Connect with us

15 Tips Merawat Ponselmu agar Awet

Published

on

Coba fikirkan, dari 7,7 miliar orang di planet ini, 5,5 miliar di antaranya telah menggunakan ponsel. Namun ironinya, banyak dari mereka yang tidak faham cara membuat ponsel kita se awet sesuai rancanhgan aslinya.

Apakah membiarkan baterai ponsel sampai habis itu bagus? Haruskah kamu mematikan ponsel muara saat diisi dayanya? Baiklah ponsel dimatikan selama seminggu sekali?

Berbagai pertanyaan di atas adalah gambaran aktifitas kita kala menggunakan ponsel.

Baca juga: Bolehkah menggunakan ponsel dapat di POM bensin? 

15 Tips Merawat Ponselmu agar Awet

Berikut ini adalah beberapa anjuran dan larangan yang seharusnya kamu lakukan pada ponselmu.

1. Matikan Bloototh saat tidak digunakan

Mematikan Bloototh saat tidak digunakan akan mencegahmu mengunduh berbagai aplikasi atau berkas yang tidak perlu. Bisa saja data tersebut malah berbahaya. Selain itu, dan tidak akan ada penyusup yang mengambil data di ponselmu.

2. Jangan biarkan ponselmu terpapar cuaca

Menjaga ponselmu agar tidak terpapar berbagai kondisi cuaca yang ekstrem akan membuat ponselmu awet.

Cuaca panas, dingin, maupun kelembaban yang ekstrem akan membuat ponselmu cepat rusak. 

Selain itu, mengeluarkan ponselmu dari saku celana juga menjadi langkah antisipasi jika sampai kamu lupa saat akan mencuci.

Hawa dingin dan panas, sama buruknya. Kinerja ponselmu akan semakin menurun jika dalam kondisi dingin minus 40 derajat Celcius, atau panaspanas di atas 45 derajat Celsius. Kondisi tersebut bisa membuat ponselmu bekerja dengan baik. Bahkan, bisa menyebabkan rusak permanen.

3. Enkripsikan semua pesan pribadi dan data penting di ponselmu

Enkripsi ponsel menjadi cara jitu melindungi berbagai macam pesan dan data penting di ponselmu. Walaupun, tidak semua ponsel memiliki fitur ini. Saya yakin ponselmu adalah smartphone. Silakan manfaatkan fitur enkripsi ini dengan baik. Bahkan, jika ponselmu dicuri orang lain, data yang tersimpan di gadget mu akan aman.

4. Gunakan kabel pengecas charger asli

Jangan menggunakan kabel charger murahan/tidak asli saat mengisi data ponselmu. Meski tidak membahayakan ponselmu, proses pengecasan ponselmu tidak akan berjalan stabil dan cepat.

Selain itu, untuk membuat kabel pengecas murah, produsen akan menggunakan bahan berkualitas rendah dan akhirnya mudah putusputus jika dibandingkan dengan kabel yang sudah diakui pabrikan.

5. Bersihkan lubang pengecasan secara teratur

Selama pemakaian, banyak sekali kototan dan debu yang tertempel pada lubang pengecasan. Jika dipakai dengan hati-hati, tusuk gigi dari kayu bisa membantu membersihkan lubang pengecasan dari kotoran dan debu. Dsn, untuk membersihkan colokan kabel adapter, kamu bisa menggunakan colokan kuping yang lembab.

6. Jangan abaikan ancaman malware

Banyak orang beranggapan bahwa malware hanya berbahaya pada Flashdisk dan komputer. Sejatinya, malware pada ponsel pintar bisa mengambil data data penting tanpa kamu ketahui. Parahnya lagi, mereka bisa melacak lokasi mu.

Sebaiknya, hindari saja pemasangan aplikasi yang mencurigakan, atau aplikasi yang tidak terpercaya.Kemungkinan besar, mereka cuma akan memenuhi ponselmu dengan virus.

7. Hindari menjatuhkan ponselmu meski sudah terlindung casing (softcase) 

Kebiasaan melemparkan ponsel ke kasur, atau semacamnya tidak untuk ditiru yang lain. Mungkin kamu tidak akan melihat sisi ponselmu yang penyok; atau beberapa retakan kecil di layar, namun kamu tak pernah tahu seberapa besar pengaruhnya guncangan tersebut pada kinerja mesin di dalamnya.

Kalau kamu lumayan sering menjatuhkan ponselmu, masalah ponselmu yang kerap kali terjadi sekarang bisa jadi karena kebiasaanmu menjatuhkan ponsel pada benda apapun.

8. Jangan gunakan semprotan langsung ke layar ponsel saat kamu membersihkannya

Saat ini belum semua ponsel bisa tahan air. Ada sedikit saja percikan air yang masuk, kinerja ponselmu bisa tamat. Dan kalau ditotal, beberapa bagian yang terbuka seperti mikrofon bisa saja berhenti.

Bersambung…

Demikian sekilas informasi mengenai
15 Tips Merawat Ponselmu agar Awet. Semoga bermanfaat. 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © Ceriwit - All Rights Reserved

%d blogger menyukai ini: