Mulailah Makan 1 Tomat Setiap Hari dan Lihat Hasilnya

Advertisements
Loading...
Mulailah Makan 1 Tomat Setiap Hari dan Lihat Hasilnya

Makanan pendudukan daerah Andes, Amerika Selatan apakah yang dulu dipercaya beracun dan sampai sekarang dianggap sayuran, padahal faktanya makanan ini adalah buah-buahan? Baik, tentu Anda sudah membaca judul artikel ini sebelum mengekliknya. Yups, benar sekali. Saat ini kita akan belajar dengan buah tomat. Jika anggapan Anda kita akan membahas buah atau sayuran Sawi, maka Anda perlu lebih dalam lagi membaca tulisan ini.

Apa yang akan terjadi pada tubuh Anda apabila setiap hari makan tomat 1 buah?

Mulailah Makan 1 Tomat Setiap Hari dan Lihat Hasilnya

1. Memakan Tomat akan Mendapatkan banyak anti oksidan

Anda sering kali mendengar kata “anti oksidan” dalam setiap ngerumpi yang dlakukan. Berbicara makanan ini, makanan itu, perawatan wajah ini dan itu, kerap kali di dalam rumpian itu ada tawaran berbahan dasar anti oksidan, dan lain-lain.

Nah, sebenarnya apa sih pentingnya anti oksidan bagi tubuh kita?

Perlu diketahui, bahwa sejatinya zat anti oksidan yang terkandung di dalam buah tomat sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah pengerasan pembuluh darah, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Dimana tomat segar itu menyimpan unsur penting, yakni di dalamnya ada likopena. Likopena inilah yang akan memberikan ciri khusus warna merah pada buah tomat.

2. Konsumsi Tomat Menjadikan Penglihatan yang lebih baik

Konsumsi Tomat Menjadikan Penglihatan yang lebih baik
Konsumsi Tomat Menjadikan Penglihatan yang lebih baik

Apabila ada pertanyaan, sejatinya buah apa yang sangat berpengaruh terhadap penglihatan mata kita? Apabila Anda menjawab bua pisang, coba baca dengan teliti penjelasan ini.

Misalkan tubuh Anda kekurangan vitamin A. Sejatinya, mata tidak menyukai hal itu, karena sulit menemukan cahaya dan meneruskan informasi apapun ke otak. Beruntunganya, pada buah tomat terdapat kandungan vitamin A ini.

Pemain lain yang sejatinya membawa pernan penting dalam kejelasan penglihatan ini adalah pigmen tumbuhan, karotenoid, yang juga ditemukan di dalam buah tomat, dan bahkan sejatinya Anda mempunyai kesamaan dengan buah ini. Retina dan lensa juga mengandung beberapa jenis karotenoid. Keduanya berfungsi menyaring cahaya dan membuang sinar yang membahayakan jaringan mata.

Baca juga: Virus Corona Mampu Bertahan pada Benda Berapa Jam?

3. Buah tomat bisa menyebabkan tubuh lebih berkilau (Glowwing)

Siapapun yang pernah membeli produk perawatan wajah, misalkan saja sabun Nanny Fresh atau merek lainnya, akan mendapati bahannya mengandung “kolagen”. Sejatinya, kolagen akan membantu kulit agar tetap kencang, lembut dan elastis. Tetapi, bahan yang katanya membuat awet muda ini tidak akan bisa berfungsi sendirian. Untuk melakukan kerjanya, kolagen membutuhkan Vitamin C. Vitamin C ini akan melindungki kulit dari sengatan cahaya sinar matahari, polusi bahkan radikal bebas yang bisa merusak sel kulit baik pada wajah dan tubuh Anda.

Berdasarkan eksperimen, bahwa dengan mengkonsumsi buah atau pasta tomat setiap hari bisa mengurangi luka terbakar akibat sengatan sinar UV/matahari, menghilangkan jerawat dan luka lain. Jika anda lebih banyak mencari vitamin C dengan tujuan untuk meningkatkan kadar kolagen, akan butuh 30% dari nilai harian vitamin C, itu bisa tercukupi dengan mengkonsumsi 1 buah tomat saja setiap hari.

4. Buah tomat bisa menebalkan rambut (subur)

Bersama nutrient yang akan membantu memperbaiki kualitas kulit wajah, anda juga akan mendapatkan vitamin K setiap hari. Ternyata nutrient tersebut juga bisa membantu menyuburkan rambut sehingga bisa tumbuh lebih cepat dan lebih kuat. Semua itu juga sangat dipengaruhi oleh vitamin K yang kita serap dalam tubuh.

Buah tomat bisa menebalkan rambut (subur)
Buah tomat bisa menebalkan rambut (subur)

Vitamin K juga akan memperbaiki tekstur dan keseluruhan penampilan rambut. Dalam istilah awam, istilah tersebut sering kali dinamakan rambut subur, tebal dan lebat.

Loading...

5. Mengkomsumsi tomat bisa jarang sakit

Anda mungkin tahu, dan bisa saja ini menjadi kebiasaan, bahwa mengkonsumsi vitamin C dilakukan saat sedang sakit. Namun yang benar sejatinya adalah, apabila Anda rutin mengkonsumsi vitamin C setiap hari (dalam kadar cukup sesuai kebutuhan tubuh), maka hal itu akan menyebabkan Anda jarang terkena pilek/flue, bahkan sakit.

Vitamin C sejatinya juga bisa memproteksi diri dengan cara meningkatkan sistem imun yang akan menjadi tameng dari infeksi bakteti dan virus begitu memasuki tubuh. Dengan begitu, Anda tidak akan sering ijin absen kerja manakala tubuh sehat bugar, hehe. Setidaknya, dengan mengkonsumsi buah tomat setiap hari, Anda akan merasa lebih sehat dan bugar.

6. Buah tomat mempebarui tenaga Anda

Faktanya, tomat mengandung asam folat, yaitu vitamin B yang membantu melawan rasa lelah. Itu artinya, dengan asam folat ini akan meningkatkan asupan energi Anda. Dengan jumlah energi berlimpah, Anda akan mendapati usaha yang lebih hebat. Dan jujur saja, hal ini sangat dibutuhkan oleh semua orang di dunia ini, terlebih di zaman modern ini.

Namun, bukan itu saja. Banyak peneliti yang meyakini, bahwa seseorang yang makan tomat secara teratur sehingga mendapatkan kandungan asam folat yang lebih tinggi di dalam darahnya, maka orang tersebut akan jarang mengalami depresi jika dibangingkan mereka yang mengalami kekurangan asam folat.

Baca juga: Pesawat Tersambar Petir. Apa yang Akan Terjadi?

7. Buah tomat sangat cocok untuk menurunkan berat badan

Meskipun tidak berencana menurunkan berat badan, jika diet Anda termasuk memakan tomat dengan kadar yang cukup, setidaknya Anda akan menjaga berat badan.

Anda sudah tahu semua vitamin dan nutrient yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi tomat. Fakta lain yang mungkin Anda belum tahu adalah, ternyata tomat sangat rendah kalori. Jadi, anda akan mendpatkan energi dan kebaikan untuk memberikan tenaga pada tubuh tanpa mengkonsumsi kalori tambahan yang akan menjadi lemak.Selain daripada itu, tomat ternyata juga sangat membantu bagi pasien diabetes tipe 2 menjaga berat badan.

8. Buah tomat bisa menguatkan tulang

Tomat cukup menghasilakn antioksidan dan kalsium serta vitamin yang bisa membuat tulang menjadi lebih sehat dan kuat. Selain itu, kadar likopena yang tinggi bisa mencegah osteoporosis (penyakit berbahaya yang bisa membuat tulang keropos dan rapur). 

9. Buah tomat bisa menyehatkan jantung

Sudah terbukti, bahwa seseorang yang menjalai diet ala Mediterania akan memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih rendah. Salah satu rahasi utama dari diet ala Mediterania ini adalah asupan bahan pokoknya adalah dari buah tomat dengan minyak Zaitun. Buah tomat dan minyak zaitun daikui dan tidak akan membawa kebaikan jantung. Misalkan saja, nutrient yang terkandung di dalam jus tomat akan membantu mencegah gumpalan darah.

Sebuah penelitian di Harvard University mengatakan bahwa diet dengan banyak memakan tomat, akan memperkecil prosentase orang tersebut terkena serangan jantung.

10. Buah tomat bisa mencerdaskan otak

Tomat mengandung nutrient yang bisa membantu kinerja otak. Jadi, jika Anda sering tidak fokus dan memiliki masalah konsentrasi, maka memakan buah tomat bisa membantu mengatasi masalah itu. Bahkan, buah tomat bisa membantu mengatasi permasalahan penyakit demensia yang terjadi seiring bertambahnya usia Anda.

Nah, begitu banyak kan manfaat buat tomat bagi Anda? Apakah dengan begitu Anda akan langsung menyerbu supermarket atau pasar untuk membeli tomat laiknya langkanya masker karena pandemi corona saat ini?

Resiko Mengkonsumsi Buah Tomat Terlalu Berlebihan

Walaupun demikian, perlu Anda sadari, bahwa walau dengan begitu banyaknya keunikan dan nutrisi di dalam buah tomat, trus Anda jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya. Padahal, ternyata mengkonsumsi terlalu over buah tomat bisa menyebabkan resiko kesehatan serius.

Perlu Anda sadari, sejatinya tomat juga banyak mengandung zat asam. Jika Anda terlalu mengkonsumsinya, maka tubuh Anda akan terlalu banyak kandungan asam, dan itu bisa menyebabkan penyakit lambung. Selain daripada itu, terlalu memakan buat tomat bisa menyebabkan penumpukan batu ginjal. Seperti diketahui, terlalu banyak mengkonsumi calsium harus dihindari.

Advertisements
Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *