Alasan Jangan Menyalakan HP di POM Bensin – Mitos atau Fakta?

Advertisements
Loading...
Alasan Jangan Menyalakan HP di POM Bensin (Mitos Ponsel Pintarmu)

Alasan Jangan Menyalakan HP di POM Bensin – Hai semuahya. Meski ponsel sudah mengalami perubahan semenjak tahun 1990an, berbagai mitos mengenai gadget tersebut masih sama. Misalkan saja semakin besar Megapixel sebuah ponsel, akan semakin baik gambar fotonya; makin redup layar ponsel akan semakin baik untuk mata; mengisi daya ponsel sepanjang malam akan merusak baterai; atau jangan gunakan ponselmu saat di POM Bensin karena akan menyebapkan kebakaran; dan berbagai pembahasan “mitos ponsel” lainnya.

Pertanyaannya, benarkah daftar pertanyaan umum yang sering kali muncul di benakmu semua? Mari kita bahas satu persatu.

Berbagai Mitos Smartphone Terheboh

Ada mitos berkepanjangan seputar ponsel pintar, atau lebih familiar disebut smartphone.

1. Ponsel Bisa Memicu Kebakaran di Pompa Bensin

Benarkah demikian?

Tidak diragukan lagi, bahwa bahan bakar akan mudah sekali terbakar apalagi disulut oleh percikan api. Percikan api ini bisa saja berasal dari pemantik atau dari listrik statis.

Berbicara listrik statis, silakan bernostalgia kembali mengingat masa SMA saat kamu belajar Fisika. Pastinya kamu akan mengingat apa itu elektron, proton san netron, atau sekedar gaya Coulomb antar dua buah muatan yang saling tarik menarik atau tolak menolak, yang besarnya akan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya. Namun, kali ini saya tidak akan membahasanya lebih jauh mengenai listrik statis.

Dari kedua alasan tersebut, tidak ada alasan pasti penyebap kebakaran di POM bensin adalah karena ponsel pintarmu. Satu-satunya alasan misalkan ponselmu dijadikan asumsi penyebab pemicu kebakaran di pompa pengisian bahan bakar adalah karena baterainya rusak dan menyebabkan api.

Namun, prediksi tersebut mempunyai kemungkinan sangat kecil. Secara fakta, saya belum pernah menemukan kejadian terbakarnya pompa pengisian bahan bakar karena aktifitas penggunakan ponsel pintar yang terkendali pernah terjadi.

Lalu kenapa penggunaan ponsel dilarang di Pompa Bensin?

Mungkin saja penggunaan ponsel bisa mengalihkan perhatian pengemudi, sehingga lalai saat melakukan pengisian bahan bakar. Sikap tidak perduli dan tidak memperhatikan saat pengisian bahan bakar bisa menyebankan kecelakaan serius. 

2. Mengisi Daya Ponsel Semalaman Bisa Merusak Perangkat Ponselmu

Sebenarnya sudah tahukah kamu alasan kenapa ponsel kamu dijuluki ponsel pintar (smartphone)?

Berkat pelindung yang tertanam di dalamnya ponsel sudah tahu kapan akan berhenti mengisi daya. Jika 10 (sepuluh) tahun lalu mengisi daya baterai terlalu lama memang bisa merusak baterai, maka untuk saat ini kamu tidak perlu khawatir hal seperti ini terjadi di ponsel pintarmu. Pasalnya semua perangkat teknologi di dalam smartphone sudah dirancang untuk mengantisipasi hal itu. Kecuali, kamu masih menggunakan ponsel jaman old, hehe.

Loading...

3. Jika ponsel terjatuh ke dalam air, segera masukkan ke dalam kantong beras

Banyak orang percaya bahwa padi-padian yang menyukai kelembaban akan menyerap air dari berbagai sudut dari celah ponsel yang basah. Namun masalahnya, beras tidak menyerap cairan (fluida) yang berada di dekatnya. Untuk menyerap air, butir-butir beras harus langsung bersentuhan dengan air. Bahkan yang lebih buruk, pati beras yang bercampur cairan akan menghasilkan pasta malah bisa menyumbat perangkat elektronik di dalam ponsel.

Hasil percobaan menunjukkan, setelah 48 jam beras ternyata hanya mampu menyerap 13% air pada ponsel. Saat kering sepenuhnya, karat sudah merusak perangkat elektronik di dalam ponselmu. Jadi, alih-alih kering ponselmu setelah terjatuh di dalam air dan kamu masukkan ke beras, malahan ponselmu akan menjadi “Shusi’, hehe.

4. Ponsel Bisa Memasak Telur

Wah wah, hebat benar ponselmu, bisa memasak telur dengan cepat, hehe.

Mitos ponsel bisa memasak telur ini populer karena adanya artikel viral di internet. Banyak orang percaya bahwa GEM (Gelombang Elektromagnetik) yang dikekuarkan ponsel sangat kuat, sampai-sampai kamu bisa merebus telur jika meletakkannya di antara dua buah perangkat.

Namun, sayang sekali para penggemar memasak dengan cara unik tersebut akan kecewa. Faktanya, gelombang radiasi elektromagnetik yang dihasilkan ponsemlu sangat kecil. Hingga, kamu membutuhkan 7.000 ponsel pintar untuk bisa merebus telur, dan bahkan jumlah ini peekiraan semata karena memang belum ada orang melakukannya.

Atau kamu mau mencoba mengumpulkan 7.000 ponsel pintar hanya untuk sekedar mencoba memasak telur? Silajan saja, hehe.

5. Ponsel Pintar Bisa Menghapus Magnet pada Kartu Kredit

“Jangan pernah meletakkan ponsel di dekat kartu kredit”, kata mereka.

Kamu mungkin seringkali mendengar nasehat atau saran dari orang lain tersebut. Pada dasarnya, gawai memang memiliki medan magnet, namun intensitasnya sangat lemah dan tidak akan berpengaruh terhadap kartu bank. Di sisi lain, magnet kulkas mungkin malah bisa merusak kartu kreditmu.

Demikian sekilas informasi mengenai berbagai mitos ponsel pintarmu (smartphone) yang sangat viral di media sosial.

Jika kamu merasa mendapatkan pengetahuan yang lebih dari informasi ini, silakan subscribe melalui email untuk mendapatkan artikel pengetahuan lainnya. Dan jangan lupa, share pada sahabat lain agar mereka juga mendapatkan pengetahuan lebih seperri kamu. Salam.

Advertisements
Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *