India Berwisata Antariksa. Indonesia Kapan?

Advertisements
Loading...
India Berwisata Antariksa. Indonesia Kapan?

Pernahkah kamu membayangkan bisa pergi berwisata ke antariksa? Pernahkah kamu membayangkan bisa melihat indahnya planet Mars secara langsung, atau Bulan yang begitu indah saat dilihat di bumi?

Kita tahu, bahwa negara-negara maju di dunia telah melaksanakan mimpi-mimpi itu menjadi kenyataan, yakni mereka telah berhasil pergi ke antariksa melalui pesawat-pesawat canggih, salah satunya adalah India.

Tahukah kamu, bahwa India juga menjadi salah satu kekuatan militer terkuat di dunia? Kamu bisa melihatnya lebih detil di situs Fire Global power (FGP).

Beberapa waktu lalu, India tengah berusaha mewujudkan mimpi berbagai sektor di negaranya, yakni pergi ke antariksa. Walaupun pada akhirnya, cita-cita India untuk landing wahana antariksanya di Bulan pada September lalu gagal dan memang harus berakhir kecewa.

Walaupun begitu, sisi positifnya bagi India adalah dukungan dari berbagai sektoral di sana untuk bidang keantariksaan malah semakin tinggi. Berbagai sokongan berua materi begitu besar.

Jika kita perhatikan fakta demikian, Indonesia saat ini mungkin baru bisa menyaksikan kemajuan teknologi di India. Iri dalam kebaikan jelas iya. Pasalnya, beberapa tahun lalu, demografi Indonesia dengan India memang ada kemiripan.

Kita bisa melihatnya dari sisi ekonomi, kemajuan pengguna (user) teknologi dan kemampuan dalam mengembangkannya. Kami bisa cek saja konsumen terbesar produk-produk gadget saat ini!

Saya kutip pernyataan dari Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin dilansir Detikcom, India memiliki visi keantariksaan untuk teknologi antariksanya yang sangat luar biasa.  India berkeinginan membangun national pride atau kebanggaan nasional.

Perbedaan Alokasi Anggaran Penelitian Antariksa di India dengan Indonesia

Berdasarkan keterangan Prof. Djamal, jika dilihat dari segi anggaran, India memiliki total anggaran penelitian antariksa hampir tak terbatas. Mereka sangat “jor-joran” untuk bidang keantariksaan. Dengan semangat yang luar biasa dan disokong pendanaan yang luar biasa tinggi, mereka berupaya keras untuk mewujudkan mimpinya.

Kenapa anggaran penelitian antariksa India begitu besar?

Loading...

Perihal pendanaan keantariksaan tak terbatas tersebut memang karena diusulkan bukan hanya oleh lembaga keantariksaannya sendiri, tapi juga oleh lembaga-lembaga lain yang membutuhkan teknologi keantariksaan.

Motivasi yang lebih rigit perihal India ingin memajukan bidang antariksa adalah karena mereka menilai, fokus bidang keantariksaan sudah menjadi teknologi yang membantu berbagai sektor.

Lalu, sebenarnya apa sih pentingnya penelitian di bidang keantariksaan?

Dijelaskan pula oleh Kepala Lapan, Prof. Djamal diantaranya adalah untuk penelitian mitigasi bencana, pertanian, pemantauan alam, pemetaan. Semua itu akan lebih efektif jika dilakukan dengan bantuan satelit.

Jika ditilik secara anggaran, penelitian di bidang teknologi keantariksaan memang dinilai sangat mahal, namun jika dibandingkan dengan kemanfaatannya, tentu akan jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan.

Kisaran Alokasi Anggaran LAPAN per Tahun

Sesuai penuturan Djamal, sejak 2015, rata-rata anggaran LAPAN per tahun berkisar Rp 800 miliar. Jumlah alokasi anggaran tersebut dinilai Djamal masih kurang. Idelanya, untuk memberikan hasil dan layanan lebih, minimal diusulkan anggaran sekitar Rp 1,3 triliun per tahun. Dengan begitu, sampai saat ini Indonesia masih menjadi penonton negara-negara lain menuju antariksa.

Pencapaian Indonesia dalam Bidang Antariksa

Dari berbagai fakta di atas, kita sebenarnya juga tidak boleh berkecil hati. Pasalnya, jika ditilik se Asia Tenggara, Indonesia memiliki keunggulan dalam hal kemampuan membuat satelit dengan fasilitas sendiri dan meluncurkan satelit tersebut serta berfungsi dengan baik.

Dengan berbagai keterbatasannya, khususnya jika dilihat dari segi pendanaan, LAPAN terbilang produktif. Pasalnya, saat ini LAPAN memang fokus mengembangkan roket hingga satelit.

Berikut ini adalah infografis yang sudah dibuat LAPAN:

Demikian sekilas informasi mengenai capaian India dengan Indonesia di bidang Antariksa. Semoga bermanfaat, salam.

Advertisements
Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *