Review Redmi 9 Lengkap. Bedanya dengan Redmi Note 9? Jangan Salah Pilih

Advertisements
Loading...
Review Redmi 9 Lengkap. Bedanya dengan Redmi Note 9? Jangan Salah Pilih

Oke Sob. Kali ini akan kita review hp baru dari Redmi, yang telah launching beberapa waktu lalu. Yap, tidak lain dan tidak bukan adalah Redmi 9.Yang akan kami review kali ini adalah versi Global, bukan versi resminya. Namun, tapi pastinya tidak jauh beda alias sama lah. Kan ndak lucu, misal keluar versi Global kok berbeda dengan versi resminya, hehe.

Untuk kisaran harganya sendiri, saya kira juga tidak jauh berbeda dengan Vivo Y12 lah, kan sama-sama HP Entry level, kurang lebih ya berkisar 1,8 juta rupiah lah untuk varian RAM 3/32; sedangkan dengan varian RAM 4/64 ya pada kisaran 2,2 – 2,4 jutaan, masih cukup lega di kantong dengan harga segitu, namun dengan performa yang bisa dibilang kelas mid lah. Kalau dibandingkan dengan kompetitor dengan produk lain dengan keluaran hampir sama, ya mungkin laik disandingkan dengan produk Samsung A20s dengan kisaran harga 2,3 jutaan dengan variasi RAM 3/32 Giga, atau dengan Vivo Y30 dengan harga sepadan Samsung tadi namun dengan RAM yang lebih lega. Sangat menariklah untuk kita bahas.

Review Redmi 9, Saingan Ketat Vivo Y30 dan Samsung A20s
Harga Kompetitor Redmi 9

Berdasarkan informasi dari GSM Arena, ya bisa dibilang Redmi 9 ini bukan seperti HP entry level lah, namun bisa dibilang di kelas Mid lah. Jika dilihat dari kenampakan dodbooknya sih, akan ada 3 varian redmi 9.

Review Redmi 9, Saingan Ketat Vivo Y30 dan Samsung A20s
Tiga Varian Warna Redmi 9
Review Redmi 9, Saingan Ketat Vivo Y30 dan Samsung A20s
Kenampakan Spesifikasi Redmi 9 pada Dosbook

Review Redmi 9 Lengkap Kelebihan dan dan Kekurangannya

Jika dilihat dari pesifikasi gadget Redmi 9 ini, bagi saya yang terlihat menarik adalah dari Chipset yang digunakan. Ada sedikit perbedaan dengan beberapa produk Redmi lainnya. Bahwa Redmi 9 ini menggunakan Chipsert Helio G80. Jadi, ketika dilihat di situs Helionya langsung, kemampuan kinerja dari Chipset Helio G80 ini ternyata berbeda sedikit dengan Helio G85. Perbedaanya adalah pada frekuensi (clock GPU) yang bisa dihasilkan, berbeda 5 MHz saja, lebih tepatnya kisaran 950 MHz. Dimana, chipset yang tertanam pada Redmi Note 9 adalah Helio G85. Maka, secara teori, maka harusnya kinerja dari Chipset pada Redmi 9 ini tidak akan jauh berbeda dengan Redmi Note 9 lah, walau dengan harga yang lebih murah. Walaupun demikian, sobat bisa langsung membandingkan kinerjanya langsung deh, hehe.

Review Redmi 9, Saingan Ketat Vivo Y30 dan Samsung A20s
Fitur Redmi 9

Jika dilihat dari Fturnya tersebut, ya keren lah dengan harga segitu. Sektor kamera sudah dibekali dengan 4 kamera belakang, dengan 13 MP Al quad camera. Selain daripada itu, di Redmi 9 ini sudah dibekali batteray 5020 mAh. Gede banget Sob. Jika dibandingkan dengan Samsung A20s sebegai penerus Samsung A20, jelas memang lah, karena terpaut 1020 mAh. Selain daripada itu, disektor charger juga sudah mendukung USB type C dengan daya 18 Watt. Jelas lebih cepat proses pengisiannya. Yang mana, di Samsung A20s hanya 15 Watt dengan kapasitas 4000an mAh.

Dilihat dari sektor layar, di Redmi 9 juga sudah Full HD+ dengan bentang layar 6.53 inci. Ya, Redmi menang lagi dari Samsung A20s yang masih menggunakan layar LPS, belum sampai HD. Kenampakan layarnya juga masih sama dengan produk sebelumnya yang pernah naik daun, yakni Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, yakni dengan Dot Drop Display, yang semuanya tidak terbenam pada model terbaru Redmi Note 9  dan Redmi Note 9 pro.

Walau demikian, untuk ukuran layar di Redmi 9 ini sama dengan Redmi Note 9.

Dilihat dari sektor dapur pacu, seperti yang sudah daya katakan sebelumnya, Redmi 9 ini ditenagai oleh Chipset Helio G80, Octa Core processor dengan Clock Speed sampai 2.00 GHz, dengan penyebutan sudah High Performance.

Kenampakan Redmi 9 dari Belakang dengan 4 kamera dan Sensor Sidik Jari
Kenampakan Redmi 9 dari Belakang dengan 4 kamera dan Sensor Sidik Jari

Dilihat dari sektor kamera, jelas terlihat ada 4 kamera utama di bagian belakang disertai finger print sensor. Terlihat unik sih, yang awalnya saya mengira 4 kamera utamnya akan berjajar ke bawah semuanya, namun ternyata hanya 3 yang berjajar ke bawah, dan di bawah kamera utamanya ada finger printnya. Untuk kamera satunya ternyata berjajar dengan lampu flashnya. Coba bandingkan dengan Redmi Note 8, pasti berbeda design.

Kamera utama pada bagian belakang adalah 13 mp, trus ada kamera ultra wide 8 mp, kamera makronya 5 mp dan kamera dept sensornya 2 mp. Cukuplah untuk mengambil gambar dengan maksimal.

Loading...

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat saja hasil jepretan dari Redmi 9 di bawah ini:

Hasil Foto Redmi 9 Lensa Utama
Hasil Foto Redmi 9 Lensa Utama

Hasil Foto Redmi 9 Ultra Wide
Hasil Foto Redmi 9 Ultra Wide

Hasil Foto Redmi 9 Lensa Makro
Hasil Foto Redmi 9 Lensa Makro

Secara keseluruhan desain pada body bagian belakang, Redmi 9 ini mempunyai tekstus yang lembut, namun lebih khas dengan bahan plastik. Jadi tidak terasa licin saat dipegang. Hal ini akan berbeda dengan Redmi Note 8 yang bagian belakangnya sudah menggunakan pelindung Gorila Glass 5.

Kenampakan Redmi 9 pada Bagian Simcard
Kenampakan Redmi 9 pada Bagian Simcard
Kenampakan Redmi 9 pada port USB Type C
Kenampakan Redmi 9 pada port USB Type C Fast Charging

Dilihat dari tempat simcar, ternyata pada Redmi 9 ini juga sudah mendukung 3 tempat simcard, dan pada bagian bawah juga sudah mendukung pengisian cepat alias fast charging 18 Watt. Pada bagian kanan ada tombol power dan volume. Sedangkan pada bagian atas, seperti produk Redmi lainnya juga ada bagian Infrared.

Nah, sekarang kita coba nyalakan hapenya.

Kenampakan Awal saat Redmi 9 Dinyalakan
Kenampakan Awal saat Redmi 9 Dinyalakan
Kenampakan Fitur saat Redmi 9 Dinyalakan
Kenampakan Fitur saat Redmi 9 Dinyalakan

Kita ketahui, pada Redmi 9 menggunakan MIUI 11. Keren lah, terlihat smoot saat digunakan. Disektor layar dengan bentang 6.53 FHD+, sayangnya belum seperti Redmi Note 8 yang sudah menggunakan pelindung Gorila Glass 5. Di Redmi 9 ini masih menggunakan Gorila Glass 3. Ya, masih di bawahnya lah.

Skor Antutu Redmi 9 versus Redmi Note 9

Skor Antutu Redmi 9 versus Redmi Note 9
Skor Antutu Redmi 9 versus Redmi Note 9
Rasanya, tidak terasa lengkap manakala dalam review Redmi 9 ini jika tidak menampilkan kinerha procesor yang mereka gunakan. Kami melakukan pengujian dengan menggunakan tolok ukur kinerja dari skor antutu. Nah, itulah kenampakan dari Redmi 9 dengan Redmi Note 9.
Terlihat jelas, bahwa skor Antutu Benchmark dari Redmi 9 di angka 199.953. Sedangkan Skor Antutu Benchmark dari Redmi Note 9 di angka 197.008, hanya terpaut sedikit lah. Redmi Note 9 lebih unggul di GPU di angka 44.027. Ya, bagian ini terasalah beda 50 Ghz seperti yang saya jelaskan di atas tadi.

Apakah dengan perbedaan tersebut akan berpengaruh terhadap hasil pengujian ketika untuk bermain game Mobile Legend?

Kenampakan Pengaturan Redmi 9 untuk Main Mobile Legend
Kenampakan Pengaturan Redmi 9 saat Main Mobile Legend

Untuk mode pengaturan yang bisa dilakukan saat main game Mobile Legend, ya, seperti kenampakan di atas Sob. Feelnya ternyata luar biasa Sob. Smooth banget ternyata.

Kesimpulan

Jika melihat hasil pengujian antara Redmi 9 dengan Redmi Note 9, jelas sekali kita akan simpulkan. Ya, bagaimanapun, harga memang mampu berbicara. Redmi Note 9 jelas lebih unggul lah dari Redmi 9, walau tadi saat melihat skor Antutunya kalah. Namun, dari sektor yang lain jelas berbeda desain dari kedua gadget ini. Namun begitu, desain bisa saja menjadi faktor penilaian yang relatif setiap pengguna berbeda selera. Semuanya kemabali pada selera Sobat, dengan rentang harga 1-2 jutaan, kira-kira apakah laik untuk dimiliki atau tidak, silakan tuliskan di kolom komentar.

Advertisements
Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *