Fakta Ponsel Pintar yang Jarang Diketahui Anak Zaman Now

Advertisements
Loading...
Fakta Ponsel Pintar yang Jarang Diketahui Anak Zaman Now

Fakta Ponsel Pintar yang Jarang Diketahui – Dalam perkembangan dunia teknologi informasi seperti saat sekarang ini, segala kebutuhan umat manusia sudah mulai dikendalikan melalui ponsel pintar, atau sering kita sebut sebagai smart phone. Ponsel pintar memang didesain dan di buat guna memudahkan berbagai urusan manusia zaman now. Namun demikian, tahukah kamu tentang fakta ponsel pintar yang jarang diketahui anak zaman now sekarang ini?

Sudahkah kamu tahu fitur tersemunyi di dalam ponsel pintarmu? Kira-kira apa fungsi dan kegunaannya?

Baca juga: Alasan jangan cas ponselmu sampai 100%

Fakta Ponsel Pintar yang Jarang Diketahui

Ada tau kenapa suara di Google Map menggunakan suara wanita?

Beberapa perusahaan besar telah meneliti persepsi manusia terhadap suara yang digunakan di AI (Artifisial Intelegence). Mereka mengadakan diskusi fokus group pada pria dan wanita dengan memperdengarkan suara pria dan wanita. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka hampir selalu memilih suara wanita. Namun, bukan sembarang suara wanita lo ya, yang kita dengar di ponselmu.

Adapun suara yang dipilih adalah suara dengan karakter netral, tidak membingungkan dan merepresentasikan ciri khas pada merek ponsel tertentu. Karena itulah, pengembang ponsel pintar mencoba membuat aksen, intonasi dan suara yang unik.

Kenapa ponsel bisa bergetar?

Kenapa ponsel bergetar

Ponsel pintar bergetar bukan karena kedinginan lo ya sob, hehe. Perlu kamu ketahui, bahwa setiap ponsel mempunyai motor kecil di bagian dalamnya, kira-kira seukuran uang koin Rp.100,-. Ada juga motor tersebut berbentuk memanjang seperti korek api. Saat menerima sinyal khusus, motor di dalam ponsel ini memanfaatkan medan magnet dan medan listrik (gelombang elektromagnetik) untuk bergerak dalam kecepatan tinggi, sehingga timbulah getaran.

Motor getar pertama kali digunakan secara luas pada sikat gigi elektrik di Swiss pada tahun 1950an. Dan, beberapa dekade kemudian teknologi ini bisa diterapkan pada ponsel.

Bagaimana cara kerja pengenal suara?

Cara kerja pengenal suara pada ponsel sejatinya sangat mirip dengan model sistem pendengaran manusia. Hanya saja, bunyi yang terdeteksi diproses dan dianalisis oleh telinga buatan. Ada yang sudah tau apa nama alat itu? Silakan tuliskan di kolom komentar ya..

Sejatinya, ponselmu tidak benar-benar mengenali suara manusia. 

Saat bunyi merambat melalui mikrophone, ponselmu akan mengubahnya menjadi gelombang digital. Bentuk setiap gelombangnya akan unik seperti sidik jari manusia. Jadi, tidak seperti gelombang audio yang dihasilkan dari suara nafas, klalson mobil dan suara lain yang mungkin akan ditangkap ponsel. Dengan begini, ponselmu akan mudah mengenali gelombang yang dihasilkan oleh bunyi dan cuma merespon bunyi tersebut.

Kenapa kita sebaiknya tidak mengecas sampai penuh dan segera mencabutnya?

Sejatinya, baterai ponsel sama halnya dengan otot di tubuh kita. Lebih baik tidak memaksakan latihan yang terlalu berat daripada kelelahan akibat terlalu lama nge Gym.

Sebenarnya, tidak ada salahnya juga sih kita mengecas ponsel sampai penuh, namun sebaiknya dalam intensitas yang tidak terlalu sering. Misalnya sebulan sekali saja mengecas ponsel pintarmu sampai penuh.
Kalau sampai keseringan, maka bateraimua kemungkinan hanya akan mampu melalui kisaran 600x pengecasan total. Sebaiknya, agar ponselmu menjadi lebih awet, silakan cas ponselmu secara rutin dengan durasi sebentar saja. Kalau kamu melepas kabel chargernya saat dayanya 60% lalu kamu cas lagi di mobil atau cafe selalam beberapa menit, baterai ponsel pintarmu bisa mencapai 1.500 siklus pengecasan total. Ndak percaya? Silakan praktekkan dan tuliskan hasilnya di kolom koentar ya.. Selain itu, selalu jaga daya baterai ponselmu di kisaran angka 40-80% ya.

Apa pengaruh ponsel pada mata kita?

Pada kenyataanya semua ponsel akan memancarkan sinar biru yang bisa membuat matamu menjadi sakit. Di dalam mata kita terdapat foto reseptor. Sel khusus ini berfungsi menangkap bayangan objek lalu akan meneruskannya ke otak. Saat cahaya sinar biru ponsel melewati matamu akan terjadi reaksi kimia yang akan mampu merusak retina dan mata kita.

Selai itu, cahaya biru akan menghambat produksi melatonin atau hormon tidur. Apabila tubuh tidak menghasilkan melatonin, dampaknya kamu akan sulit tidur. Nah, maka melakukan aktifitas mengecek sosial media sebelum tidur bisa membahayakan tubuh kita. Lelah sob, hehe.

Loading...

Bagaimana wallpaper ponsel bisa menghemat baterai?

Beberapa ponsel biasanya mempunyai layar khusus berjenis Amoled atau Oled. Dan kerennya, kedua jenis layar ini bisa menghemat daya baterai ponsel pintarmu sob.. Displaynya cuma memancarkan cahaya saat ada arus listrik yang melewatinya.

Nah, kalau warnanya hitam, maka cahayanya tidak akan terpancar. Kesimpulannya, kalau kamu memasanag wallpaper hitam pekat pada ponsel pintarmu dengan layar Amoled atau Oled, arus listrik yang melewatinya cuma sedikit. Cahanya mungkin hanya akan berasal dari ikon kecil sebagai simbol di layarmu, misalkan simbol persentase baterai. Endingnya, daya bateraimu bisa awet.

Baca juga: 15 Tips merawat ponselmu agar lebih awet

Apa yang dimaksud dengnan sindrom phantom vibrations?

Perlu kamu tahu, bahwa kira-kira 90% pengguna ponsel pernah mengalai sindrom phantom vibrations. Rasanya, seolah-olah ponsel kita bergetar, dan secara refleks tanganpun akan segera merogoh saku, dan nyatanya ponselmu tidak berdering atau mendapatkan notifikasi apapun. Parahnya, perasaan itu muncul pada ponselmu tidak ada di saku.

Karena sudah ada pardigma bahwa ponsel akan selalu ada di sakumu. Gerak refleks inilah yang seringkali dinamakan sebagai sindrom phantom vibrations. Kita akan selalu refleks setiap kali merasakan getaran. Padahal, bisa saja getaran itu cuma hasil dari gesekan antara pakaian, atau kontraksi otot. Namun, lagi-lagi otak kita sudah mengira bahwa gertaran itu adalah adanya nitifikasi atau panggilan telepon.

Kenapa dulu tidak boleh menyalakan ponsel di pesawat?

Saat ponsel baru mulai dipasarkan, publik menilai bahwa ponsel bisa berbahaya bagi penerbangan. Para ahli khawatir jika signal radio pada ponsel bisa mengganggu peralatan elektronik di pesawat. Walau sampai saat ini tidak ada yang tahu dengan pasti kalau hal itu bisa benar-benar terjadi di pesawat. Dan supaya aman, semua ponsel moderen seperti yang kamu pakai saat ini sudah dilengkapi dengan “mode pesawat/airplane mode”.

Kenapa maskapai penerbangan belum menyarankan untuk menggunakan ponsel?

Terkadang, masih ada juga larangan penggunaan ponsel di pesawat. Tujuannya agar penumpang selalu fokus, siap dalam menghadapi berbagai situasi mendadak. Jika saja perhatiannya terpecah pada layar ponsel dengan berbagai macam hiburannya (menonton film, main PUPB, Mobile Legend atau semacamnya), bisa-bisa mereka melewati instruksi keselamatan penerbangan yang penting.

Fakta Lain Seputar Ponsel Pintar (Smartphone)

Apakah ponsel pintramu bisa meledak?

Sejatinya, adanya peristiwa meledaknya ponsel bukan karena ponselnya, melainkan baterainya saja yang “boom”, terutama baterai berjenis Lithium Ion. Sebagian besar gadget moderen masih menggunakan baterai jenis ini. Karena inilah, kita dilarang menaruh ponsel berbahan batu Lithium Ion di dalam bagasi terdaftar di dalam pesawat, bahkan beberapa di antaranya tidak diperbolehkan di kabin pesawat.

Ada juga beberapa jenis power bank, tablet dan laptop berkualitas rendah yang juga bsia meledak. Oleh karena itulah, selalu belilah baterai dan pengecas yang original/asli untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Bagaimana caranya agar ponselmu tidak diretas oleh orang lain?

Salah satu cara mudah untuk menghindari peretasan terhadap smartphone mu adalah dengan tidak pernah mengkoneksikan ponselmu dengan wifi yang tidak diketahui. Silakan nyalakan bluetooth jika kamu memang benar-benar memerlukannya. Serta, jangan mengunduh aplikasi android/iOs yang tidak jelas keresmiannya. Satu hal lagi, jangan mudah mengiyakan/ijinkan sebuah aplikasi yang meminta akses terhadap data pribadimu (sure/email, dll). Bisa-bisa mereka akan dengan mudah meretas dan mengambil semua data pentingmu.

Parahnya, aktifitas peretasan ini semakin marak. Mereka bisa saja mengendalikan berbagai aktifitas ponselmu, mengambil data rahasia prbadimu, dan berbagai perihal lainnya.

Kesimpulan

Untuk melindungi ponselmu dari peretasan, silakan hapus semua aplikasi yang mencurigakan, dan ganti semua kata sandimu setidaknya sebulan sekali. Selain cara mudah di atas, kamu juga disarankan untuk memperbarui perangkat lunak atau aplikasi ponselmu secara teratur. Dan tentu saja minimalkan membuka tautan aneh via email.

Demikian sekilas informasi mengenai Fakta Ponsel Pintar yang Jarang Diketahui Anak Zaman Now. Semoga bermanfaat, Jika kamu mendapatkan manfaat dari artikel ini, silakan share ke teman-temanmu ya.

Advertisements
Loading...
Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *