Berapa Umur Bumi Menurut Sains?

Advertisements
Loading...
Berapa Umur Bumi Menurut Sains?

Bumi tidak mempunyai sertifikat yang mendokumentasikan seberapakah, dan sampai kapan perkiraan planet ini terbentuk dan hancur. So, tahukah Kamu berapa perkiraan umur Bumi yang kita diami saat ini?

Dilansir dari Space.com, Rabu (15/1/2020), berbagai upaya dan tindakan tengah dikerjakan oleh para ilmuwan di dunia guna menelusuri informasi berapa usia planet bumi yang kita tinggali sejak Nabi Adam hingga manusia terakhir nanti, dengan menganalisis data batu-batu di lapisan kerak Bumi. Bahkan, telaah dan study yang dilakukan para ilmuan tersebut terhadap batuan bukan sekedar menyeluruh di permukaan Bumi, tetapi juga sampai di meteroit dan bulan yang jatuh di planet ini. 
Berbagai tindakan tengah dilakukan untuk bisa mengetahui berapa umur planet Bumi ini. Salah satu metode yang digunakan para ilmuan adalah dengan melihat perubahan permukaan laut, waktu yang dibutuhkan Bumi atau matahari untuk mendinginkan suhu hingga kadar garam di laut. Tetapi, dengan menggunakan berbagai macam teknologi yang maju saat ini, maka model para ilmuan tersebut terbukti kurang bisa diandalkan.

Perkiraan Umur Bumi

Masuk pada awal abad ke 20, para ilmuwan menyempurnakan proses penanggalan radiometrik. Metode ini dipilih untuk bisa memprediksi usia batuan. Telah kita ketahui, bahwa batuan tertua di Bumi yang ditemukan hingga saat ini adalah Acasta gneiss yang telah berusia 4,03 miliar tahun, di barat Kanada dekat Great Slave Lake. Penelitian pada batu-batuan kuno, ternyata kurang cukup berhasil. Karena, batu-batuan yang mereka teliti dengan umur lebih dari 3,5 miliar tahun juga dapat ditemukan di hampir semua benua. 

Untuk memvalidkan dan memastikan kebenaran penelitian akan usia Bumi, para ilmuwan mulai melihat faktor lain yakni dengan mempelajari benda-benda lain di tata surya, para ilmuwan dapat mengetahui lebih banyak tentang sejarah awal planet ini. Lantas, berapa umur planet yang kita tinggali ini? 

Melalui berbagai informasi, metode dan objek penelitian, para ilmuwan telah dapat menyimpulkan usia Bumi sekitar 4,54 miliar tahun, dengan rentang kesalahan 50 juta tahun. Sebagai perbandingan, galaksi Bimasakti yang berisi tata surya berusia sekitar 13,2 miliar tahun, sementara alam semesta telah berusia 13,8 miliar tahun.

Loading...

Berikut ini ada sebuah tampilan video yang menarik bagi Anda:

Demikian sekilas informasi mengenai Berapa Umur Bumi Menurut Sains?. Semoga bermanfaat, salam.

Advertisements
Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *