Militer Amerika vs Iran. Kuat Mana?

Loading...
Militer Amerika vs Iran. Kuat Mana?

Sahabat Ceriwit. Beberapa saat lalu tepatnya kemarin, rudal Iran telah diluncurkan untuk melakukan balas dendam terhadap Amerika. Hubungan yang kian memanas antara Iran dan Amerika Serikat masih saja semakin menegangkan. Informasi terkini, bahwa pasukan Garda Revolusi Iran telah menambakkan “puluhan rudal” ke pangkalan militer pasukan Donal Trump tersebut di Irak. Dilansir kompas, balasan rudal itu dilaporkan terjadi pada Selasa (7/1/2020) pukul 17.30 waktu AS.

Kebijakan militer Iran dengan adanya penembakan rudal tersebut adalah mode kekecewaan yang berujung balas dendam atas meninggalnya Jenderal Qasem Soleimani, Jumat (3/1/2020) pekan lalu oleh drone AS. Dilansir Sky News, Rabu (8/1/2020), “puluhan rudal” itu ditembakkan Divisi Luar Angkasa Garda Revolusi Iran, dan dinamai “Martir Soleimani”.
Lalu kenapa Ceriwit mencoba membahas urusan internasional ini?
Bukan bermaksud apa-apa, namun hanya sekedap memberikan informasi penjelasan mengenai kekuatan militer dunia 2020, khususnya antara Iran dan Amerika.

Perbandingan Kekuatan Militer Iran vs Amerika Serikat (US) Terbaru 2020

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari AFP diketahui, bahwa luncuran rudal terjadi dalam tiga gelombang selepas tengah malam waktu setempat. 
Berikut ini adalah perbandingan kekuatan militer antara militer Iran dengan Amerika:
Perbandingan Kekuatan Militer Iran dengan Amerika Serikat
Source: Global Fire Power, Jan 2020
1. Total Personel dan Anggaran
Berdasarkan informasi dari Global Firepower (GFP), Amerika Serikat memiliki jumlah anggaran militer yang sangat banyak, yakni sebanyak 716 miliar dollar AS, sementara Iran disebutkan hanya 6,3 miliar dollar AS. 
Dari segi personel militer, Iran memiliki 873.000 personel. Sedangkan total tentara Amerika di angka 2.141.900 personel. 
2. Kemampuan Udara 
Kendati kalah soal anggaran dan personel, Iran mempunyai peluncur roket lebih banyak dibandingkan dengan AS, yakni 1.900 berbanding 1.056 rudal milik AS. 

Sementara untuk pesawat, Amerika Serikat tetap jauh lebih unggul, yakni dengan 13.398 pesawat, baik itu berstatus jet tempur, pembom, angkut, hingga latih. Iran sendiri diketahui hanya memiliki 509 pesawat, dengan 165 jet tempur. 

Advertisements
Loading...
Jika dibandingkan, helikopter Iran juga hanya dua persen dari helikopter AS. Yaitu 126 berbanding 5.760 buah. Kendaraan lapis baja Amerika juga hampir 20 kali lipat lebih banyak. Jumlahnya 39.223 berbanding 2.345 milik Iran.

Source: Global Fire Power, Jan 2020

3. Kekuatan Matra

Laut Meski hampir berimbang, kekuatan laut Amerika diketahui mempunyai lebih banyak armada. Amerika mempunyai 415 kapal perang, sementara Iran hanya 398 kapal perang. Jika serangan terjadi di bawah laut, Amerika punya 68 kapal selam, atau dua kali lipat lebih banyak dari Iran yang hanya 34. 
4. Kekuatan Darat
Sementara itu, diberitakan Kompas.com (20/5/2019), jika harus berhadapan di darat, untuk urusan tank, AS mempunyai 6.393 unit, di mana mereka mempunyai senjata andalan dalam diri tank tempur utama (MBT) generasi ketigas M1 Abrams. 
Kemudian mereka mempunyai 950 unit artileri self propelled melalui M109 Howitzer, serta kendaraan tempur lapis baja yang mencapai 41.760 menurut armedforces.eu. Di sisi lain, Iran mempunyai 2.531 tank yang rata-rata merupakan produksi Uni Soviet. Di antaranya T-72S. T-72Z safir atau T-54/55.
Demikian sekilas informasi mengenai perbandingan kekuatan militer Iran dengan Amerika terbaru. Bagaimana dengan kekeuatan militer Indonesia jika dibandingkan dengan Malaysia? Semoga menambah khasanan wawasan kita. 

Advertisements
Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *