Alasan Jangan Cas Ponselmu Sampai 100%

Advertisements
Loading...
Alasan Jangan Cas Ponselmu Sampai 100%

Alasan Jangan Cas Ponselmu Sampai 100% – Saat ini, bisa dikatakan ponsel adalah bagian dari diri kita. Siapa sih yang tidak memegang ponsel? Mungkin hanya sepersekian saja yang tidak menggunakan ponsel. Nah, berbagai macam tips merawat ponsel agar awet menjadi sajian wajib yang seharusnya kita lakukan.

Meski ponsel menjadi barang ajaib yang bisa melakukan kebanyak hal untuk diri kita, namun tetap saja ada kelemahannya. Berikut ini ada beberapa saran, tips dan triks membuat awet ponselmu.

Baca juga: Penemuan teknologi sepeda terbaru yang mengagumkan

Alasan Jangan Cas Ponselmu Sampai 100%

Tips membuat ponselmu menjadi lebih awet ini bisa dikatakan lanjutan dari artikel sebelumnya. Jadi, kamu bisa membaca tuntas pada pembahasan sebelumnya guna mendapatkan tutorial lengkap mempunyai smartphone.
1. Singkirkan Aplikasi Lama
Sesekali, urutkan aplikasi ponselmu. Jika ada aplikasi android/iOs yang tidak terpakai lagi, silakan uninstall/hapuslah dari ponselmu. Hal ini akan meringankan dan membuat kinerja ponsel menjadi lebih efisien. Selain itu, yang kamu lakukan bisa mengdentifikasi berbagai aplikasi yang banyak memakan memori.
2. Gunakan Mode Daya Rendah
Fitur ini akan membuat daya ponsel menjadi terisi lebih cepat saat pengecasan. Namun, dampaknya adalah aplikasi ponselmu akan berjalan menjadi lebih lambat; bisa saja kamu berhenti mendapatkan pesan email, pembaruan otomatis, atau semua hal ekstra lainnya. 
3. Aktifkan Mode Pesawat
Jangan salah kira ya. Maksud saya adalah, apabila kamu berada pada daerah yang sudah signal, lebih kamu mengaktifkan mode pesawat di ponselmu. Pada dasarnya, ponselmu akan bekerja mencari signal menggunakan baterai. Hal ini akan terus dilakukan walaupun dalam kondisi susah signal. Hal inilah yang menyebabkan terkurasnya daya baterai ponselmu. 
Apabila kamu berencana pergi ke daerah tertentu dengan prediksi signal di kawasan tersebut buruk, silakan aktifkan mode pesawat untuk menghemat baterai ponselmu.
4. Jangan Menyimpan Ponsel di Saku
Jangan Menyimpan Ponsel di Saku

Memasukkan ponsel ke dalam saku adalah cara termudah yang sering kali kita lakukan. Namun tahukah kamu, bahwa sejatinya sakumu adalah tempat yang penuh dengan serat, debu dan kotoran kecil yang bisa masuk ke dalam port/lubang daya ponsel. Apabila hal ini terjadi dalam waktu yang lama, bisa jadi ponselmu tidak bisa dicas. Cara terbaik apabila tetap menaruh ponselmu ke dalam saku adalah dengan memberikan sarung ponsel dengan adanya penutup lubang pengisian daya.

5. Bersihkan Ponselmu dengan Aman
Kita tahu, bahwa ponsel sejatinya tidak boleh basah. Adapun berbagai macam ponsel dengan sertifikat anti air dll itu adalah sejenis fitur yang sejatinya bukan untuk dilakukan demikian. Semua jenis kelembaban apapun, tetap saja buruk untuk perangkat elektronik ponsel. Hal ini juga berlaku untuk benda apapun yang kamu gunakan untuk membersihkannya, misalkan saja jangan gunakan tisu basah, alkohol gosok atau semprotan. 
Cara membersihkan ponselmu teraman adalah menggunakan kain katun (coton) kering untuk membersihkan layar dan bagian belakang, seperti saat membersihkan kaca mata. 
6. Ketahui Kapan Harus Update Sofware (perangkat lunak)
Perusahaan ponselmu hanya akan memberikan dukungan pembaruan perangkat lunak selama 2 (dua) generasi. Jika ponselmu lebih tua, pembaruan masih bisa dilakukan. Namun, mungkin ada beberapa aplikasi tertentu yang tidak bisa berjalan dengan baik, dan itu dapat menjengkelkan. 
Selain perihal di atas, pembaruan yang tidak kompatibel dengan ponselmua, hanya akan memakan memori saja. 
7. Matikan Ponselmu Sesekali
Tips ini bukan bermakna dengan membiarkan baterai ponselmu turun ke nol persen (0%). Silakan tekan tombol power untuk mematikan dan diamkan dalam beberapa menit. Melakukan tips ini sepekan sekali sangat baik untuk keawetan ponselmu. 
8. Lihat Pemberitahuan Usia Baterai
Sejatinya, ponselmu dapat memberitahukan usia baterai. Dalam pengaturan ponsel, kamu dapat melihat waktu yang tersisa dalam hitungan jam dan menit. Ponselmu mungkin juga dapat memberitahumu kapan terakhir kalinya mengecas. Hal ini dapat membantumu melakukan pengecasan berlebih. 
9. Baterai Tetap di 100% sepanjang Waktu Tidak Baik
Jika ponselmu terhubung ke charger, dan terus demikian (terus mengecas) walau kondisi batu baterai sudah full 100% tidak sebaiknya kamu lakukan. Mencolokkan charger terus menurus dalam kondisi baterai 100% tidak lah baik. Hal ini malah bisa membuat rusak betari ponselmu (menguras daya). Sejatinya, kebanyakan ponsel akan dilengkapi baterai ion Litium yang artinya akan bisa beroperasi paling baik saat baterai ponsel pada posisi 30-40%. Apabila secara terus menerus baterei ponselmu selalu 100% akan membuatnya lelah. 
10. Jangan Mengecas Ponsel Semalaman
Untuk menghindari masalah yang baru saja saya katakan (poin ke-9), tinggalkan kebiasaan mengecas ponsel saat kamu tidur. Saya tahu hal ini mungkin dianggap paling efisien dan mudah dilakukan. Namun membiarkan daya baterai ponselmu selalu 100% akan mempercepat kerusakan ponselmu. 
11. Hindari Mengecas Ponsel di Tempat Tidur
Kenapa saya katakan demikian? Hal ini ternyata bisa memicu kebakaran. Proses pengecasn ponsel akan mengakibatkan panas. Jika terdapat robekan pada kabel charger, atau tidak tepat presisi melakukan pengecasan, maka bisa saja akan timbul percikan api pada soket charger dengan lubang pengecasan. 
Baca juga: 
12. Cara Terbaik saat Mengecas Ponsel
Jangan biarkan ponselmu kehabisan baterai sampai sebelum kamu mengecasnya. Setidaknya, tunggu saja sampai 30% baru kamu mengecasnya. Ponsel dapat mengingat kapan terakir kalinya kamu mengecasnya. Jadi, jika kamu selalu mencolokkan ponsel setiap kali posisinya sedikit di bawah 100%, pada akhirnya ponsel akan sulit dicas. Ingat, kinerja ponsel terbaik adalah pada daya  baterai 30-50%.
Jika kamu sering bepergian, silakan gunakan pengecasan nirkabel atau panel pengecas. ini adalah cara terbaik dalam mengecas ponsel pintar (smart phone). 
12. Tinggalkan Ponselmu saat Sedang Dicas
Ini mungkin saran tersulit untuk dilakukan. Jangan gunakan ponsel saat sedang dicas. Anggaplah pengecasan sebagai ponselmua sedang tidur siang yang sangat dibutuhkan. Jika ponsel selalu digunakan saat dicolokkan, daya tidak akan terisi dengan cepat, dan bateraimu akan cepat habis setelah kamu mengecasnya.

13. Ponsel Tidak Suka Dipanaskan atau Didinginkan

onsel Tidak Suka Dipanaskan

Jika kondisi dingin atau sangat panas, itu tidak baik untuk ponselmu. Kedua suhu tersebut bisa merusak bagian dalam ponselmu. Maksudnya ya perangkat kerasnya. Menjaga ponselmu pada suhu sedang yang konsisten adalah cara terbaik merawat ponselmu.

14. Belilah Pelindung Layar (screenguard)

Hal ini bisa saja menambah budget. Namun, setidaknya di tahun 2020 ini sudah banyak kok yang sejak awal pembelian sudah dilengkapi dengan bonus pelindung layar. Bagi yang tidak mendapatkan bonus screenguard, silakan dibelikan saja dulu. Tidak begitu mahal, namun bisa mengamankan layar ponselmu, walaupun ponselmu sudah dilengkapi dengan proteksi Gorila Glass 5/6. Selain itu, mengganti layar yang retak bisa sangat mahal lo sob.

Melindungi apapun dengan cara apapun ponselmu dari benturan laik kamu perjuangkan, ehehe. Hal itu penting. Selain proteksi layar, kamu juga bisa menambahkan pengaman soft case sebagai antisipasi terjadinya benturan keras ponselmu.

Loading...

15. Aktifkan Mode Malam (latar hitam)

Mengaktifkan latar hitam bisa menghidupkan ponselmu lebih lama. Sepertinya tips ini terdengar aneh, namun ternyata masuk akal. Jika dalam mode layar hitam, maka ponselmu tidak perlu menghidupkan pixel berwarna cerah. Dalam hal ini, mode layar yang bergerak variatif juga dapat menguras baterai. Membuat latar bergerak seharian atau meneranginya (brigtnes) perlu kinerja ekstra dari ponsel.

Cobalah mode layar hitam selama sehari, dan katakan hasilnya di kolom komentar. Apakah benar-benar ada bedanya?

17. Gunakan Sistem Penguncian di Ponsel

Entah kamu lebih suka dengan mode pengenalan wajah, pemindaian mata, atau sidik jari, PIN, atau pola, silakan saja kamu pilih. Mengunci ponsel tidak hanya menjaga keamanan, tetapi juga dapat mencegah penggunaan tanpa disengaja, saat ponselmu terguling-guling di dalam tas.

Maksud tidak membuka aplikasi yang disengaja adalah tidak sengaja membuka aplikasi atau surel, atau panggilan telepon tanpa sengaja. Kan berabe, hehe. Saya yakin kamu pernah melakukanya…

18. Atur Waktu Singkat untuk Mematikan Layar

Membuka ponsel lebih sering mungkin agak mengganggu. Namun menetapkan batas waktu 15 hingga 30 detik bisa sangat bermanfaat. Hal itu bisa membuat kinerja ponselmu lebih efisien karena waktu istirahatnya lebih sering dan juga akan menghemat baterai.

Demikian sekilas informasi mengenai Alasan Jangan Cas Ponselmu Sampai 100%. Semoga bermanfaat, salam.

Advertisements
Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *