan teksturnya yang halus membantu mencegah wajahmu keriput.

Demikian sekilas informasi mengenai Jangan Tidur dengan Rambut Dikuncir. Inilah Alasannya!. Jika kamu merasa mendapatkan ilmu dari artikel ini, silakan share pada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat, salam.

Advertisements
Loading...
Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *