Ceriwit

Media Informasi Fenomena Sains Sehari-hari yang Jarang Kita Ketahui, SEO Blog, dan Template Blogger

15 Cara membakar Lemak Lebih Banyak dengan Rebahan

Advertisements
Loading...
15 Cara membakar Lemak Lebih Banyak dengan Rebahan

Cara Bakar Lemak Paling Manjur dengan Rebahan – Apa yang semua kita inginkan namun ogah mengusahakannya. Ingin memiliki uang segunug? Atau ingin berat badan turun dengan cepat? Nah, opsi ini mungkin menjadi pilihan Anda yang merasa obesitas.

Namun pertanyannya, kira-kira kegiatan apa yang kamu sukai namun bisa turut membantu menurunkan beran badan agar menjadi lebih ideal dan healty? Coba saya bantu saja. Apakah jawaban Anda tidur? Siapa sih yang tidak suka tidur santai dengan menikmati lebutnya kasur? hehe.

Coba kita simulasikan saja, Anda melakukan aktifitas tidur sebagai solusi kelebihan barat badan Anda agar bisa lekas langsing seperti pemain film drama korea, hehe.

Baca juga: Mulailah Makan Satu Tomat Setiap Hari dan Lihat Hasilnya!

Cara Menurunkan berat badan saat tidur

#1. Perbanyak Makanan Mengandung Iodium

Jika itu jawaban Anda, maka cara terbaik jika tidur bisa menurunkan berat badan adalah harus ada peningkatan metabolisme tubuhmu. Kamu kenal orang yang setiap hari suka makan apa saja, apapun itu, dan tidak pernah berolah raga, namun faktanya berat badannya tidak naik 1 kilopun. Perlu kamu tahu, bahwa kemampuan “spesial” ini ternyata berasalah dari sebuah kelenjar yang berbentuk kupu-kupu di leher dan kita sebut sebagai kelenjar Tiroid.

Pada dasarnya, kelenjar tiroid adalah pusat metabolisme. Tiroid akan mengirimkan hormon yang berfungsi untuk mengontrol seberapa banyak kadar pembakaran kalori di dalam tubuh. Oleh karena itu, silakan saja berikan saja asupan pembakar makanan alami ini, seperti makanan yang kaya akan Iodium, Seng dan Selenium. Sebuah kandungan zat makanan yang saya sebutkan tadi termasuk di dalam kandungan garam beryodium (iodium), rumput laut, daging, kerang dan kacang Brazil.

#2. Banyak Minum Air

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mensukseskan menurunkan berat badan dengan tidur adalah dengan meminum banyak air minum. Dengan banyak air, hal itu akan meningkatkan metabolisme tubuhmu hingga 10% sampai 30%, terutama dengan asupan air dingin.

Berdasarkan sebuah penelitian, air dingin memaksa tubuhmu membakar banyak kalori karena harus memanaskan diri agar air di dalam tubuhmu lebih hangat. Dengan meminum 6-8 gelas sehari, akan cukup meningkatkan metabolisme tubuhmu saat rebahan sebanyak 50 kali sehari.

Berdasarkan penelitian tersebut, bisa saya katakan bahwa lemak di dalam tubuhmu akan tetap terbakar walaupun saat sedang beristirahat.

#3. Mandi dengan Air Dingin

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan mandi menggunakan air dingin. Konsep ini mungkin hampir sama dengan cara kedua tadi. Konsep ini juga bisa dilakukan untuk air mandimu. Apabila suhu air mandimu di bawah 21 derajat Celcius, maka tubuhmu akan menghangatkan diri dengan cara menghasilkan banyak panas. Proses ini akan mempercepat proses metabolisme tubuhmu sehingga banyak kalori yang terbakar menjadi meningkat.

Sebuah study yang telah dilakukan oleh sebuah Institiut Kesehatan Nasional di Amerika Serikat, mengatakan bahwa apabila seseorang mandi menggunakan air dengan suhu di bawah 21 derajat Celcius, maka akan meningkatkan metabolisme tubuh sampai 93%. Angka itu akan melonjak naik menjadi 350% apabila suhu airnya hanya 14 derajat Celcius. Nah, mungkin itu juga yang telah dilakukan pelatih Tim Nas kala itu, dengan tujuan agar para pemain bola Tim Nas kita memiliki porsi ukuran tubuh ideal.

Mulaialah mandi menggunakan air dingin selama 5 menit. Bilamana perlu dan jikalau masih kuat, silakan tambah waktunya 1 menit selama satu minggu, hehe.

#4. Tidur Nyenyak

Berbagai macam tips yang sudah saya jelaskan di atas tadi akan membantumu menurunkan kalori saat tidur. Semua inti dari cara efektif sederhana menurunkan berat badan tadi adalah dengan memaksimalkan terjadinya metabolisme tubuh saat rebahan.

Perlu kamu tahu, sebenarnya, dengan melakukan tidur efektif selama 8 jam per hari, sejatinya sudah bisa membakar 300 kalori. Pasalnya, apabila kita kurang tidur, sejatinya tubuh kita akan membutuhkan lebih banyak energi. Nah, karena itulah, kondisi tubuh yang merasa butuh energi maka akan otak kita akan memerintahkan lidah dan tangan kita untuk mencari asupan energi dalam bentuk makanan. Makan lai dan lagi, jadinya bukan malah tambah kurus malah tambah gemuk deh, hehe. 

Gemar makan saat susah itu mungkin dikarenakan faktor tersebut. Pasalnya, hal itu disebabkan kadar hormon menjadi kacau, dan tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon lapar serta mengurangi hormon kenyang.

Berdasarkan sebuah penelitian yang tengah dilakukan kepada orang dewasa sehat, dengan cara meminta mereka untuk tidur hanya 6 jam sehari selama 5 minggu. Hasilnya, metabolisme tubuh mereka melambat 8%.

#5. Turunkan Suhu Kamar Anda

Saat kedinginan, tubuh secara otomatis akan melakukan pembakaran terhadap kalori dengan tujuan untuk menghangatkan tubuh. Jadi, semakin dingin suhu ruang yang kita tempati, akan berfek pada semakin banyak pula kalori yang akan terbakar di dalam tubuhmu. Pembahasan ini tidak begitu berbeda dengan hakikat pembahasan manfaat mandi menggunakan air dingin tadi. 

Cara termudah mendinginkan suhu kamar adalah dengan menurunkan skala AC (Air Conditioner) sampai 18 derajat Celcius saat tidur. Saat kamu sedang di alam mimpi, maka tubuhmu akan otomatis melakukan tugasnya. Namun, pastikan juga bahwa saat tidur dalam kondisi suhu kamarmu 18 derajat Celcius, kamu jangan mengenakan punutup/selimut berlapis agar cara diet alami ini sukses berjalan.

Cara diet alami yang salah dengan tiudur menggunakan selimut berlapis

#6. Konsumsi Secangkir Kopi Tanpa Gula di Pagi Hari 

Maksud perkataan saya ini bukan dengan cara mengkonsumsi late cream cokelat yang penuh kandungan lemaknya lo guys, hehe. Yang kamu butuhkan kala ini adalah secangkir kopi hitam tanpa gula. Ramuan kopi tanpa gula ini akan membantu meningkatkan metabolisme tubuhmu dan bisa membakar lemak sambil bersantai.

Sebuah penelitian yang telah dilakukan di Amerika Serikat, para ilmuwan kesehatan meneliti korelasi hubungan antara kandungan kafein dengan lemak. Dari penelitian tersebut didapatkan informasi bahwa, kandungan kafein mampu meningkatkan pembakaran lemak hingga 29% pada orang kurus; dan 10% pada orang gemuk.

Sistem kerjanya, kafein akan menyasar pada sistem syaraf, dan memerintahkan sel lemak untuk segera larut alias pergi jauh, hehe.

Loading...

Baca juga: Ini Alasan Jantungmu sebagai Mesin Terkuat di Dunia

#7. Gunakan Minyak Goreng yang Tepat

Sejatinya, bagi Anda yang merasa obesitas, tidak perlu memusuhi gorengan. Cukup gunakan alternatif minyak goreng yang lebih sehat seperti minyak kelapa atau minyak inti sawit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, bagi mereka yang menambahkan 2 sendok makan minyak kelapa setiap kali sarapan, maka tidak akan cepat merasa lapar saat jam makan siang, dan nafsu makannya akan menjadi lebih kecil di sore hari. Kedua jenis minyak ini juga mudah dipecah dan serap oleh tubuh, serta membantu metabolisme tubuhmu bekerja lebih cepat.

#7. Pedaskan Makananmu

Cabai mengandung Capsaisin

Tambahkan ssaja cabai rawit yang banyak untuk memedaskan makananmu, hehe. Jangan marah dulu sob, begini ceritanya. Makanan seperti itu mengandung zat yang namanya capsaisin. Kandungan Capsisin inilah yang menyebabkanmu mencari susu setelah memakan makanan super pedas level 12.

Sejatinya, rasa pedas akan membantu tubuhmu meningkatkan metabolismenya lebih cepat, sekitar 10 kalori ekstra setiap kali makan. Makanan pedas juga akan mengurangi nafsu makananmu. Sepotong pizza pedas saat makan malam, akan membuatmu lebih merasa kenyang dan tidak membuatmu akan makan sebelum tidur.

#8. Tambahkan Cuka Sari Apel di Makananmu

Sudah terbukti, bagi mereka yang menambahkan cuka sari apel ke makanan akan makan kalori lebih sedikit 200 kalori setiap hari. Cara kerjanya, cuka sari apel akan menekan bagian otak yang mengendalikan nafsu makan, sehingga kita tidak merasa lapar. Selain itu, cuka sari apel juga akan mengurangi lemak yang menumpuk di tubuh. Jadi, hanya dengan menambahkan satu sendok cuka sari apel ke salad, metabolisme bisa langsung dimulai seketika dan menjaganya agar tidak melambat.

#9. Makan Karbo

Otot membutuhkan karobihdrat untuk mempercepat metabolisme tubuh. Begini gambarannya. Katakanlah kamu sedang memakan karbohidrat kompleks yang bisa serupa semangkuk pasta gandum atau oatmilk. Tubuhmu akan memecahkan karbo itu menjadi gula untuk memberimu energi. Jika tidak digunakan, gula akan digunakan sebagai lemak. Jika kamu sering berolah raga, maka cadangan gula tersebut akan digunakan untuk energi tubuh.

Perlu kamu tahu, binaragawan akan mengkonsumsi 50% lebih banyak karbohidrat dengan tujuan agar kuat saat latihan, dan metabolisme tubuh mereka akan 14% lebih cepat dibanding orang biasa.

#10. Kunyah Semua Protein Itu

Tubuhmu sejatinya akan membakar lebih banyak kalori dengan tujuan untuk mengolah protein dibandingkan saat mengolah karbo dan lemak. Sebagai contoh, kamu makan 200 gram dada ayam yang mengandung 330 kalori. Tubuhmu akan membakar 99 kalori hanya untuk mencernanya. Namun, jika kamu makan cokelat, yang ada malah kalorinya akan bertambah.Protein sejatinya juga membantumu membentuk otot.

#11. Datang ke Pusat Kebugaran

Tips ini mungkin tips menurunkan berat badan dengan rebahan ke-11 ini sudah termasuk OOT alias out of topics, saya tau itu. Tetapi maksud saya begini. Jika saja protein tidak dapat dilatih, maka tubuhmu akan mengubah protein tersebut menjadi lemak. Jadi, walaupun mengkonsumsi protein itu sehat, tentu saja kamu perlu mengontrol protein tersebut agar tubuh mampu mengolahnya.

Latihan angkat beban bisa membesarkan otot, dan otot yang kencang akan membakar 50 kalori walaupun kamu sedang rebahan.

#12. Lakukan Latihan Intensitas Tinggi

Silakan latihan olah raga yang ritme kegiatannya cepat dan kuat. Misalkan saja latihan yang melibatkan gerakan tubuh secara aktif, misalkan gerakan seperti sedang mendaki gunung, melompat dari sisi ke sisi; atau skuat akan bisa membantumu membakar lebih banyak lemak meskipun latihan sudah berakhir.

Sebuah study mengamati terhadap seorang pemuda yang kelebihan berat badan. Pemuda tersebut melakukan latihan intensitas tinggi selama 12 minggu. Massa lemaknya ternyata bisa turun sebanyak 2 kg dan perutnya bisa mengecil 17% dari ukuran semula.

Pada dasarnya, tidak beraktifitas dan tidur memang sudah bagus untuk dilakukan. Tetapi jika kamu ingin memanfaatkan tidurmu menjadi kegiatan yang bisa menfaat membakar kalori, maka latihan teraturlah kuncinya. Selain daripada itu, kamu juga akan mendapatkan bonus otot yang kencang.

#13. Konsumsi Serat dalam Menu Makanmu

Serat makanan seperti gandum, berry, brokoli, biji-bijian dan kacang-kacangan akan meningkatkan metabolisme tubuh. Meskipun kamu harus memakan makanan yang tidak sehat, maka cobalah kamu gabungkan makanan tersebut dengan kacang, apel dan stroberry. Saat makanan tersebut memasuki sistem pencernaan, serat akan menyerap lemak berlebih. Selain daripada itu, makanan dengan kandungan serat tinggi akan lebih lama dikunyah, sehingga kamu akan kenyang lebih lama.

#14. Jangan Kurangi Kalori

Ada mitos yang mengatakan bahwa saat kamu mengurangi kalori, metabolismemu akan segera berjalan saat merasakan makanan di perut. Hal itu ternyata salah, dan justru sebaliknya. Saat kamu kekurangan asupan makanan, akan membuat kinerja tubuhmu melambat karena energimu akan dihemat tubuh. Dampaknya, tubuhmu akan mencari asupan energi lain, dan bisa saja menyerap energi yang tersimpan di dalam otot-ototmu yang sebelumnya sudah susah payah kamu bentuk saat latihan tadi, dan lemak yang tersimpan lebih banyak, karena tubuhmu akan menganggap lemak sebagai isolator untuk melindungi organ.

Maka, makanlah kalori yang cukup setiap hari, dan pastikan dalam setiap menu sajiannya terdapat kandungan serat yang tinggi, karbo komplkes, dan protein. Dan yang tak kalah pentingnya adalah jangan sampai kamu kelaparan.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Tulisan Dokter Jelek Banget

#15. Nikmati Tidur dan Makanmu dengan Penuh Percaya Diri

Menikmati setiap rebahan dan sajian makananmu sesuai dengan tips di atas, akan membantumu menurunkan berat badan sesuai keinginan. Dan tentunya, aktifitas tidur dan makan adalah bentuk kegiatan yang semua orang menyukainya.

Demikian sekilas informasi mengenai 15 Cara membakar Lemak Lebih Banyak dengan Rebahan. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa tambahkan komentarmu jika memiliki tips diet jitu versi Anda. Salam (https://www.ceriwit.my.id).*

Advertisements
Loading...

One thought on “15 Cara membakar Lemak Lebih Banyak dengan Rebahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: